• Home
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 9 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Perlu Tahu, Ini 9 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perlu Tahu, Ini 9 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan manfaat air putih, seperti menghilangkan racun dalam tubuh atau membuat tubuh terhidrasi seharian. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata air putih hangat memiliki manfaat lain bagi kesehatan, terutama jika diminum sebelum tidur? Melansir NDTV, selama ribuan tahun, para ahli kesehatan menganjurkan untuk minum air hangat sebagai minuman pertama di pagi hari.

Ditilik dari manfaatnya, air hangat memiliki peran penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh. Kebanyakan orang mungkin malas minum air sebelum tidur, karena tidak ingin bolak-balik ke toilet. Namun, ternyata minum segelas air putih hangat bisa mendatangkan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, lho. Salah satunya adalah membuat tidur jadi lebih nyenyak. Itu saja? Tentu tidak. Ketahui berbagai manfaat minum air hangat sebelum tidur, dalam pembahasan setelah ini.

Baca juga: Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Hangat atau Dingin?

Detoksifikasi Tubuh hingga Bikin Awet Muda

Seperti disinggung sebelumnya, ada banyak manfaat tersembunyi dari segelas air hangat jika diminum sebelum tidur. Nah, berikut beberapa manfaat tersebut:

1. Detoksifikasi Tubuh

Berbagai jenis makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat membuat tubuh menyimpan banyak racun. Mengonsumsi air hangat mampu membuat tubuh menghasilkan keringat dan racun di tubuh pun akan dikeluarkan lewat keringat itu.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Minum segelas air hangat sebelum tidur ternyata mampu memperlancar sirkuasi darah dalam tubuh, lho. Tentunya hal ini menjadi salah satu cara untuk melindungi tubuh agar terbebas dari berbagai penyakit berbahaya. Ketika sirkulasi darah lancar, kesehatan jantung pun jadi lebih terjaga, sehingga kamu bisa saja terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air hangat sebelum tidur lainnya adalah menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. Hal ini karena air hangat mampu membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih cepat. Kalau kamu sedang diet, kebiasaan ini bisa dicoba secara rutin setiap sebelum tidur malam, ya.

Baca juga: Tantangan 30 Hari Minum Air Putih, Apa Manfaatnya?

4. Meredakan Flu dan Batuk

Ketika sedang sakit, tubuh biasanya menjadi tidak nyaman dan bahkan akan susah tidur. Untuk mengatasinya, cobalah untuk minum segelas air hangat sebelum tidur malam untuk membantu legakan hidung dan tenggorokan. Pastikan juga posisi tidur kamu sudah nyaman, dengan posisi kepala yang lebih tinggi, ya. 

Namun, jika gejala flu dan batuk yang kamu alami tak kunjung membaik, sebaiknya segera bicarakan dengan dokter di Halodoc, ya. Tinggal download aplikasinya, kamu sudah bisa terhubung dengan ribuan dokter yang siap bantu atasi keluhan kesehatanmu lewat chat, kapan dan di mana saja. 

5. Melancarkan Pencernaan

Apakah kamu sedang mengalami susah buang air besar atau sembelit? Cobalah cara alami, dengan minum air putih hangat sebelum tidur. Air hangat mampu melancarkan pencernaan, karena bisa bantu melarutkan atau memecah partikel makanan. Hal ini akan membuat pergerakan usus menjadi lancar, dan sembelitmu pun teratasi.

6. Menggantikan Cairan Tubuh

Mungkin banyak yang memilih minum cairan isotonik untuk menggantikan cairan tubuh. Padahal, ada cara yang mudah, yaitu minum air hangat sebelum tidur. Agar manfaatnya lebih maksimal, kamu juga bisa minum segelas air hangat saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur.

7. Memperbaiki Mood

Tubuh dan pikiran yang lelah setelah seharian beraktivitas bisa mudah diatasi dengan minum air hangat sebelum tidur. Ya, manfaat lain dari minum air hangat sebelum tidur adalah mampu memperbaiki mood dan meredakan stres, lho. Hal ini karena air hangat mampu membuat tubuh relaks. Khasiat ini pun akan lebih terasa jika kamu sedang haid.

Baca juga: Ikuti 8 Tips Ini Supaya Rajin Minum Air Putih

8. Meredakan Nyeri dan Pegal-Pegal

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan nyeri atau pegal-pegal. Jika kamu mencari cara alami mengatasinya, cobalah untuk rutin mengonsumsi air hangat sebelum tidur malam hari. Nyeri dan pegal akan mereda dan tidur bisa lebih nyenyak.

9. Bikin Awet Muda

Percaya atau tidak, tubuh dan pikiran yang relaks dapat membuatmu awet muda, lho. Hal ini secara tidak langsung bisa kamu dapatkan dari kebiasaan minum air putih hangat sebelum tidur. Selain mengeluarkan racun dalam tubuh, air hangat juga bisa memperbaiki sel-sel kulit, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga.

Namun, semua manfaat minum air putih hangat sebelum tidur itu bukanlah satu-satunya kunci. Untuk bisa sehat dan bugar, kamu juga perlu mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti pola makan sehat, olahraga rutin, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, agar bisa tahu lebih cepat jika ada masalah kesehatan dalam tubuhmu.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2020. Drink Warm Water Before Bed For A Healthy Living.
Medical Daily. Diakses pada 2020. Health Benefits Of Warm Water: 6 Ways Drinking Warm Water Can Heal Your Body.
Healthline. Diakses pada 2020. Benefits of Drinking Hot Water.