15 October 2018

Manfaat Makan Rumput Laut untuk Ibu Hamil

Manfaat Makan Rumput Laut untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Saat wanita sedang hamil, cara yang tepat untuk memenuhi nutrisi selain dengan makan teratur adalah mengonsumsi camilan sehat. Kini ibu hamil tidak perlu bingung, karena di pasaran banyak yang menyediakan camilan sehat dan bergizi. Salah satu camilan sehat tersebut adalah rumput laut.

Manfaat rumput laut untuk ibu hamil ternyata tidak main-main. Meski kebanyakan terdiri dari air, tetapi rumput laut mengandung asam lemak dan yodium yang penting untuk perkembangan bayi di dalam kandungan.

Selain bisa dijadikan camilan rumput laut dapat kamu temui dalam makanan khas Jepang seperti sushi, ramen, atau onigiri. Makanan ini menjadi sumber nutrisi berkualitas tinggi dan alami. Beberapa nutrisi penting yang ada dalam rumput laut antara lain vitamin, mineral, protein, serat, dan berbagai enzim lain. Nah, berikut ini manfaat rumput laut untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan:

Menjaga Berat Badan

Saat hamil, umumnya berat badan akan semakin naik namun sayangnya meski telah melahirkan, berat badan tidak mudah kembali seperti sebelum hamil. Oleh sebab itu, menjaga pola makan agar tidak mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan adalah hal yang dianjurkan. Faktanya, semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame mengandung kurang dari 20 kalori. Jadi, mengonsumsi rumput laut tidak akan membuat berat badan naik drastis. Selain itu, jenis rumput laut berwarna coklat juga mengandung pigmen fucoxanthin yang membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Rumput laut mengandung serat alami atau alginate pada rumput laut cokelat yang membantu menghalangi penyerapan lemak pada usus hingga sebesar 75 persen.  

Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi dalam Kandungan

Saat hamil, nutrisi yang berperan penting untuk mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin adalah asam folat. Zat ini berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah yang berkualitas dan mencegah adanya kelainan perkembangan selongsong susunan saraf. Ibu hamil butuh vitamin untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Tidak perlu bingung cara mendapatkan nutrisi tersebut, karena kedua nutrisi tersebut dapat ibu dapatkan melalui rumput laut.

Mendukung Perkembangan Otak Bayi dalam Kandungan

Rumput laut menyediakan sumber asam lemak omega-3 yang sehat dan aman bagi wanita hamil. Jadi, bagi ibu hamil yang tidak bisa mengonsumsi ikan karena alergi atau tidak suka bau amis yang melekat pada ikan, maka ibu bisa menjadikan rumput laut sebagai alternatif untuk asupan omega-3. Asam lemak omega-3 ini bisa membantu dalam perkembangan otak janin.

Memelihara Kesehatan Karena Mengandung Antioksidan

Rumput laut dapat dipilih sebagai camilan sehari-hari agar tubuh ibu hamil sehat dan tidak gampang sakit. Rumput laut mengandung antioksidan yang melimpah mulai dari karotenoid, flavonoid, dan alkaloid. Antioksidan bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas. Antioksidan seperti vitamin C dan mineral seperti mangan dan zinc dalam rumput laut berwarna coklat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Itu tadi manfaat rumput laut yang cocok dikonsumsi ibu hamil. Punya keluhan seputar nutrisi terbaik saat hamilan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat biar cepat sembuh dan tips menjaga kesehatan selama hamil. Yuk, download sekarang aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: