• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Bermain Catur untuk Otak seperti Queen Gambit

Manfaat Bermain Catur untuk Otak seperti Queen Gambit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Serial Netflix ‘The Queen’s Gambit’ sekarang ini sedang ramai dibicarakan. Serial tersebut mendapat perhatian dari banyak orang lantaran jalan ceritanya yang dinilai seru karena menampilkan kisah tentang perjalanan seorang pecatur wanita dalam melewati berbagai kompetisi catur.

Tidak heran berkat serial tersebut, catur kembali diminati banyak orang. Catur sendiri sudah lama dikenal sebagai olahraga yang baik untuk kesehatan otak. Namun, belum banyak yang tahu bagaimana tepatnya manfaat olahraga yang penuh strategi ini pada otak. Simak ulasannya lebih lanjut di sini.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Dampak Catur Pada Kesehatan Otak

Tidak seperti kebanyakan jenis olahraga pada umumnya, bermain catur tidak membantu kamu membangun bisep atau mengencangkan perut. Namun, permainan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental untuk waktu yang sangat lama. 

Di masa pandemi ini, banyak orang yang berada di rumah saja, sehingga catur bisa menjadi pilihan aktivitas yang bermanfaat. Catur bisa dilakukan di dalam rumah dan tidak memerlukan banyak kontak fisik.

Samir Bercic, pelatih kebugaran nomor satu di Amerika merekomendasikan catur sebagai latihan otak terbaik, karena memberikan banyak manfaat bagi kesehatan otak. Berikut 8 manfaat catur untuk kesehatan otak:

1.Meningkatkan Daya Ingat

Bermain catur bisa meningkatkan daya ingat karena memiliki aturan permainan yang rumit yang harus diingat oleh pemain saat menjalankan langkah. Pemain juga perlu menggunakan memory recall agar tidak melakukan kesalahan sebelumnya atau untuk mengingat gaya bermain lawan.

Itulah mengapa pemain catur yang baik biasanya memiliki ingatan yang sangat baik. Olahraga otak ini mampu meningkatkan daya ingat dan keterampilan verbal seseorang secara signifikan.

2.Meningkatkan Keterampilan Membaca

Sebuah penelitian pada tahun 1991 oleh Dr. Stuart Marguilies menunjukkan bahwa siswa sekolah yang berpartisipasi dalam permainan catur mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca mereka.

Anak-anak yang memiliki nilai tes di bawah rata-rata juga mengalami peningkatan prestasi dalam membaca setelah berpartisipasi dalam program catur.

Baca juga: 6 Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur

3.Mengembangkan Kemampuan untuk Merencanakan Masa Depan

Korteks prefrontal adalah bagian terakhir dari otak yang berkembang selama masa remaja. Area pada otak tersebut bertanggung jawab atas pemikiran rasional, pengendalian diri, penilaian, dan perencanaan.

Catur membantu perkembangan korteks prefrontal yang membantu anak remaja untuk membuat pilihan yang lebih baik di kehidupan mereka dan mencegah mereka membuat pilihan yang berisiko.

4.Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah

Saat bermain catur, para pemain harus berpikir cepat dan mereka harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah secara tepat karena lawan terus menerus mengubah parameter.

Menurut sebuah studi pada tahun 1992 di New Brunswick yang dilakukan pada 450 siswa kelas lima, mereka yang bermain catur memiliki nilai ujian yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak bermain catur.

5.Mengembangkan Kreativitas

Bermain catur mengaktifkan sisi kanan otak yang bertanggung jawab atas kreativitas, yang menghasilkan orisinalitas di antara para pemain. 

Pada sebuah studi selama empat tahun, para murid diminta untuk bermain catur, menggunakan komputer, dan melakukan hal-hal lain sekali dalam seminggu selama 32 minggu untuk menentukan aktivitas mana yang memicu lebih banyak kreativitas.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain catur memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan kelompok lain dan mencapai nilai tertinggi dalam orisinalitas.

6.Meningkatkan IQ

Sebuah penelitian terhadap 4000 siswa dari Venezuela menunjukkan bahwa bermain catur dapat secara signifikan meningkatkan nilai IQ anak laki-laki dan perempuan setelah bermain permainan otak tersebut selama 4 bulan. Artinya, IQ seseorang masih mungkin untuk ditingkatkan dengan memainkan permainan otak seperti catur.

7.Melatih Kedua Sisi Otak

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa sisi kiri dan kanan otak diaktifkan ketika pemain catur diminta untuk mengidentifikasi posisi catur dan bentuk geometris. 

8.Merangsang Pertumbuhan Otak

Catur dan permainan otak lainnya memberi tantangan pada otak dan merangsang neuron untuk membentuk koneksi di seluruh otak. Bila terjadi lebih banyak koneksi, hal itu berarti komunikasi saraf di dalam otak menjadi lebih cepat pada keadaan optimal. Catur adalah contoh interaksi yang sempurna dengan orang-orang yang dapat merangsang koneksi saraf.

Baca juga: Mau Tahu Jenis Olahraga Terbaik Untuk Otak? Ini Penjelasannya

Nah, itulah manfaat bermain catur untuk otak. Untuk mengisi waktu di rumah saja selama pandemi, kamu bisa coba belajar bermain catur seperti ‘The Queen’s Gambit’.

Yuk, jaga kesehatan fisik dan mental kamu selama masa pandemi dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Download Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan solusi kesehatan yang kamu butuhkan dengan mudah.

Referensi:
The Science Times. Diakses pada 2020. 10 Things Chess Does To Your Brain.