• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Vaksin Flu pada Pasien Diabetes, Jantung, dan Lansia

Manfaat Vaksin Flu pada Pasien Diabetes, Jantung, dan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Manfaat Vaksin Flu pada Pasien Diabetes, Jantung, dan Lansia

Halodoc, Jakarta - Flu adalah penyakit yang umum terjadi sepanjang tahun, terutama selama musim pancaroba. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini akan menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu tergolong sebagai penyakit yang penularannya sangat mudah, terutama selama 3 hingga 4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Flu atau influenza adalah infeksi saluran pernapasan yang tidak bisa dianggap sepele. Penyakit ini nyatanya bisa menyebabkan komplikasi serius, terutama pada anak kecil, lansia, dan orang yang mengidap penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan HIV.

Untuk mencegah flu, metode yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan mendapatkan vaksin flu. Control for Diseases Control and Prevention (CDC) juga merekomendasikan agar setiap orang yang berusia 6 bulan harus menerima vaksin, terutama lansia, dan mereka yang mengidap diabetes dan penyakit jantung juga perlu mendapatkan vaksin flu. Lantas, mengapa lansia, pengidap diabetes, dan penyakit jantung perlu mendapatkan vaksin? Ketahui alasannya berikut!

Baca juga: Flu Vs COVID-19, Mana yang Lebih Berbahaya?

Vaksin Flu untuk Pengidap Diabetes

Orang dengan diabetes (tipe 1, tipe 2, atau kehamilan), bahkan mereka yang selalu menjaga kadar gula darahnya dengan baik, juga tetap berisiko tinggi mengalami komplikasi akibat flu. Pneumonia, bronkitis, infeksi sinus, dan infeksi telinga akut adalah contoh komplikasi yang bisa dialami pengidap diabetes yang terserang influenza. Dalam beberapa musim terakhir, sekitar 30 persen orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu yang dilaporkan ke CDC merupakan pengidap diabetes.

Flu juga dapat memperburuk masalah kesehatan kronis, seperti diabetes. Ini karena diabetes bisa membuat daya tahan tubuh menjadi kurang efektif dalam melawan infeksi. Selain itu, penyakit ini dapat membuat pengidapnya jadi lebih sulit mengontrol gula darah. Flu dapat meningkatkan kadar gula, tetapi terkadang orang tidak ingin makan saat mereka sakit dan nafsu makan yang berkurang dapat menyebabkan kadar gula darah turun. Jadi, penting bagi pengidap diabetes untuk mengikuti pedoman yang dianjurkan dokter dan mendapatkan vaksin flu untuk mencegahnya.

Baca juga: Hati-Hati, Penyakit Flu Bisa Jadi Sangat Berbahaya

Vaksin Flu untuk Pengidap Penyakit Jantung

Di antara orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu selama musim influenza 2018-2019, penyakit jantung adalah salah satu kondisi kronis yang paling sering terjadi. Selain itu, sekitar setengah (47,2 persen) orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena flu pada musim itu juga mengidap penyakit jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa flu dikaitkan dengan peningkatan serangan jantung dan stroke. Risiko serangan jantung akan meningkat menjadi 10 kali dan 8 kali risiko serangan stroke lebih tinggi dalam tiga hari setelah infeksi flu dikonfirmasi. Oleh karena itu, vaksinasi flu sangat penting untuk mereka. Vaksinasi telah dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari beberapa kejadian jantung di antara orang dengan penyakit jantung, terutama di antara mereka yang pernah mengalami gangguan jantung dalam setahun terakhir.

Vaksin Flu untuk Lansia

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mereka yang berusia 65 tahun ke atas berisiko tinggi mengalami komplikasi serius akibat flu dibandingkan dengan orang dewasa muda yang sehat. Ini karena pertahanan kekebalan manusia menjadi lebih lemah dengan bertambahnya usia. Lansia 65 tahun ke atas akan mengalami gejala penyakit flu yang lebih parah.

Menurut CDC, dalam beberapa tahun terakhir, misalnya, diperkirakan bahwa antara sekitar 70 persen dan 85 persen kematian terkait flu musiman terjadi pada orang berusia 65 tahun ke atas. Selain itu, antara 50 persen hingga 70 persen rawat inap terkait flu musiman terjadi di antara orang-orang di kelompok usia ini. Jadi, influenza sering kali cukup serius untuk lansia 65 tahun ke atas, sehingga vaksin flu bisa menjadi solusi tepat bagi mereka untuk terhindar dari influenza dan segala bentuk komplikasinya.

Karena perubahan terkait usia memengaruhi sistem kekebalan tubuh lansia, mereka juga mungkin tidak menanggapi vaksinasi sebaik orang yang lebih muda. Oleh karena itu, mereka perlu mendapatkan vaksin yang telah dirancang khusus untuk orang berusia 65 tahun ke atas.

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

Jadi, orang dengan diabetes, penyakit jantung, dan para lansia adalah kelompok orang yang paling membutuhkan vaksin flu. Jika kamu memiliki kondisi tersebut, tak perlu bingung mencari tempat untuk mendapatkan vaksin flu, karena kini kamu mendapatkan vaksin flu lewat Halodoc.

Vaksin flu dari Sanofi kini bisa didapatkan melalui fitur Buat Janji dengan Rumah sakit di aplikasi Halodoc. Caranya pun mudah dan tak banyak memakan waktu. Kamu hanya hanya perlu memilih menu Buat janji Rumah Sakit di aplikasi Halodoc dan kemudian pilih layanan Vaksin Dewasa atau Vaksin Anak.

Setelah itu, kamu bisa memilih lokasi di Rumah Sakit Mitra Keluarga yang paling dekat dari rumahmu dan memilih sendiri jadwal yang sesuai. Kemudian, kamu akan diminta memasukkan beberapa detail informasi pribadi dan memilih metode pembayaran. Dalam beberapa saat, rumah sakit pun akan segera mengonfirmasi jadwal vaksinasi untuk kamu.

Kamu juga tak perlu ragu karena vaksin flu dari Sanofi di Halodoc memiliki harga yang terjangkau. Kamu juga bisa mendapatkan potongan harga sebesar 50 ribu rupiah tanpa minimal transaksi. Kamu hanya perlu memasukkan kode voucher VAKSINFLU saat melakukan pembayaran di aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, segera jadwalkan vaksin flu melalui aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Control for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. Flu and Heart Disease & Stroke.
Control for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. Flu and People with Diabetes.
Control for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. People 65 Years and Older & Influenza.
Mayo Clinic. DIakses pada 2020. Flu Shot: Your Best Bet for Avoiding Influenza.
Mayo Clinic. DIakses pada 2020. Flu Shots: Especially Important If You Have Heart Disease.
National Health Services UK. Diakses pada 2020. Who Should Have the Flu Vaccine?