Manfaat Susu Kambing yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat susu kambing

Halodoc, Jakarta – Selain susu sapi, kamu juga bisa mengonsumsi susu kambing yang juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam susu kambing cukup mirip dengan ASI (air susu ibu), sehingga lebih mudah dicerna dalam tubuh manusia. Susu kambing mengandung antioksidan dan asam lemak yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Anak Minum Susu?

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing

Berikut ini beragam kandungan nutrisi dan manfaat susu kambing bagi kesehatan yang perlu diketahui:

1. Lebih Mudah Diserap Tubuh

Proporsi laktosa dalam susu kambing cenderung lebih rendah dibanding susu sapi, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut, sehingga membuatnya  lebih mudah dicerna dalam tubuh.

2. Sumber Kalsium dan Nutrisi Penting

Susu kambing memiliki banyak mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat bagi pembentukan tulang. Jika dibanding susu sapi, susu kambing lebih banyak mengandung  potasium, vitamin A, dan niasin yang baik untuk kesehatan.

3. Tinggi Asam Lemak Esensial dan Rendah Kolesterol

Susu kambing banyak mengandung asam lemak esensial, seperti linoleat (asam lemak tak jenuh majemuk) serta arakidonat (asam lemak omega-6 cair) yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh. Kandungan tersebut menjadi sumber energi yang cepat dibakar, sehingga tidak akan menumpuk dalam tubuh sebagai lemak. Itu mengapa susu kambing dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung.

4. Kandungan Laktosa Lebih Sedikit

Perlu diketahui, gula dalam susu disebut laktosa. Seseorang yang tubuhnya tidak bisa menerima asupan laktosa, biasanya disarankan untuk mengonsumsi susu kambing karena dianggap lebih aman dikonsumsi. Susu kambing cenderung lebih sedikit mengandung laktosa dibanding susu sapi. Jadi, bagi kamu yang memiliki sensitivitas terhadap laktosa, mengonsumsi susu kambing bisa menjadi pilihan.

5. Membantu Merawat Kulit

Susu kambing juga baik untuk kulit. Ini karena susu kambing mengandung vitamin A, asam lemak, dan trigliserida yang bisa menjaga kesehatan kulit, termasuk mencegah munculnya jerawat. Susu kambing juga mengandung asam laktat yang bisa membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Baca juga: Benarkah Susu Kambing Bisa Membuat Kulit Cerah?

Tips Mengonsumsi Susu Kambing

Yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi susu kambing adalah, apakah susu kambing yang kamu konsumsi memiliki label ’Bebas Bovine Growth Hormone (BHG) dan antibiotik’. Susu kambing juga tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi yang berusia di bawah satu tahun. Hal ini dikarenakan pemberian susu selain ASI pada bayi berisiko menimbulkan iritasi usus dan anemia. Meskipun ada beberapa anjuran pemberian susu kambing sebagai asupan nutrisi lanjutan, sebaiknya tanyakan pada dokter terlebih dulu sebelum memberikan susu kambing pada anak.

Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

Itulah lima manfaat susu kambing yang perlu diketahui. Kalau kamu masih ingin mengetahui apa lagi manfaat susu kambing maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan susu kambing, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call di fitur Contact Doctor. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!