• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masalah Kesehatan yang Paling Umum Dialami Kucing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masalah Kesehatan yang Paling Umum Dialami Kucing

Masalah Kesehatan yang Paling Umum Dialami Kucing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 28 Desember 2021
Masalah Kesehatan yang Paling Umum Dialami Kucing

“Tidak hanya manusia, kucing juga rentan mengalami banyak masalah kesehatan, terlebih jika kamu tidak merawat dan menjaga kesehatannya dengan baik. Ketahui apa saja masalah kesehatan kucing yang paling umum.”

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa masalah kesehatan hewan yang memang rentan menyerang kucing, baik anak kucing maupun kucing dewasa. Biasanya, munculnya penyakit pada kucing terjadi karena berbagai hal, termasuk kondisi kesehatan fisik, usia, makanan yang diberikan hingga kesehatan mentalnya. 

Jadi, tidak berbeda dengan berbagai jenis hewan peliharaan lainnya, kucing pun bisa terserang penyakit. Baik penyakit ringan hingga masalah kesehatan yang serius maupun membahayakan nyawa. Lalu, apa saja masalah kesehatan kucing paling umum menyerang? Berikut beberapa di antaranya: 

  • Diabetes

Ternyata, kucing juga bisa terserang diabetes, lho! Biasanya, ini karena kucing tidak banyak bergerak atau diberi makan karbohidrat. Pasalnya, tidak seperti anjing, kucing sebenarnya tidak membutuhkan asupan karbohidrat. Jadi, sebaiknya kamu tidak memberikan makanan pada kucing seperti makanan yang kamu makan, terutama nasi. 

  • Kutu

Saat kutu bersarang pada tubuh kucing, kamu akan melihat adanya hewan kecil berwarna coklat tua dengan ukuran yang bervariasi, bisa kecil hingga besar seukuran biji wijen. Sementara telur kutu akan terlihat seperti bintik berwarna kehitaman dan melekat pada bulu kucing yang dekat dengan bagian akarnya. 

Sudah pasti, kehadiran kutu akan membuat kucing menjadi tidak nyaman dengan rasa gatal yang muncul. Kulit tubuhnya pun rentan memerah karena efek iritasi, bulu rontok, hingga meningkatkan risiko masalah infeksi kulit. Bahkan, parasit pada kucing satu ini bisa memicu anemia apabila tidak ditangani dengan baik. 

  • Cacingan

Cacingan pada kucing terjadi karena cacing pita yang hidup dan berkembang biak pada usus kecil kucing. Parasit ini bahkan bisa tumbuh hingga 60 sentimeter. Ketika kucing mengalami cacingan, gejala yang terjadi biasanya muntah, penurunan berat badan secara signifikan, dan terdapat cacing berwarna putih pada kotoran kucing. 

  • Infeksi Cacing Hati

Infeksi cacing hati terjadi melalui perantara nyamuk yang telah terinfeksi sebelumnya. Cacing hati diketahui menjadi penyebab masalah kesehatan yang terjadi pada kucing, terlebih jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Jadi, jika kamu tinggal di kawasan yang rawan nyamuk dan memelihara kucing, selalu jaga kebersihan, dan pastikan rumah bebas nyamuk, ya!

  • Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Feline Immunodeficiency Virus atau FIV menjadi jenis infeksi virus yang sangat umum terjadi pada kucing. Bahkan, infeksi satu ini sering kali terlambat penanganan karena tak adanya gejala hingga beberapa tahun kemudian. Meski perkembangannya lambat, FIV bisa mengakibatkan pelemahan pada imunitas kucing. 

Alhasil, kucing pun rentan mengalami infeksi sekunder. Selain itu, ada pula infeksi virus Feline Leukemia Virus atau FelV. Tak banyak perbedaannya, jenis infeksi tersebut juga mengakibatkan kekebalan tubuh kucing melemah bahkan kehilangan nyawa. 

Menjaga Kesehatan Kucing dengan Baik

Jadi, menjaga kesehatan kucing tentu menjadi hal yang wajib kamu lakukan, cara mudahnya adalah menjaga kebersihan kuku, gigi, mulut, dan bulunya. Pasalnya, bagian tubuh kucing tersebut berperan terhadap kesehatan kucing secara menyeluruh. Rutinlah memandikan kucing, memotong kukunya, dan membersihkan gigi serta telinganya.

Lalu, pastikan pula kucing kesayangan makan dengan teratur, setidaknya sebanyak dua kali dalam sehari. Porsi tersebut cukup untuk takaran kucing dewasa. Tidak kalah pentingnya, pastikan jenis pakan yang kamu berikan telah mencukupi kebutuhan nutrisi yang diterima kucing, baik kucing dewasa maupun anakan. 

Apabila kamu memiliki keluhan seputar kesehatan kucing, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan atau memanfaatkan fitur pharmacy delivery untuk membeli obat yang diresepkan oleh dokter tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari mana saja dan kapan saja. 

Referensi: 

roplan.co.id. Diakses pada 2021. Menjaga Kucing Dewasa Sehat dan Bahagia.
ASPCA. Diakses pada 2021. Common Cat Diseases.