• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi pada Anak Anjing

Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi pada Anak Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi pada Anak Anjing

Halodoc, Jakarta - Ada beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak anjing. Ketika anak anjing sakit, masalah kesehatan tersebut bisa datang lebih cepat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, daripada anjing dewasa. Itulah sebabnya penting untuk bisa mengenali tanda dan gejalanya. 

Lantas, apa saja masalah kesehatan pada anak anjing yang umum terjadi dan perlu diwaspadai? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Berbagai Masalah Kesehatan Umum pada Anak Anjing

Ketimbang anjing dewasa, beberapa masalah kesehatan berikut ini lebih rentan terjadi pada anak anjing:

1.Parvo

Parvovirus (umumnya dikenal sebagai parvo) adalah virus yang sering menyerang anak anjing. Terutama jika mereka belum mendapatkan semua vaksinasi. Gejala infeksi parvo termasuk diare berdarah, muntah, lesu, dan kehilangan nafsu makan. 

Anak anjing yang terserang infeksi parvo perlu diperiksa oleh dokter hewan secepatnya agar dapat diobati dengan obat yang tepat. Kemungkinan anak anjing juga perlu menjalani rawat inap intensif. Meski semua ras anjing berisiko, ada beberapa ras yang cenderung lebih rentan terinfeksi parvo, seperti Rottweiler, Doberman pinscher, dan American pit bull terrier.

2.Distemper

Distemper juga dapat menyerang anak anjing, dan bahkan anak anjing yang sembuh dapat mengalami kerusakan saraf permanen. Masalah kesehatan ini adalah salah satu yang paling umum terjadi. Mendapatkan vaksinasi dapat menurunkan risiko terserang distemper.

Gejala distemper termasuk diare berwarna kuning, kesulitan bernapas, dan kehilangan nafsu makan. Anak anjing mungkin juga mengalami kejang atau tampak lebih lemah atau kurang terkoordinasi dari biasanya. Distemper bisa berakibat fatal, tetapi anjing yang menerima perawatan segera dan pemiliknya yang berdedikasi untuk merawatnya hingga sembuh dapat pulih.

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

3.Batuk Kennel

Batuk kennel ditandai dengan gejala batuk yang parah. Penyakit ini sangat menular, sehingga kamu harus waspada jika memiliki lebih dari satu anak anjing di rumah. 

Dalam kebanyakan kasus, batuk kennel dapat membaik dengan nutrisi dan kebersihan yang baik. Dokter hewan biasanya meresepkan obat untuk meredakan gejala batuk nonproduktif yang persisten. Antibiotik biasanya tidak diperlukan kecuali pada kasus kronis yang parah.

4.Muntah

Muntah bisa menjadi tanda penyakit serius bagi anak anjing. Anjing mungkin memerlukan perawatan dokter hewan, pada beberapa kasus. Hal ini tergantung pada kebiasaan anak anjing dan berapa lama bertahan.

Misalnya, pada anak anjing muntah karena memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, kamu bisa melakukan tindakan mandiri untuk membantunya makan lebih lambat. Namun, jika anak anjing muntah selama dua hari atau lebih, kunjungan ke dokter hewan diperlukan.

5.Diare

Diare pada anak anjing bisa menjadi salah satu gejala penyakit serius. Virus seperti distemper dan parvo, cacingan, atau hanya makan yang salah (seperti masuk ke tempat sampah) dapat menjadi penyebab diare.

Kunci untuk mengetahui apakah diare itu darurat atau tidak adalah dengan memeriksanya. Jika kamu melihat tinja berwarna hitam dengan konsistensi seperti teh, darah, atau bau busuk, hubungi dokter hewan.

Kamu juga harus menghubungi dokter hewan jika anjing mengalami muntah, disertai sakit parah, demam, kehilangan nafsu makan, atau lesu.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

6.Kutu

Kutu adalah salah satu masalah kesehatan pada anak anjing yang dapat sangat menjengkelkan. Rasa gatal adalah tanda pertama bahwa anak anjing mungkin terkena kutu. Namun, kamu juga perlu memeriksa bulunya untuk mencari jejak kutu. 

Mempelajari kutu penting bagi setiap pemilik anjing. Sebaiknya pahami siklus hidup kutu, cara mencegahnya, dan cara mengeluarkannya dengan aman dari anak anjing.

Itulah beberapa masalah kesehatan pada anak anjing yang umum terjadi. Jika anak anjing kamu mengalami gejala penyakit apapun, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya dengan dokter hewan, kapan dan di mana saja.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 7 Common Puppy Diseases You Should Know.
Pet MD. Diakses pada 2021. 6 Common Illnesses to Watch for in Puppies.