• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Deep Talk untuk Pasangan yang Baru Menikah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Deep Talk untuk Pasangan yang Baru Menikah

Manfaat Deep Talk untuk Pasangan yang Baru Menikah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Sesekali, pasangan perlu melakukan deep talk, terlebih untuk suami istri yang baru saja menikah. Manfaatnya tidak hanya untuk emosional masing-masing, tetapi juga baik untuk kesehatan mental.”

Manfaat Deep Talk untuk Pasangan yang Baru MenikahManfaat Deep Talk untuk Pasangan yang Baru Menikah

Halodoc, Jakarta – Deep talk diartikan sebagai percakapan atau diskusi berbagai topik yang lebih detail dan mendalam. Biasanya, aktivitas yang punya nama lain deep conversation ini hanya dilakukan oleh dua orang. 

Adapun bahasan diskusi yang dilakukan tidak sebatas pada cuaca hari itu atau hobi. Meski memang topik ringan ini bisa juga mengarah pada obrolan yang lebih intim, seperti ketika kamu melakukan pillow talk atau obrolan sebelum tidur dengan pasangan. 

Deep talk sendiri lebih sering mendiskusikan berbagai hal yang terjadi pada hidupmu, baik ketika sedih atau senang dan bagaimana kamu memandang semua kejadian ini. Topiknya juga luas kok, misalnya isu terbaru yang sedang banyak dibicarakan saat ini. 

Manfaat Deep Talk untuk Pasangan Baru Menikah

Deep talk bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pada orangtua dan anak, atau pasangan yang baru saja menikah. Sebenarnya, apa sih manfaat deep talk untuk kesehatan mental? Berikut di antaranya:

  1. Membuat hati menjadi lebih lega

Semua perasaan negatif dan masalah memang tidak boleh dipendam lama. Membaginya dengan orang terdekat yang kamu percaya ternyata bisa membantu menurunkan stres, dan tekanan negatif yang kamu rasakan, baik secara fisik maupun psikis. 

Respons emosi seperti kecewa, sedih, marah, sebenarnya diatur oleh bagian dari otak yang dinamai amigdala. Saat kamu menceritakan semua perasaan negatif, secara tidak langsung kamu membantu mengurangi respons dari bagian otak ini. 

Tidak ada salahnya untuk merasa tidak baik-baik saja. Bahkan, mengakui dan menerima kondisi tersebut bisa membuat kamu jadi lebih tenang dan tidak terlalu berlarut dalam marah atau sedih. 

  1. Membuat lebih bahagia

Studi dalam Psychological Science menyebutkan, seseorang yang kerap melakukan deep talk akan merasa lebih bahagia dibandingkan dengan orang-orang yang jarang, atau bahkan tidak pernah melakukannya.  

Namun, belum diketahui pasti apa hubungan antara deep talk dan rasa bahagia. Akan tetapi, para peneliti menduga bahwa hal ini karena manusia memang membutuhkan interaksi dan koneksi dengan manusia lainnya. 

Nah, deep talk dapat membantu menguatkan koneksi antara manusia tersebut. Aktivitas ini juga ternyata lebih menyenangkan dan seru bagi orang-orang yang sudah melakukannya. 

  1. Membuat hubungan lebih harmonis

Manfaat deep talk lain untuk pasangan yang baru menikah adalah membuat hubungan keluarga baru jadi semakin harmonis. Meski kamu sudah bersama dan mengenal pasangan bertahun-tahun, tetap saja kamu tidak selalu dapat membaca pikiran pasangan. 

Inilah mengapa komunikasi jadi kunci penting langgeng dan harmonisnya suatu hubungan, terutama hubungan pernikahan. Melalui komunikasi yang baik, kamu dan pasangan bisa terhindar dari salah paham, bahkan kesalahpahaman yang muncul karena hal sepele. 

Melalui deep conversation, kamu bisa lebih memahami bagaimana perasaan pasangan atau memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dialami. Jadi, kamu juga tahu mengapa pasangan menunjukkan sikap yang tidak biasa. 

  1. Memiliki sudut pandang yang berbeda tentang hidup

Setiap orang punya sudut pandang berbeda pada suatu hal yang sama. Menjadi pendengar yang baik dari cerita atau pendapat orang lain, bisa membuka pandangan kamu terhadap kehidupan, bahkan bisa jadi tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. 

Obrolan yang mendalam membuat kamu bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Bukan tidak mungkin juga kamu bisa mendapatkan ilmu dan pemikiran baru yang bisa membantu untuk mengembangkan diri. 

Tak lupa, kamu dan pasangan juga harus menjaga kesehatan. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, pakai saja Layanan Janji Medis di aplikasi Halodoc supaya lebih mudah. Namun, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2022. Why We Need to Have Deeper Conversation.
American Psychological Association. Diakses pada 2022. Getting Beyond Small Talk: Study Finds People Enjoy Deep Conversations with Strangers.
Psychology Today. Diakses pada 2022. Why Talking About Our Problems Makes Us Feel Better.
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Relationships and Communication.