• Home
  • /
  • Ini Manfaat Teh Kunyit untuk Nyeri PMS

Ini Manfaat Teh Kunyit untuk Nyeri PMS

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Manfaat Teh Kunyit untuk Nyeri PMS

Halodoc, Jakarta - Nyeri menstruasi adalah masalah yang umum dialami oleh wanita. Bahkan nyeri ini bisa saja muncul sebelum menstruasi terjadi atau selama masa PMS. Untuk mengatasinya, bahan alami seperti kunyit adalah yang paling direkomendasikan. Pasalnya nyeri ini bisa terjadi tiap bulan, sehingga cara alami adalah yang terbaik guna menghindari efek samping dari obat-obatan.

Jika kamu bingung bagaimana cara mengolah kunyit untuk meredakan nyeri PMS dan menstruasi, kamu bisa menggunakan teh kunyit. Dengan rutin mengonsumsinya, maka nyeri tersebut perlahan akan membaik.

Baca juga:  7 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Kamu Waspadai

Alasan Kunyit Bisa Atasi Nyeri PMS

Melansir Pure Green, penelitian menunjukkan bahwa kunyit efektif dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan daripada aspirin dan ibuprofen. Sebagai bonus tambahan, kunyit juga membantu meringankan gejala PMS jika kamu mengonsumsinya sebelum menstruasi dimulai. 

Kekuatan untuk meringankan nyeri PMS ini karena di dalam kunyit terdapat curcumin, yang mampu mengurangi peradangan dan merangsang obat penghilang rasa sakit alami tubuh. Zat ini akan mengatasi kram menstruasi dan rasa sakit yang terjadi akibat menstruasi.

Suplemen kunyit tersedia dalam bentuk pil, bubuk, atau memasaknya langsung. Namun, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat antiinflamasi ini dengan diolah menjadi minuman. Kunyit dinilai cukup unggul karena tidak memiliki efek samping. Walaupun di luar sana kamu mudah mendapatkan obat anti nyeri, banyak dari obat-obatan ini memiliki efek samping bila digunakan dalam jangka panjang.

Sejauh ini tidak ada asupan harian yang direkomendasikan untuk konsumsi kunyit. Berdasarkan penelitian yang tersedia, asupan harian yang disarankan tergantung pada kondisi yang digunakan untuk mengobati.

Kebanyakan penelitian pada orang dewasa mendukung penggunaan 400 hingga 600 miligram (mg) bubuk kunyit murni secara aman tiga kali sehari, atau 1 hingga 3 gram (g) setiap hari dari akar kunyit parut atau kering. 

Baca juga: Lebih Lengkap tentang Mitos & Fakta Menstruasi

Cara Membuat Teh Kunyit

Untuk meredakan nyeri PMS, maka kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk membuat teh kunyit, yaitu:

  • Rebus 4 gelas air;

  • Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh kunyit bubuk, parut, atau bubuk;

  • Biarkan campuran mendidih selama kurang lebih 10 menit;

  • Saring teh ke dalam wadah dan biarkan dingin selama 5 menit.

Banyak orang memasukkan bahan tambahan ke dalam teh kunyit supaya rasanya lebih nikmat atau lebih mudah untuk diminum. Nah, beberapa jenis tambahan tersebut: 

  • Madu, untuk mempermanis teh dan memberi campuran lebih banyak sifat antimikroba;

  • Susu murni, krim, susu almond, santan, atau 1 sendok makan minyak kelapa untuk membantu penyerapan, karena curcumin membutuhkan lemak sehat untuk larut dengan baik;

  • Lada hitam, yang mengandung piperin, bahan kimia yang dikenal untuk membantu meningkatkan penyerapan curcumin, dan itu bisa menambah rasa rempah pada teh;

  • Lemon, jeruk nipis, atau jahe, untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa.

Baca juga: Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan Pijatan, Benarkah?

Apabila kamu mengalami nyeri PMS dan merasa terganggu dengan hal ini, sebaiknya segera bicarakan pada dokter melalui chat di aplikasi Halodoc mengenai penangananya. Kamu bisa berkomunikasi pada dokter kapan dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. Health Benefits of Turmeric Tea.

Pure Green. Diakses pada 2020. Homeopathic Ways To Relieve Menstrual Pain.