• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Desember 2022

“Kluwek merupakan buah asli Indonesia yang mengandung karbohidrat, protein, zat besi dan vitamin A serta C. Manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga menurunkan risiko kanker.”

Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang DiketahuiManfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Kluwek atau Pangium edule merupakan jenis buah yang berasal dari Indonesia dan termasuk ke dalam famili Flacourtiaceae. Buah ini kerap dijadikan sebagai bumbu masakan, seperti rawon.

Di dalamnya mengandung vitamin dan mineral penting yang efektif meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa kandungannya yakni karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, mangan, zat besi dan vitamin A serta C.

Adapun manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit asam urat hingga menurunkan risiko kanker. Cara mengonsumsinya yakni dengan mencampurkan kluwek sebagai bumbu masalah.

Manfaat Kluwek Bagi Tubuh

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kluwek yang pertama yakni meningkatkan kekebalan. Cara kerjanya dengan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. 

2. Mencegah Kanker 

Antioksidan di dalam kluwek berperan penting sebagai agen antikanker. Kandungan tersebut juga dapat mencegah penyakit kronis lainnya. Di antaranya sakit jantung, radang sendi, emfisema dan penyakit Parkinson. 

3. Mencegah Hipertensi

Keluak mengandung tinggi mineral berupa kalium atau potasium yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram kluwek mengandung 680 miligram kalium. Dengan kisaran tersebut, buah ini efektif membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Mengatasi Infeksi Bakteri dan Jamur 

Kluwek bersifat antimikroba dan antifungi yang berasal dari senyawa bioaktif di dalamnya. Sifat ini efektif melawan bakteri dan jamur, di antaranya Listeria monocytogenes, Salmonella typhimurium dan Aspergillus flavus

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Kluwek mengandung tinggi serat yang mampu menjaga kesehatan organ pencernaan. Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan pergerakan usus guna memperlancar buang air besar.

Serat juga mampu menyerap air sehingga dapat membantu menambah massa feses guna mengatasi diare. Jenis buah ini juga efektif mencegah sembelit atau konstipasi dengan melunakkan tekstur feses.

6. Mencegah Anemia 

Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi di dalamnya. Dalam satu buah kluwek mengandung 5.02 miligram zat besi atau setara dengan 62.57 persen dari angka kebutuhan harian yang direkomendasikan.  

Kekurangan zat besi berpotensi memicu munculnya gejala anemia. Di antaranya lemas dan cepat lelah, sakit kepala, sering mengantuk, kulit pucat, detak jantung tidak teratur serta dingin di area kaki dan tangan.

7. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kluwek mampu menurunkan potensi penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan sakit jantung. Manfaat ini berkat kandungan mineral berupa magnesium di dalamnya. Kandungan tersebut berperan dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, sehingga jantung tidak bekerja keras dalam memompa darah.

8. Mencegah Penyakit Asam Urat

Kluwek efektif mencegah asam urat berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Dalam 228 gram kluwek mengandung 58.8 miligram vitamin C. Angka tersebut mampu mencukupi sekitar 65.33 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bekerja dengan mencegah penumpukan purin pada sendi. Dengan begitu, nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas dan kemerahan pada sendi bisa dicegah.

9. Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat kluwek yang terakhir, yakni menjaga kesehatan otot dalam tubuh. Keuntungan ini berasal dari kandungan mineral berupa fosfor yang berperan dalam mengurangi kelemahan otot hingga mati rasa. 

Kluwek dapat diolah sebagai campuran bumbu dalam masakan. Caranya, pecahkan dulu cangkang luarnya. Kemudian ambil biji dari dalam cangkang, lalu seduh dengan air panas. Gunakan campuran ini untuk memasak.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Benefits Time. Diakses pada 2022. Rowal fruit facts and health benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How can antioxidants benefit our health?
Research Gate. Diakses pada 2022. Antioxidative and Antibacterial Activities of Pangium edule Seed Extracts.