• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil, Baik untuk Pencernaan

Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil, Baik untuk Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil, Baik untuk Pencernaan

Buah persik ternyata mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti vitamin C, asam folat, serat, kalium, magnesium dan lain-lain. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bumil untuk perkembangan janin yang optimal.”

Halodoc, Jakarta – Apakah bumil pernah mengonsumsi buah persik? Buah persik atau peach adalah buah berwarna merah, oranye kekuningan yang ciri khasnya memiliki bulu-bulu halus di bagian kulitnya. Buah yang satu ini punya cita rasa yang dominan manis dan bertekstur lembut. Nah, ternyata buah persik punya gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil lo!

Di dalam persik terdapat kandungan serat, vitamin, serta mineral yang sayang untuk dilewatkan. Ibu tidak perlu khawatir, persik aman dikonsumsi selama kehamilan dengan catatan dalam jumlah yang sedang saja. Nah, berikut beragam manfaat buah persik untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

Buah persik kaya akan zat besi, protein, gula, pektin, dan seng. Nutrisi-nutrisi tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh janin yang sedang berkembang. Melansir dari Mom Junction, berikut manfaat dari masing-masing kandungan dalam buah persik.

1. Vitamin C

Buah persik kaya akan vitamin C, yang penting untuk pembentukan tulang, gigi, otot, tulang rawan, dan pembuluh darah bayi. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi ke dalam tubuh ibu sehingga bumil dapat terhindar dari anemia. Bila dikonsumsi rutin, manfaat ini dapat mengurangi kemungkinan persalinan prematur.

2. Asam folat

Nutrisi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh janin yang sedang berkembang, terutama pada trimester awal kehamilan. Asam folat membantu perkembangan otak dan tulang belakang bayi dan mencegah janin dari cacat tabung saraf seperti spina bifida.

3. Kalium

Zat kalium yang ada dalam buah persik juga dapat mengatasi masalah kehamilan sehari-hari. Misalnya seperti kelelahan, pusing, kecemasan, kram kaki, pergelangan kaki bengkak yang normal terjadi selama kehamilan. Bukan itu saja, kalium juga membantu menjaga keseimbangan cairan pada ibu dan bayi.

4. Serat

Persik adalah sumber serat makanan yang baik. Sekitar 100 gram buah persik persik mengandung 1,5 gram serat. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini bisa menjaga kandungan serat tetap optimal selama kehamilan sehingga sembelit, gangguan pencernaan, dan masalah pencernaan lainnya dapat terhindari.

5. Beta-karoten

Antioksidan yang satu ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu maupun janin yang ada dalam kandungan. Alhasil, daya tahan tubuh ibu bisa terus terjaga dengan baik sampai Si Kecil dilahirkan.

6. Fosfor

Kebutuhan fosfor harian selama kehamilan cukup banyak, yakni bisa mencapai 700 miligram. Nah, 100 gram buah persik menyediakan 20 miligram fosfor. Fosfor membantu membangun tulang yang kuat pada ibu dan bayi yang sedang tumbuh.

7. Magnesium

Ibu hamil juga sangat membutuhkan magnesium, yang membantu mencegah kontraksi dini rahim dan mencegah kram kaki dan sembelit selama kehamilan. Buah persik mengandung sejumlah besar magnesium sehingga dapat membantu ibu dalam mengatasi keluhan tersebut.

8. Properti antiemetik

Sifat antiemetik dalam buah persik diduga dapat meringankan mual di pagi hari yang umum dialami oleh ibu hamil. Ibu dapat mengkonsumsi buah persik secara langsung atau dijadikan teh untuk menghindari muntah.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, bumil juga harus melakukan pemeriksaan rutin kehamilan untuk memastikan kesehatan Si Kecil. Supaya lebih mudah dan praktis, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc di rumah sakit atau klinik yang ibu inginkan. Jangan tunda memeriksakan diri untuk mencegah masalah kehamilan. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2021. Is It Safe To Eat Peaches During Pregnancy?
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. Eating Peaches in Pregnancy – Safe or Unsafe?
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant.