• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa menari adalah salah satu kegiatan yang mengasyikan. Manfaat menari untuk kesehatan fisik dan mental juga cukup banyak, sehingga semakin banyak alasan untuk melakukan kegiatan ini. 

Untuk merayakan tarian sebagai aktivitas bersenang-senang yang universal, Komite Dansa International Theatre Institute (ITI) sejak 1982 telah menetapkan 29 April setiap tahun sebagai Hari Tari Sedunia. Tanggal ini dipilih karena ini adalah hari lahir dari pembuat tari balet modern, Jean-Georges Noverre. Peringatan ini dicanangkan untuk menyatukan orang-orang dengan bahasa universal yakni tarian. 

Baca juga: Alasan Menari dan Bernyanyi Baik bagi Pertumbuhan Anak

Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik

Menari adalah olahraga, sehingga manfaat menari untuk kesehatan fisik akan serupa dengan aktivitas kardio lainnya. Beberapa manfaat menari untuk fisik antara lain:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menari dapat membantu memompa jantung, sehingga sejalan dengan pedoman aktivitas fisik yang disarankan oleh para ahli kesehatan. Untuk manfaat kesehatan, orang dewasa harus melakukan kegiatan fisik seperti menari dengan syarat:

  • Setidaknya 150 menit hingga 300 menit per minggu latihan intensitas sedang, atau
  • 75 menit hingga 150 menit per minggu aktivitas fisik aerobik dengan intensitas tinggi.

Hampir semua gaya tarian menghasilkan latihan kardio yang hebat karena detak jantung akan tertantang saat melakukan gerakan yang berbeda.

Meningkatkan Keseimbangan dan Kekuatan

Salah satu alasan tari merupakan bentuk kebugaran jasmani yang hebat adalah karena ia menggabungkan gerakan pada semua bidang gerak dan dari segala arah. Gerakan yang biasanya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berjalan, menaiki tangga, dan latihan umum seperti treadmill dan bersepeda, terjadi pada bidang sagital. Namun, tarian melatih tubuh dari semua bidang, termasuk lateral dan rotasi, yang menyala dan mengkondisikan semua otot, artinya tidak ada otot yang tidak digunakan. 

Jenis gerakan ini tidak hanya meningkatkan kekuatan, tetapi juga meningkatkan keseimbangan.

Aman Dilakukan untuk Tubuh

Berbagai bentuk tarian bisa cocok untuk orang dengan mobilitas terbatas atau masalah kesehatan kronis. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang intensitas kelas, bicarakan dengan dokter dan instruktur tari sebelum memulai kelas. Mereka dapat membantu dengan modifikasi gerakan tari jika diperlukan.

Jika kamu sedang mengidap penyakit yang menyerang area sendi atau tulang dan ingin menjadikan aktivitas menari sebagai salah satu latihan untuk mengembalikan kesehatan sendi dan tulang, ada baiknya berdiskusi dulu dengan dokter di Halodoc. Dokter mungkin memiliki saran tertentu mengenai jenis latihan tari yang cocok untuk kondisi kesehatanmu. Dokter di Halodoc juga akan selalu siaga karena mereka bisa dihubungi kapan dan di mana saja!

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Zumba bagi Kesehatan

Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Sementara itu, untuk kesehatan mental, menari juga bisa membawa manfaat seperti: 

Meningkatkan Kinerja Kognitif

Jika kamu membutuhkan alasan untuk lebih banyak bergerak, ingatlah bahwa banyak penelitian menunjukkan bagaimana menari dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kemampuan berpikir seiring bertambahnya usia.

Menurut beberapa penelitian, para ilmuwan telah menemukan bahwa area otak yang mengontrol memori dan keterampilan, seperti perencanaan dan pengorganisasian, meningkat dengan olahraga seperti menari.

Selain itu, tidak seperti bentuk olahraga lainnya, menari memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan keseimbangan melalui ritme dan musik.

Mengasah Kemampuan Otak

Jika kamu pernah mencoba menari saman atau bahkan tap dancing, kamu pasti tahu apa yang dimaksud dengan menari mengasah kemampuan otak. Kekuatan otak yang dibutuhkan untuk menari, khususnya, mengharuskan kamu untuk fokus pada perubahan gerakan yang konstan dan mengingat gerakan dan pola. Ini adalah bentuk latihan mental yang sangat baik untuk pikiran, berapa pun usiamu.

Baca juga: Inilah Cara yang Tepat Menghadapi Stres

Sementara itu, menari juga bisa bermanfaat secara emosional, misalnya:

Inklusif

Salah satu hal terbesar tentang menari adalah siapa pun dapat berpartisipasi. Jika kamu bisa bergerak, meski hanya tubuh bagian atas, kamu tetap bisa menari. Inilah yang membuat tarian begitu populer di kalangan orang yang biasanya menghindar bentuk latihan lain.

Bisa menjadi Kegiatan Sosial

Meskipun kamu mungkin lebih suka menghentikan gerakan saat tidak ada orang yang menonton, ada sesuatu yang luar biasa ketika kamu menari bersama orang lain. Entah kamu mengikuti kelas balet atau tari perut, menari dengan teman, atau berada di sekitar orang lain saat menari baik untuk kesehatan sosial dan emosional.

Membantu Meningkatkan Suasana Hati

Gerakan dan tarian sangat ekspresif, sehingga memungkinkan kamu untuk melarikan diri dan melepaskan diri. "Melepaskan" inilah yang membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional dengan mengurangi stres, mengurangi gejala kecemasan dan depresi, dan meningkatkan harga diri.

Itulah beberapa manfaat menari untuk kesehatan fisik dan mental, jadi jangan ragu untuk menjadikan latihan menari sebagai aktivitas rutin ya!

Referensi:
Harvard Mahoney Neuroscience Institute. Diakses pada 2021. Dancing and the Brain.
Healthline. Diakses pada 2021. Benefits of Dance.
Tirto. Hari Tari Sedunia 29 April 2021 & Sejarah International Dance Day.