• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Danmuji, Acar Lobak Putih dari Korea
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Danmuji, Acar Lobak Putih dari Korea

Manfaat Danmuji, Acar Lobak Putih dari Korea

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Agustus 2022

“Danmuji adalah acar lobak putih yang dikenal sebagai makanan pelengkap di menu utama khas Korea. Makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan.”

Manfaat Danmuji, Acar Lobak Putih dari KoreaManfaat Danmuji, Acar Lobak Putih dari Korea

Halodoc, Jakarta – Ada banyak jenis makanan khas korea yang bisa kamu coba, salah satunya adalah danmuji. Makanan ini dikenal sebagai makanan pelengkap ketika kamu mengonsumsi makanan utama di Korea. Danmuji sendiri merupakan acar lobak putih yang dibuat dari lobak sebagai bahan baku utamanya.

Danmuji diketahui memiliki rasa sedikit asam, manis, dan memiliki sensasi segar di dalamnya. Inilah yang membuatnya menjadi makanan pelengkap ketika kamu mengonsumsi makanan berlemak. Bukan hanya lezat, nyatanya danmuji juga memiliki banyak manfaat yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Danmuji yang Perlu Kamu Ketahui

Danmuji merupakan salah satu makanan pelengkap yang terbuat dari lobak putih. Cara pembuatannya pun terbilang unik, lobak putih diiris tipis-tipis kemudian dilakukan proses fermentasi setelahnya.

Saat disajikan, danmuji memiliki warna kuning cerah. Namun, warna yang dihasilkan bukan berasal dari pewarna makanan, warna kuning didapat menggunakan pewarna alami dengan menggunakan buah gardenia yang dikenal sebagai chija di Korea.

Lobak sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran ini memiliki kalori yang rendah dan kandungan air yang cukup tinggi. Lobak juga sangat kaya akan vitamin C, serat, protein, potasium, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Lalu, apa manfaat danmuji bagi kesehatan tubuh? Berikut manfaat danmuji atau acar lobak putih yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam lobak putih dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat dalam lobak putih bisa membantu mengatasi konstipasi atau sembelit yang kamu alami. Dengan memenuhi kebutuhan serat, maka feses akan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, mengonsumsi lobak putih dapat melindungi jaringan lambung dan memperkuat penghalang mukosa. Penghalang mukosa memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga perut dan usus dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan peradangan.

2. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Lobak putih memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Ini bisa membantu tubuh terhindar dari kondisi dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik tentunya membuat kesehatan kulit menjadi lebih optimal.

Saat kamu terhidrasi, kulit menjadi lebih lembap sehingga gangguan kesehatan pada kulit, seperti kulit kering atau keriput bisa dihindari.

Selain kandungan air, lobak juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C juga mampu membuat kulit terhindar dari paparan radikal bebas yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

3. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi danmuji atau lobak putih juga bisa membantu kamu dalam mengontrol berat badan. Lobak putih memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk mengontrol porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi danmuji atau acar lobak putih. Selain menikmati danmuji, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat lainnya.

Dengan begitu, pemenuhan nutrisi dan gizi akan lebih seimbang sehingga kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi. Namun, jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang tidak membaik dalam beberapa waktu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat.

Kamu bisa buat janji pemeriksaan di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, pemeriksaan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. Are Radishes Good for You?
Livestrong. Diakses pada 2022. Radish Health Benefits: 3 Reasons to Add Radishes to Your Diet.