Selain Terhitung Ibadah, Berbagi Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Selain Terhitung Ibadah, Berbagi Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Momen idulfitri bisa dimanfaatkan untuk momen untuk berbagi. Tidak hanya terhitung ibadah, berbagi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Menurut National Health Service Choices mengungkapkan, seseorang yang berbagi dengan ikhlas dalam jumlah yang kecil maupun besar dapat membuat diri sendiri gembira. Tidak hanya gembira, seseorang yang sering melakukan berbagi dalam kehidupannya merasa lebih puas pada kehidupan yang ia jalani.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia, berbagi dapat memberikan efek penurunan pada tingkat tekanan darah seseorang. Sebaiknya ketahui beberapa manfaat berbagi lainnya untuk kesehatan, yaitu:

1. Berbagi Memperpanjang Umur

Berbagi tidak hanya masalah ekonomi saja. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi. Misalnya saja, meluangkan waktu untuk orang lain terhitung sebagai tindakan berbagi.

Seseorang yang lebih sering berinteraksi dengan orang lain dalam aktivitas sosial akan memiliki tingkat stress yang lebih rendah dengan kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak pernah berbagi. Mengurangi tingkat stres dalam tubuh sama halnya dengan menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh yang membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

2. Meningkatkan Kebahagiaan

Berbagi dapat meningkatkan kebahagiaan diri dan kepuasan hidup. Orang-orang yang memiliki tingkat kebahagiaan baik dalam hidupnya tentu mudah untuk menurunkan tingkat stress dalam hidupnya. Banyak dampak pada kesehatan jika kamu dapat meningkatkan taraf kebahagiaan kamu, seperti kesehatan jantung yang terjaga. Orang bahagia tentu memiliki jantung yang sehat pula. Orang yang bahagia juga menurunkan tingkat lelah dalam tubuhnya.

Pada saat berbagi, nyatanya otak meningkatkan produksi hormon dopamine. Hormon dopamine adalah hormon yang menghasilkan perasaan bahagia. Selain dopamine, dengan berbagi tubuh akan menghasilkan hormon oksitoksin yang dapat membantu untuk mengurangi tingkat stres pada tubuh.

Baca juga: Libur Lebaran Ditambah, Berat Badan Jangan Ditambah

3. Menurunkan Tekanan Darah

Berbagi dapat membuat kamu lebih merasa bahagia. Orang bahagia akan memiliki tekanan darah yang cukup stabil. Kondisi ini menghindari kamu dari berbagai penyakit yang bersumber dari tekanan darah yang kurang stabil. Selain menggunakan pengobatan, bagi kamu yang memiliki masalah tekanan darah, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagi dengan sesama.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berbagi dapat meningkatkan rasa percaya diri pada diri kamu. Kegiatan berbagi membutuhkan rasa saling percaya yang cukup kuat. Berbagi membuat kualitas hidup kamu meningkat karena dapat melepaskan rasa prasangka buruk pada orang lain.

5. Membuat Hidup Lebih Berwarna

Berbagi dengan orang lain memberi kesempatan diri kamu untuk merayakan sesuatu bersama dengan orang lain.

6. Meningkatkan Rasa Peduli

Berbagi dapat meningkatkan rasa pedului terhadap sesama dalam diri kamu. Sebagai makhluk sosial tentu kamu perlu menjaga hubungan baik dengan sesama.

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar kamu terhindar dari masalah kesehatan selama berkumpul dengan keluarga. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Nafsu Makan Meningkat, Patuhi Aturan Ini Saat Lebaran