• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Buah Naga untuk Pengidap Diabetes Melitus

Manfaat Buah Naga untuk Pengidap Diabetes Melitus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Manfaat Buah Naga untuk Pengidap Diabetes Melitus

Halodoc, Jakarta – Buat pengidap diabetes melitus, kamu tidak bisa mengonsumsi semua jenis buah. Ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan karena memiliki karbohidrat dan fruktosa  yang dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Walaupun begitu bukan berarti kamu tidak bisa makan buah apapun. Karena buah dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan stroke, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Apalagi kalau kamu makan buah naga, karena buah ini baik dikonsumsi untuk pengidap diabetes melitus. Apa sajakah manfaat buah naga?

Kenapa Buah Naga Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes Melitus?

Buah naga sejak lama digunakan untuk mengobati hipertensi. Selain itu, bijinya terbukti dapat membantu mengatur kadar glukosa darah. Hal inilah yang membuat buah naga memiliki manfaat untuk pencegahan dan pengelolaan diabetes tipe 2.

Buah naga ada tiga jenis, buah naga yang berkulit merah dengan daging merah, buah naga berkulit merah dengan daging putih (saat ini varietas yang paling banyak dibudidayakan), dan buah naga berkulit kuning dengan daging putih. 

Baca juga: Semakin Populer, Ini Manfaat Konsumsi Buah Naga

Ketiganya memiliki karakteristik manis segar yang sama serta kandungan vitamin C, serat, vitamin B, dan protein serupa. Itulah sebabnya mengapa buah naga disebut-sebut juga sebagai buah super. Berikut adalah manfaat buah naga untuk pengidap diabetes melitus:

1. Buah naga mampu meregenerasi sel beta pankreas (sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin dalam tubuh).

2. Kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi pada buah naga dapat mencegah stres oksidatif dan kerusakan pankreas, sehingga menjaga sel beta pankreas serta fungsinya.

3. Jus yang dibuat dari buah naga putih dan betacyanin yang ada di kulitnya telah terbukti meningkatkan resistensi insulin.

4. Konsumsi buah naga secara teratur oleh pengidap prediabetes dapat mencegah risiko terkena diabetes mellitus tipe 2.

5. Pengidap diabetes melitus berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan hipertensi dan penyakit jantung lainnya. Buah naga mengandung flavonoid yang memiliki efek perlindungan jantung, sehingga mengonsumsi buah naga secara rutin dapat mencegah perkembangan hipertensi dan penyakit jantung.

6. Makan buah naga dapat menurunkan lemak hati secara signifikan yang sangat terkait dengan perubahan inflamasi dalam tubuh dan juga resistensi insulin

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Nah, selain buah naga, ada beberapa jenis buah lain yang baik untuk pengidap diabetes melitus yaitu blackberry, stroberi, tomat, dan jeruk. Informasi selengkapnya mengenai buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes melitus bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Kalau kamu mau beli obat, juga bisa lewat Toko Kesehatan Halodoc, ya!

Rajin Olahraga dan Jangan Stres

Pola makan sehat, termasuk makan buah, sangat berkontribusi pada kesehatan pengidap diabetes melitus. Selain makanan, kamu juga perlu menjaga tubuh tetap aktif melalui olahraga.

Target diri untuk aktif bergerak selama 30 menit setiap hari dalam seminggu. Gaya hidup aktif dapat membantu kamu mengontrol diabetes dengan menurunkan gula darah. Ini juga menurunkan kemungkinan terkena komplikasi penyakit jantung. 

Baca juga: Berolahraga di Pagi Hari, Ini Manfaatnya

Mengelola stres juga baik untuk pengidap diabetes. Saat stres, kadar gula darah akan naik. Selain itu, saat sedang mengalami kecemasan, kamu jadi tidak bisa mengontrol kondisi diabetes melitus dengan baik. Saat cemas kamu bisa jadi lupa olahraga, tidak makan dengan benar, atau bahkan minum obat. Kamu bisa mengelola stres melalui teknik pernapasan, melakoni yoga, atau menjalankan hobi yang bisa membuatmu rileks.

Referensi:
Defeat Diabetes Foundation. Diakses pada 2021. Dragon Fruit.
WebMD. Diakses pada 2021. Diabetes and Fruit.
WebMD. Diakses pada 2021. 6 Lifestyle Changes to Control Your Diabetes.