• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Konsumsi Purwaceng untuk Tingkatkan Vitalitas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Konsumsi Purwaceng untuk Tingkatkan Vitalitas

Manfaat Konsumsi Purwaceng untuk Tingkatkan Vitalitas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 September 2022

“Tanaman purwaceng dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pria. Akar tumbuhan ini dapat diolah menjadi bubuk atau serbuk dan dijadikan campuran minuman seperti kopi atau susu.”

Manfaat Konsumsi Purwaceng untuk Tingkatkan VitalitasManfaat Konsumsi Purwaceng untuk Tingkatkan Vitalitas

Halodoc, Jakarta – Memiliki performa vitalitas yang sehat adalah impian bagi setiap pria. Salah satu cara paling ampuh yang banyak digunakan pria untuk meningkatkan vitalitas adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal purwoceng. Tanaman dengan nama ilmiah Pimpinella pruatjan ini adalah salah satu tanaman asli Indonesia yang memiliki sifat afrodisiak. 

Akar purwoceng merupakan bagian yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Akarnya dapat diolah menjadi bubuk atau serbuk, dan dijadikan campuran minuman seperti kopi atau susu. Salah satu manfaat yang membuat tanaman ini populer yaitu khasiatnya untuk meningkatkan vitalitas pria

Manfaat Purwoceng untuk Vitalitas Pria

Bergapten isobergapten sphondin merupakan salah satu dari beberapa zat aktif yang terdapat pada akar purwaceng. Zat ini termasuk ke dalam anggota keluarga furanocoumarin. Karena kandungan inilah yang menyebabkan tanaman herbal ini dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat menggunakan tanaman ini untuk vitalitas pria:

1. Meningkatkan Stabilitas Seksual Pria

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa purwaceng dapat meningkatkan vitalitas atau stamina pria. Bahan kimia yang disebut afrodisiak dapat membantu meningkatkan gairah seksual.

2. Memperlancar Aliran Urine

Tanaman ini dapat bertindak sebagai pencahar saluran urine. Purwaceng dianggap bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dan dapat mencegah infeksi saluran kemih.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah Sistem Reproduksi

Purwaceng juga dapat melancarkan sirkulasi darah pada sistem reproduksi pria. Ini penting karena peredaran darah yang lancar pada sistem reproduksi sangat penting. 

Manfaat Kesehatan Lainnya

Tanaman herbal ini juga menawarkan manfaat kesehatan lain, seperti:

1. Memerangi Bahaya Radikal Bebas

Salah satu penyebab yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan sejumlah masalah kesehatan kronis. Ini termasuk diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular yang bisa terjadi akibat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Nah, purwoceng dipercaya dapat mencegah dan mengobati kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas karena kandungan antioksidannya.

2. Mencegah Peradangan

Purwoceng dikenal memiliki zat anti-inflamasi. Alhasil, purwoceng memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, meredakan sariawan, mengurangi rasa sakit dan bengkak, serta mengobati peradangan organ dalam.

3. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Akar purwoceng, yang kaya akan antioksidan, terbukti dapat memperlambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker payudara. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah purwoceng efektif dalam mengobati atau mencegah kanker.

4. Membantu dalam Mencegah Infeksi

Zat kimia flavonoid dan fenolik yang terdapat pada purwoceng memiliki sifat antibakteri. Mereka aktif untuk menghilangkan patogen seperti Staphylococcus aureus, Salmonella typhi, dan Escherichia coli.

Tanaman ini dikatakan dapat membantu pemulihan dari infeksi bakteri pada sistem pencernaan, saluran pernapasan, dan saluran kemih. Purwoceng juga diakui kemampuannya dalam mencegah dan membasmi jamur Candida albicans.

Hal yang Perlu Diketahui sebelum Mengonsumsi Purwaceng

Tidak disarankan untuk mengonsumsi purwaceng terlalu banyak. Sebab, belum ada cukup penelitian yang menunjukkan risiko atau efek samping negatif dari mengonsumsi herbal ini. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan.

Khasiat purwaceng pun dapat dirasakan setelah 7 sampai 14 hari pemakaian. Setiap orang mungkin akan mengalami respon yang berbeda. Jadi, kamu harus berhenti mengonsumsi tumbuhan herbal ini jika terjadi respons alergi.

Itulah pembahasan tentang manfaat tumbuhan purwaceng. Jika kamu mengidap masalah kesehatan, lebih baik konsultasikan ke profesional medis. Kamu bisa membuat janji medis lewat aplikasi Halodoc. Yuk, tunggu apalagi? Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Rxlist. Diakses pada 2022. Pimpinella.
WebMD. Diakses pada 2022. Pimpinella – Uses, Side Effects, and More.