• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

“Ada banyak manfaat buah ciplukan bagi kesehatan, yang mungkin jarang diketahui. Mulai dari sumber antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker usus besar, dan mempertajam fungsi penglihatan.”

Halodoc, Jakarta – Punya warna oranye cerah yang cantik, manfaat buah ciplukan atau golden berry ternyata banyak, lho. Buah yang ukurannya lebih kecil dari tomat ceri ini punya rasa yang manis, agak mirip dengan nanas atau mangga. 

Meski kecil, buah ciplukan mengandung banyak nutrisi penting. Mulai dari serat, protein, vitamin C dan A, tiamin, riboflavin, niasin, zat besi, dan fosfor. Lantas, apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Yuk simak pembahasannya!

Berbagai Manfaat Buah Ciplukan

Ada berbagai manfaat buah ciplukan bagi kesehatan tubuh, yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

  1. Tinggi Antioksidan

Karotenoid dalam buah ciplukan bertindak lebih dari sekadar pigmen pemberi warna. Ini juga berfungsi sebagai antioksidan kuat, yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan membuka pintu bagi penyakit.

Selain itu, antioksidan jenis pitosterol dalam buah ciplukan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah ciplukan kaya akan vitamin C, yaitu mengandung sekitar 15,4 miligram dalam setiap porsinya. Vitamin C telah lama dikenal fungsinya untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. 

  1. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Manfaat buah ciplukan lainnya adalah menurunkan risiko kanker usus besar. Ini karena senyawa yang bernama withanolides. Menurut studi pada 2016 di Hawai’i Journal of Medicine & Public Health, senyawa tersebut diduga memiliki efek antiinflamasi di tubuh, dan berpotensi melindungi terhadap kanker usus besar.

  1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Buah ciplukan merupakan sumber lutein dan beta-karoten, bersama dengan beberapa karotenoid lainnya. Pola makan tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan.

Lutein dan karotenoid lainnya, termasuk zeaxanthin dan lycopene, juga dipercaya dapat melindungi terhadap kehilangan penglihatan akibat penyakit diabetes.

Itulah beberapa manfaat buah ciplukan bagi kesehatan yang perlu diketahui. Jadi, meski kecil, buah ciplukan nyatanya punya manfaat yang besar. Namun, tentu saja untuk bisa sehat secara keseluruhan, kamu perlu mengimbanginya dengan konsumsi variasi makanan sehat lainnya.

Kalau mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc saja untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit favorit kamu.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Hawai’i Journal of Medicine & Public Health. Diakses pada 2021. The Daniel K. Inouye College of Pharmacy Scripts: Poha Berry ( Physalis peruviana) with Potential Anti-inflammatory and Cancer Prevention Activities.
Healthline. Diakses pada 2021. What Are Golden Berries? Everything You Need to Know.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Are Golden Berries Good for Your Health?