• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Kacang Merah untuk Bayi yang Cocok untuk MPASI
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Kacang Merah untuk Bayi yang Cocok untuk MPASI

Manfaat Kacang Merah untuk Bayi yang Cocok untuk MPASI

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Januari 2023

“Kacang merah merupakan makanan sehat yang memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi penting untuk bayi yang sudah MPASI. Beberapa manfaat kacang merah untuk bayi yaitu, memperkuat tulang dan gigi, mencegah anemia, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.”

Manfaat Kacang Merah untuk Bayi yang Cocok untuk MPASIManfaat Kacang Merah untuk Bayi yang Cocok untuk MPASI

Halodoc, Jakarta – Kacang merah merupakan makanan sehat dan bergizi. Selain itu, kacang merah juga sumber nutrisi yang baik karena ada kandungan serat, folat, magnesium, dan protein nabati. Kacang merah juga cocok untuk menu makanan pendamping air susu ibu (MPASI) saat bayi berusia enam bulan atau lebih.

Manfaat kacang merah untuk bayi berasal dari serat dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kacang merah juga mengandung lisin asam amino esensial, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Berbagai Manfaat Kacang Merah untuk Bayi yang Sudah MPASI

Kacang merah merupakan sumber makanan bergizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan baik. Serat yang terkandung di dalam kacang merah dapat mengurangi risiko sembelit pada bayi, karena dapat meningkatkan pergerakan usus yang sehat. Ditambah lagi, serat yang terkandung dalam kacang merah dapat membantu meningkatkan populasi bakteri usus baik yang sehat. 

Selain serat, kacang merah juga dikemas dengan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan Si Kecil, antara lain:

  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Folat
  • Zinc.

Berikut ini beberapa manfaat kacang merah untuk bayi yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Menunjang proses tumbuh kembang Si Kecil

Kacang merah merupakan sumber protein nabati yang baik. Kandungan protein yang banyak dalam kacang merah bermanfaat dalam pembentukan jaringan dan organ tubuh Si Kecil, yang tentu saja baik untuk tumbuh kembangnya. Protein juga mampu memperbaiki sel yang rusak serta memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil.

  1. Mendukung kesehatan dan perkembangan otak

Manfaat kacang merah untuk bayi selanjutnya yaitu mendukung kesehatan dan perkembangan otak. Hal tersebut berkat kandungan banyak protein, mineral, vitamin, antioksidan, dan kolin di dalamnya. Protein dan kolin merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Termasuk untuk mendukung kesehatan mata Si Kecil.

  1. Mencegah anemia

Kandungan nutrisi yang juga dibutuhkan bayi adalah zat besi dan folat. Keduanya penting untuk memproduksi sel darah merah dalam jumlah cukup. Selain itu, zat besi dan folat berperan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Apabila kandungan keduanya tidak terpenuhi, tubuh Si Kecil kekurangan sel darah merah, sehingga menyebabkan anemia. 

  1. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan fosfor, magnesium, dan kalsium dalam kacang merah memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi bayi. Memberikan 25 gram kacang merah, sama dengan memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan kalsium, 40 persen kebutuhan fosfor, dan 50 persen kebutuhan magnesium harian bayi.

  1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat kacang merah untuk bayi selanjutnya yaitu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan bayi. Manfaat tersebut berasal dari kandungan serat pada kacang merah. Serat mampu merangsang saluran pencernaan bayi agar lebih aktif. Ditambah lagi, kandungan karbohidrat pada kacang merah berperan sebagai prebiotik. Hal tersebut dapat mendukung pertumbuhan dan fungsi bakteri baik dalam usus, sehingga sistem pencernaan Si Kecil bekerja secara optimal.

Itulah beberapa manfaat kacang merah untuk bayi yang cocok diberikan saat MPASI. Namun sebelumnya pastikan juga Si Kecil tidak memiliki alergi dengan kacang merah. 

Apabila muncul reaksi alergi yang tidak diketahui setelah bayi mengonsumsi makanan dengan kacang merah, segera hubungi dokter. Jika dokter memberikan resep obat, ibu bisa cek kebutuhan medis di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. When Can a Baby Have Beans?
Healthline. Diakses pada 2023. When Can Babies Eat Beans?
Firstcry Parenting. Diakses pada 2023. 
Healthline. Diakses pada 2023. Kidney Beans 101: Nutrition Facts and Health Benefits