• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Serum Bulu Mata dan Cara Memakainya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Serum Bulu Mata dan Cara Memakainya

Manfaat Serum Bulu Mata dan Cara Memakainya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Desember 2022

“Menggunakan serum bulu mata setiap hari ternyata memberikan banyak manfaat. Seperti misalnya membantu menguatkan bulu mata, menebalkan, dan menjaga agar bulu mata selalu lembap dan panjang.”

Manfaat Serum Bulu Mata dan Cara MemakainyaManfaat Serum Bulu Mata dan Cara Memakainya

Halodoc, Jakarta –  Ekstensi bulu mata bisa dijadikan pilihan untuk menampilkan bulu mata lebat dan panjang. Namun, jika kamu menginginkan hasil permanen, penggunaan serum bulu mata bisa menjadi pilihan. 

Serum bulu mata memiliki manfaat jangka panjang. Menggunakan serum ini setiap hari akan membantu menguatkan bulu mata, menebalkan, dan menjaganya agar senantiasa lembap dan panjang. Informasi selengkapnya bisa kamu baca melalui ulasan berikut ini!

Manfaat Serum Bulu Mata

Penggunaan serum ini nyatanya tidak merepotkan seperti layaknya penggunaan ekstensi. Memang hasilnya tidak sekilat penggunaan metode ekstensi. Namun, ini sebanding dengan efek jangka panjangnya. 

Pada dasarnya, serum penumbuh bulu mata bekerja untuk melembapkan dan menyehatkan bulu mata dengan cara merangsang folikel bulu mata untuk tumbuh dan tetap pada fase anagen (fase pertumbuhan).

Serum ini pada umumnya mengandung peptida yang secara khusus bekerja pada sel kulit bulu mata untuk menciptakan alas bedak yang lebih sehat dan meningkatkan volume. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua serum memiliki kandungan yang sama. 

Sebagian besar serum penumbuh bulu mata yang dijual bebas bekerja dengan mengondisikan bulu mata yang memungkinkannya tampak lebih terhidrasi dan bervolume. Namun, ini mungkin tidak berkontribusi pada pertumbuhan yang sebenarnya. 

Jika kamu secara khusus mencari serum bulu mata yang pemicu pertumbuhan, kamu bisa memeriksa kandungan bahannya bimatoprost, isopropyl cloprostenate, atau analog prostaglandin.

Beberapa serum juga ada yang mengandung biotin sehingga membantu bulu mata tumbuh lebih panjang dan tebal serta merangsang pertumbuhan folikel bulu mata tambahan.

Cara Menggunakan Serum Bulu Mata

Kamu bisa mengikuti panduan penggunaan yang biasa tertera di kemasan produk. Umumnya penggunaan serum bulu mata adalah sebagai berikut:

1. Mulailah dengan Perawatan Kulit

Cuci wajah dengan pembersih untuk menghilangkan kotoran, minyak, atau riasan. Penghapusan riasan sangat penting, karena wajah harus bersih agar serum menempel pada garis bulu mata dengan baik. Jangan lupa untuk melepaskan lensa kontak dari mata.

2. Oleskan Serum Bulu Mata

Serum biasanya dilengkapi dengan sikat aplikator mirip dengan tongkat maskara. Kamu juga bisa menggunakan kapas untuk mengoleskan serum

Jika menggunakan aplikator kuas, aplikasikan serum dalam satu lapisan tipis ke garis bulu mata atas di akar bulu mata. Mulailah dari sudut dalam mata hingga ke sudut luar. 

3. Ulangi pada Mata Lainnya

Ulangi proses aplikasi pada garis bulu mata atas dan mata yang lain. Area mata merupakan area paling sensitif pada wajah. Jika kamu melihat adanya kemerahan atau iritasi setelah mengoleskan serum, hentikan penggunaan serum.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Perlu diketahui kalau produk serum tidak selamanya sesuai. Untuk beberapa orang, bisa memberikan beberapa efek samping, yaitu:

  • Mata merah, kering, atau gatal.
  • Mata dan kelopak mata bengkak atau iritasi.
  • Penggelapan kulit kelopak mata.
  • Pigmen coklat di iris mata.
  • Reaksi alergi.

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk menggunakan serum bulu mata, ada baiknya melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Tanyakan kepada dokter, apalagi bila kamu sebelumnya mendapatkan pengobatan untuk glaukoma. Obat-obatan yang digunakan sebelumnya bisa jadi berinteraksi dengan efek serum ini.
  • Jangan gunakan serum ini jika kamu memiliki masalah mata seperti konjungtivitis, edema makula, atau uveitis.
  • Jangan gunakan aplikator lebih dari sekali dan jangan biarkan ujung botol menyentuh bola mata atau permukaan lain seperti meja atau wastafel.
  • Keluarkan lensa kontak sebelum menggunakan serum ini, lalu tunggu 15 menit sebelum memasangnya kembali. Lensa dapat menyerap larutan.

Itulah informasi mengenai manfaat serum bulu mata dan cara menggunakannya. Kalau kamu ingin membeli produk kecantikan atau perawatan kulit lainnya tanpa harus keluar rumah, kamu bisa memanfaatkan fitur toko kesehatan di Halodoc. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang juga ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Are Eyelash Extensions, Eyelash Growth Serum Safe?
Forbes. Diakses pada 2022. Why You Need An Eyelash Serum (And The Best Lash Growth Serums That Actually Work).
Master Class.com. Diakses pada 2022. How to Apply Eyelash Serum in 3 Simple Steps.