• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Daun Kelor bagi Pengidap Anemia

Manfaat Daun Kelor bagi Pengidap Anemia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Manfaat Daun Kelor bagi Pengidap Anemia

“Daun ini juga sering digunakan untuk mengatasi anemia.  Hal ini berkat tingkat zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk pengidap anemia. Daun kelor bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi, itulah yang membedakannya dari suplemen zat besi lainnya. Terlebih daun kelor mengandung zat besi yang lebih banyak dibanding sayuran lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Daun kelor, yang dikenal dengan nama ilmiah Moringa oleifera, sudah lama dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional. Daun Kelor memberikan banyak manfaat kesehatan. Tanaman ini berasal dari India utara, tapi bisa tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, termasuk Indonesia. 

Di dalam daun kelor, terkandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan zat penting lainnya. Biasanya daun kelor diubah menjadi bubuk halus dan digunakan sebagai suplemen makanan. Daun ini juga sering digunakan untuk mengatasi anemia. Namun, sebenarnya masih banyak nutrisi dan manfaat lain dari daun kelor.

Baca juga: Ini Alasan Kurang Darah Bisa Sebabkan Pingsan

Zat Besi dalam Daun Kelor Baik untuk Atasi Anemia

Vitamin, mineral, protein, dan nutrisi lain dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum. Misalnya, tingginya kadar potasium dan niazimicin pada daun kelor bisa membantu menurunkan tekanan darah. Niazimicin adalah senyawa gula yang ditemukan dalam makanan tertentu. 

Selain itu, daun kelor memiliki tingkat zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk pengidap anemia. Penyakit anemia merupakan suatu kondisi yang menyebabkan rendahnya jumlah zat besi dalam sel darah dan tubuh. Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. 

Daun kelor bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi, itulah yang membedakannya dari suplemen zat besi lainnya. Terlebih daun kelor mengandung zat besi yang lebih banyak dibanding sayuran lainnya, yaitu sebesar 17,2 miligram per 100 gram. Pengidap anemia diperkenankan mengonsumsi daun kelor secara teratur agar kebutuhan zat besi terpenuhi dan gejala anemia bisa dicegah.

Pada beberapa jenis anemia, seperti anemia turunan mungkin tidak bisa dicegah. Namun,, anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, vitamin B12, dan vitamin B9 bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti dau kelor. 

Konsumsi makanan yang menyediakan cukup zat besi dan vitamin sebaiknya juga dibarengi dengan sumber makanan vitamin C, agar proses penyerapan zat besi terbantu. Jangan lupa untuk mencukupi cairan agar kadar hemoglobin tetap terjaga.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil?

Manfaat Lain Daun Kelor

Selain baik untuk mencegah anemia, daun kelor juga bermanfaat untuk seseorang yang memiliki masalah kesehatan lainnya, di antaranya:

  1. Mengelola dan Mencegah Diabetes

Daun kelor bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kadar gula darah, yang dapat mencegah dan mengobati diabetes. Daun kelor mengandung tinggi protein yang juga bisa mengurangi kemungkinan diabetes. Jika kamu mengganti daging dalam makanan sehari-hari dengan protein dari tanaman seperti daun kelor, maka risiko diabetes tipe 2 berkurang sebanyak 18 persen. 

  1. Pengobatan dan Pencegahan Kanker

Daun kelor mengandung banyak senyawa antikanker, di antaranya eugenol, niazimicin dan isopropil isothiocyanate. Senyawa ini bersifat bioaktif yang mampu memberikan manfaat kesehatan di luar nilai gizi dasarnya. Senyawa tersebut dapat membunuh sel kanker dan berpotensi mencegah berkembangnya kanker. Meski begitu, masih butuh penelitian lebih jauh untuk membuktikan hal tersebut. 

  1. Melindungi dan Menutrisi Kulit dan Rambut

Antioksidan seperti vitamin B2 dan sejumlah protein banyak terkandung di dalam daun kelor. Ketika digunakan sebagai minyak atau pelembab pada kulit dan rambut, daun kelor mampu melawan polutan yang merusak dan molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas. 

  1. Baik untuk Pencernaan yang Sehat

Siapa sangka jika daun kelor memiliki banyak kandungan serat. Kandungan seratnya baik untuk mengatur sistem pencernaan. Daun kelor kaya akan serat larut dan tidak larut, dua jenis serat utama yang tidak hanya membantu mencerna makanan tapi juga mencegah penyakit. 

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kurang Darah & Darah Rendah

Itulah yang perlu diketahui mengenai manfaat daun kelor. Selain bermanfaat untuk pengidap anemia, pada dasarnya daun kelor juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Jika masalah anemia yang kamu miliki tidak bisa diatasi dengan daun kelor, maka sudah saatnya untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan perhatian medis. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Moringa
NCBI. Diakses pada 2021. Effect of Moringa Oleifera leaf powder supplementation on reducing anemia in children below two years in Kisarawe District, Tanzania