• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Ada berbagai manfaat membaca buku, salah satunya untuk mengoptimalkan kesehatan mental. Dengan rutin membaca buku kamu bisa menurunkan tingkat stres serta melatih fokus dan perhatian menjadi lebih baik.”

Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bukan hanya menambah kosakata pembacanya, kegiatan ini dinilai menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

Terjaganya kesehatan mental membuat kamu bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Nah, tidak ada salahnya simak berbagai ulasan mengenai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental, di sini!

Inilah Manfaat Membaca Buku yang Perlu Diketahui

Ada banyak jenis buku yang bisa menjadi buku kegemaran, seperti misalnya buku cerita fiksi, dongeng, biografi, hingga berbagai buku lainnya yang dapat menambah ilmu dan kosakata pembacanya. Selain itu, banyak manfaat membaca buku yang bisa kamu rasakan, khususnya bagi kesehatan mental.

Berikut ini manfaat membaca buku bagi kesehatan mental:

1. Menurunkan Tingkat Stres

Membaca menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan saat kamu mengalami rasa penat atau bosan. Bahkan, membaca buku dinilai sangat efektif dalam menurunkan tingkat stres. Bahkan, saat kamu membaca buku kegemaranmu, kebiasaan ini bisa membantu kamu menjadi lebih rileks dan menurunkan perasaan sedih atau cemas yang sedang kamu rasakan.

Dengan membaca buku, kamu bisa melepaskan penat akibat pikiran yang sejenak menikmati bacaan yang kamu baca. Pelarian imajinasi yang dialami membuat kamu teralihkan dari stres yang kamu alami secara sementara.

2. Melatih Fokus dan Perhatian

Dengan membaca, fokus dan perhatian kamu akan menjadi lebih baik. Dengan fokus pada salah satu kegiatan, kamu bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan melepaskan rasa khawatir terhadap kondisi yang sedang kamu alami.

3. Mencegah Depresi

Manfaat membaca buku dalam menurunkan tingkat stres seseorang juga berkaitan dengan pencegahan depresi yang mungkin terjadi. Depresi bisa terjadi akibat tingkat stres yang tidak diatasi dengan baik. Dengan mengatasi stres yang kamu rasakan, tentunya kamu menurunkan risiko mengalami depresi atau stres yang lebih buruk. Carilah berbagai jenis buku kesukaan kamu agar kamu bisa merasakan manfaat membaca buku untuk kesehatan mental.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Daripada bermain gadget sebelum tidur, lebih baik lakukan kebiasaan membaca buku. Membaca buku sebelum tidur dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur. Pastikan kamu membaca buku dalam bentuk cetak, bukan dari gadget. Hindari juga membaca buku diatas tempat tidur, agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik.

5. Membuat Kamu Memiliki Umur Lebih Panjang

Penelitian yang dipublikasikan oleh Oxford University Press dalam jurnal berjudul “The Survival Advantage of Reading Books”, kelompok orang yang gemar membaca buku ternyata memiliki usia lebih panjang dua tahun dibandingkan mereka yang tidak membaca buku. 

Selain itu, kelompok yang membaca buku selama 3,5 jam setiap harinya memiliki hidup lebih panjang dan sehat dibandingkan mereka yang tidak suka membaca buku. Meskipun begitu, kamu juga harus melakukan gaya hidup sehat dan mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk menjaga kesehatan lebih baik.

Itulah berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental yang perlu diketahui. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui cara lain untuk meningkatkan kesehatan mental. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Reading Partners. Diakses pada 2022. Four Compelling Reasons to Shut Off Your Screen and Open a Good Book.
Renewal Lodge. Diakses pada 2022. 5 Ways Reading Improves Your Mental Health.
Healthline. Diakses pada 2022. Benefits of Reading Books: How It Can Positively Affect Your Life.
Innovation In Aging. Diakses pada 2022. The Survival Advantage of Reading Books.