• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa untuk Kesehatan

5 Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Satu gelas air kelapa bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan haus, tubuh perlu segera mendapat asupan cairan pengganti. Dan manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dari air kelapa. Tidak hanya itu, mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, lho. 

Air kelapa didapat dari satu buah kelapa dan dikenal memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menyegarkan, jenis minuman yang satu ini juga mengandung mineral yang penting bagi tubuh. Air kelapa juga memiliki banyak manfaat lain, mulai dari menangkal radikal bebas hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa didapat dari berbuka puasa dengan air kelapa? 

Buka Puasa Sehat dengan Air Kelapa

Air kepala cocok dijadikan untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Ada berbagai manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi satu gelas air kelapa saat berbuka puasa, di antaranya: 

  • Tubuh Lebih Segar

Setelah berpuasa, tubuh tentu menginginkan asupan yang bisa menyegarkan. Nah, konsumsi air kelapa nyatanya bisa memberikan kesegaran secara alami. Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 mililiter air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.

  • Anti Dehidrasi 

Dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh adalah kondisi yang harus dihindari. Kondisi ini rentan menyerang setelah seseorang tidak mengonsumsi cairan dalam jangka panjang, misalnya saat berpuasa. Nah, kamu bisa dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang dengan konsumsi air kelapa saat berbuka puasa. 

  • Kaya Nutrisi dan Mineral 

Air kelapa juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral tubuh. Tiap 30 mililiter air kelapa juga mengandung 60 miligram kalium dan 5,5 miligram natrium. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

  • Menangkal Radikal Bebas

Rutin mengonsumsi air kelapa juga bisa membantu menangkal radikal bebas. Air kelapa bersifat antioksidan yang mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.

  • Mencegah Penyakit 

Air kelapa juga disebut bisa membantu mencegah penyakit berbahaya. Konsumsi minuman ini mungkin bisa menurunkan risiko penyakit jantung, karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini. Air kelapa juga disebut bisa mencegah pembentukan batu ginjal. 

Untuk mendapatkan manfaat utuh, sebaiknya konsumsi air kelapa murni tanpa ada campuran apapun. Selain itu, sebaiknya hindari berlebihan dalam mengonsumsi air kelapa. Batas aman minuman ini adalah tidak lebih dari satu gelas per hari. Meski tergolong sehat, satu hal yang perlu diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori.

Namun, tentu saja mengonsumsi minuman ini untuk berbuka puasa lebih disarankan dibanding minuman lain, misalnya soda. Sebab tak dapat dimungkiri, saat berbuka puasa seseorang cenderung menginginkan minuman yang menyegarkan dan bisa segera melepas rasa haus sepanjang hari. 

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What’s Behind the Buzz About Coconut Water?
Web MD. Diakses pada 2020. Coconut Water.