• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Biji Labu untuk Meredakan Radang Sendi

Manfaat Biji Labu untuk Meredakan Radang Sendi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Manfaat Biji Labu untuk Meredakan Radang Sendi

“Radang sendi adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi. Gejala yang muncul akibat penyakit ini bisa membuat pengidapnya merasa nyeri dan tidak nyaman. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya, termasuk menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Halodoc, Jakarta – Radang sendi alias arthritis adalah penyakit yang terjadi karena ada peradangan pada satu atau beberapa sendi. Kondisi ini menyebabkan sendi tersebut menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan dan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Maka dari itu, beragam pengobatan biasanya akan dilakukan untuk meredakan nyeri.

Salah satu cara mengatasi radang sendi yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan biji labu. Katanya, jenis biji-bijian ini bisa membantu meredakan gejala radang sendi yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis merupakan radang sendi yang terjadi karena penyakit autoimun, yaitu penyakit yang muncul karena sistem imunitas berbalik menyerang tubuh.

Baca juga: Ini 6 Obat Nyeri Sendi dari Bahan Alami di Rumah

Beragam Cara Meredakan Radang Sendi

Radang sendi terjadi ketika ada peradangan pada salah satu atau beberapa sendi di tubuh. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pada lansia, remaja, bahkan anak-anak. Gejala khas dari kondisi ini adalah kaku pada sendi, nyeri, kesulitan bergerak, kemerahan, dan pembengkakan pada area sendi. Kondisi ini bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beragam cara untuk mengatasi penyakit ini. Salah satu cara yang disebut bisa membantu meredakan gejala penyakit ini adalah mengonsumsi biji-bijian, termasuk biji labu. Biji labu sendiri sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi biji labu disebut baik untuk pengidap diabetes, membantu menurunkan berat badan, hingga baik untuk kesehatan jantung. Biji labu juga kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Membongkar Mitos Seputar Radang Sendi yang Beredar

Selain mengonsumsi bahan alami, ada beberapa cara mengatasi radang sendi yang bisa dilakukan, di antaranya:

–          Konsumsi obat-obatan, tujuannya untuk meredakan gejala dan mengatasi peradangan. Ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi, seperti obat antinyeri dan obat antiperadangan.

–          Fisioterapi, prosedur ini dilakukan untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Fisioterapi juga bisa membantu meningkatkan kemampuan gerak tubuh, terutama pada sendi yang mengalami peradangan.

–           Operasi, prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki sendi yang mengalami kerusakan. Biasanya, dokter akan menganjurkan tindakan ini jika peradangan sudah sangat parah dan tidak bisa ditangani dengan obat-obatan.

Perubahan Gaya Hidup

Selain dengan pengobatan atau tindakan medis, perubahan gaya hidup juga perlu dilakukan untuk meredakan gejala radang sendi. Sebab, orang dengan gangguan ini disarankan untuk menjaga berat badan ideal, karena berat badan berlebih bisa menyebabkan tekanan yang berlebih pula pada sendi. Hal ini tentu bisa memicu nyeri dan memperparah gejala.

Selain itu, disarankan juga untuk rutin berolahraga. Selain bisa memperkuat otot-otot di sekitar sendi, berolahraga juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara menyeluruh. Dengan begitu, risiko serangan penyakit akan menjadi lebih kecil. Lengkapi juga dengan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti buah dan sayur-sayuran.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Nyeri Sendi

Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih mudah membeli multivitamin atau produk kesehatan lainnya di aplikasi Halodoc. Pilih obat atau produk kesehatan yang dibutuhkan, lalu lakukan pembayaran. Tidak perlu keluar rumah! Dengan layanan antar pesanan akan dikirim ke rumah segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Livekindly. Diakses pada 2021. Pumpkin Seeds Rich in Vegan Omega-Fatty Acids May Reduce Rheumatoid Arthritis Symptoms, Says New Research.
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Pumpkin Seeds.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Rheumatiod arthritis.
Healthline. Diakses pada 2021. Arthritis.