02 November 2017

Manfaat Tersembunyi dari Olahraga Renang Bagi Ibu Hamil

Manfaat Tersembunyi dari Olahraga Renang Bagi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Tahukah ibu, jika tak ada yang perlu ditakutkan dari berolahraga saat hamil. Justru disarankan untuk tetap melakukan olahraga selama masa kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Dari berbagai jenis olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil, berenang adalah yang paling terbaik. Karena selain aman untuk dilakukan, berenang juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk melakukan latihan aerobik ringan, seperti berjalan santai, jogging, senam aerobik, termasuk berenang, yang baik untuk memperkuat dan meningkatkan kerja jantung, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan kadar oksigen dalam darah meningkat. Berenang dinilai sebagai latihan paling baik untuk ibu hamil, karena memiliki risiko cedera paling kecil. Selain itu, berenang adalah latihan yang tidak terlalu membuat ibu hamil kelelahan, sebaliknya, ibu dapat bergerak dengan bebas di air tanpa membuat sendi-sendi tertekan. Olahraga ini juga memberi banyak manfaat bagi ibu hamil, antara lain:

1.  Melatih Pernapasan Ibu dan Janin
Walaupun latihan pernapasan bisa dilakukan dengan cara lain, namun berenang merupakan cara yang menyenangkan untuk melatih pernapasan tidak hanya pada ibu, tapi juga janin. Berenang juga dapat meminimalkan potensi bayi mengalami anoksia atau kekurangan oksigen pada saat dilahirkan, karena paru-paru ibu dan janin sudah terlatih dan lebih kuat.

2.  Memperkuat Sistem Imun Tubuh
Perbedaan suhu udara di dalam dan luar kolam renang dapat memberi pengaruh baik untuk kekebalan tubuh ibu dan janin.

3.  Membantu Ibu Hamil Menjaga Berat Badan
Jika ibu tidak ingin berat badan bertambah terlalu banyak saat hamil, berenang juga bisa menjadi solusinya karena dapat membakar 600 kalori dalam tubuh.

4.  Meredakan Punggung yang Tegang
Perut yang membesar saat hamil akan memberikan dampak pada punggung, yaitu membuat punggung menjadi tegang dan terasa pegal. Namun, dengan latihan berenang secara rutin, punggung yang tegang karena beban dari perut akan berkurang dan otot-otot seperti lengan dan kaki pun menjadi lebih kuat.

5.  Menghilangkan Pembengkakan di Lengan dan Kaki
Dampak kehamilan yang juga mengganggu ibu hamil adalah timbulnya varises dan pembengkakan. Selain dapat meredakan sakit punggung, berenang juga dapat meredakan pembengkakan yang biasanya terjadi pada lengan dan kaki.

6.  Membetulkan Posisi Janin
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berenang bisa mengatasi posisi bayi yang sungsang. Jika menjelang hari melahirkan, posisi bayi masih terbalik, ibu hamil disarankan untuk berenang.

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil:

  • Gunakan baju renang yang tidak menekan perut
  • Lakukan pemanasan sebelum berenang, dan pendinginan setelah selesai
  • Bagi ibu hamil yang jarang berolahraga, jangan langsung memaksakan diri untuk berenang terlalu lama. Tapi lakukanlah secara bertahap, mulai dari tiga sesi dalam seminggu dan tiap sesi selama 15 menit, Lalu ibu bisa meningkatkan menjadi 4 sesi dalam seminggu dengan lama tiap sesi 20 menit.
  • Hindari melakukan gerakan yang sulit atau menyentak selama berenang. Sebaiknya lakukanlah gerakan renang yang nyaman dan tidak melelahkan area leher, bahu dan punggung. Berenang dengan menggunakan bantuan papan renang kecil juga dapat membantu melatih otot-otot kaki dan bokong.
  • Hati-hati saat masuk dan keluar dari kolam renang. Saat masuk ke kolam, jangan terjun atau melompat ke air dengan posisi kepala di bawah, tapi berpeganglah pada tangga atau pinggir kolam agar tidak tergelincir. Begitu juga ketika keluar dari kolam. Pastikan alas yang kamu pijak tidak licin.
  • Jika otot terasa sakit saat berenang, ibu dapat berjalan (bukan berenang) ke ujung kolam yang dangkal dan beristirahat.
  • Minumlah segelas air sebelum berenang dan segelas setelah berenang. Pastikan ibu cukup minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.


Ibu bisa meminta saran kepada dokter terlebih dahulu sebelum mulai rutin berenang. Kini ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk menanyakan pendapat mengenai berenang untuk ibu hamil. Tanpa perlu keluar rumah, ibu dapat berdiskusi dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Ibu juga dapat membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.