• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Pare yang Bisa Cegah Kanker
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Pare yang Bisa Cegah Kanker

Manfaat Pare yang Bisa Cegah Kanker

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 April 2022

“Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak kanker bisa menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker. Meskipun manfaat pare untuk mencegah kanker masih perlu diteliti lebih lanjut, sayuran pahit tersebut baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan.”

Manfaat Pare yang Bisa Cegah Kanker

Halodoc, Jakarta – Rasanya yang pahit memang tidak akrab di lidah. Tidak heran kalau tidak sedikit orang yang enggan memilih pare jadi makanan favorit. Namun, jangan salah, pare ini punya berbagai manfaat bagi kesehatan.

Jika dikonsumsi secara rutin, pare bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama bagi pengidap diabetes. Namun, tidak hanya itu saja, penelitian baru pada tikus menunjukkan bahwa sayuran pahit tersebut juga memiliki kandungan yang bisa membantu mencegah kanker lo. Yuk, cari tahu 4 manfaat pare dalam melawan kanker di sini.

Manfaat Pare untuk Mencegah Kanker

Pare (momordica charantia) atau dikenal juga sebagai labu pahit berasal dari negara bagian Kerala, India Selatan. Sayuran yang masih satu kerabat dengan mentimun dan zucchini ini sudah sering digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan. Pare dikenal sebagai obat alami untuk melawan diabetes. 

Para ahli dari Universitas Saint Louis di Missouri membuat penemuan yang menarik terkait pare. Dalam percobaan terhadap tikus, ekstrak pare tampaknya efektif dalam mencegah tumor kanker tumbuh dan menyebar. Para peneliti tersebut melaporkan temuan mereka dalam makalah studi yang sekarang muncul di jurnal Cell Communication and Signaling.

Para peneliti juga mencari tahu akan khasiat tanaman tersebut sebagai obat. Mereka penasaran apakah pare yang merupakan obat tradisional untuk diabetes juga bisa melindungi dari kanker. Alhasil, para periset  mengadakan uji coba dalam studi pendahuluan dengan menggunakan ekstrak pare pada berbagai jenis sel kanker, termasuk sel kanker payudara, prostat, serta kanker kepala dan leher. 

Hasil tes laboratorium tersebut menunjukkan bahwa ekstrak pare mampu menghentikan sel-sel dari replikasi, yang menunjukkan bahwa itu mungkin efektif dalam mencegah penyebaran kanker. Dalam percobaan lebih lanjut menggunakan model tikus, para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak pare mampu mengurangi kejadian kanker lidah.

Nah, dalam studi tersebut periset mencari tahu apa yang membuat senyawa kanker bermanfaat untuk melawan kanker. Masih menggunakan tikus sebagai model uji coba, mereka mempelajari mekanisme interaksi antara ekstrak pare dengan kanker mulut dan lidah. 

Mereka menemukan bahwa ekstrak tersebut berinteraksi dengan molekul yang memungkinkan glukosa dan lemak menyebar ke seluruh tubuh, yang dalam beberapa kasus memberi makan sel kanker dan memungkinkan mereka untuk berkembang. Dengan mengganggu jalur tersebut, ekstrak pare bisa menghentikan pertumbuhan kanker, bahkan menyebabkan kematian beberapa sel kanker.

Masih belum jelas apakah pare akan memberikan khasiat yang sama pada manusia atau tidak. Meski begitu, beberapa ahli yakin bahwa pare bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

Manfaat Lain Pare Bagi Kesehatan

Selain hal di atas, berikut beberapa manfaat pare yang baik untuk kesehatan: 

  • Baik Bagi Pengidap Diabetes

Zat dalam pare memiliki kemiripan dengan fungsi insulin sehingga baik dikonsumsi juga bagi orang dengan diabetes.Dalam buah pare mengandung setidaknya tiga zat aktif dengan sifat antidiabetes, dan senyawa seperti insulin yang dikenal sebagai poli. Pare juga diketahui mengandung lektin yang mengurangi konsentrasi glukosa darah dan menekan nafsu makan.

  • Membantu Menurunkan Gula Darah

Pare juga mengandung protein yang punya kemampuan untuk memecah glukosa lalu mengubahnya jadi energi. Ini akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Mengandung Banyak Nutrisi

Meski memiliki tekstur yang berbeda dengan ubi, tapi pare memiliki kandungan yang mirip seperti kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Kandungan serat pada pare baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk menghindari pare. Tak usah takut dengan rasa pahitnya, sebelum diolah, kamu bisa menghilangkan rasa pahitnya terlebih dahulu. Caranya, bisa dengan merendam pare dengan air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, sehingga rasa pahit dalam pare dapat diminimalisir bahkan hilang seketika.

Bila kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja. Sebaiknya segera buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc untuk memeriksakan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How might bitter melon help treat cancer?
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Benefits of Bitter Melon (Bitter Gourd) and Its Extract