Masih Ada Sisa Libur, Coba 6 Kegiatan Seru nan Bermanfaat Ini

masih-ada-sisa-libur-coba-6-kegiatan-seru-dan-bermanfaat-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Libur lebaran merupakan momen yang paling dinanti-nantikan bukan hanya oleh anak-anak sekolah atau mahasiswa, tapi juga oleh para pekerja. Hal ini karena saat libur lebaran, kamu bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar sekaligus berlibur! Namun, libur lebaran biasanya berdurasi cukup panjang.

Apalagi bagi anak sekolah dan mahasiswa yang liburannya bisa berminggu-minggu, bahkan mencapai hitungan bulan. Nah, biar enggak bosan, intip 6 kegiatan liburan yang bermanfaat dan seru di sini.

Liburan merupakan waktu di mana kamu bisa menyegarkan kembali tenaga dan pikiran setelah sibuk melakukan rutinitas sekolah atau bekerja selama ini. Sah-sah saja sih bila kamu ingin mengisi waktu liburan dengan bersantai dan bermalas-malasan.

Namun, alangkah baiknya bila kamu juga menggunakan waktu luang yang banyak tersebut untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat, seperti mencoba hal baru, mengerjakan sesuatu yang tidak pernah sempat untuk dilakukan di waktu-waktu biasa karena kesibukan ataupun sekedar mencari inspirasi untuk rencana hidup ke depan.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

1. Pergi ke Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi

Enggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk berlibur, jalan-jalan di dalam kota saja juga seru, lho. Apalagi Jakarta biasanya sepi saat libur lebaran karena banyak orang yang mudik atau pulang kampung. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, seperti museum, taman bermain, water park, dan lain-lain. Pastikan kamu mencari informasi terlebih dahulu ya mengenai tempat wisata yang akan kamu kunjungi, mulai dari waktu operasionalnya sampai kendaraan umum untuk menuju ke sana.

Baca juga: 4 Rekomendasi Tempat Liburan 2019 Paling Sehat

2. Melakukan Hobi

Libur lebaran merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk mengembangkan hobi yang selama ini tertunda karena kesibukan. Kamu bisa mulai berlatih musik lagi, mencoba memasak menu makanan yang baru, menyelesaikan jahitan yang tertunda, berkebun, mereparasi barang-barang elektronik, dan lain-lain.

3. Mendekorasi Ulang Rumah

Mendekorasi ulang rumah bisa menjadi pilihan kegiatan liburan yang bermanfaat dan seru, lho. Dengan mendekorasi ulang rumah, seperti mengganti warna cat kamar, mengubah tata letak furniture, membereskan barang-barang, dan membuang yang sudah tidak diperlukan, mood kamu pun akan menjadi lebih baik karena puas melihat rumah menjadi lebih rapih dan indah.

4. Melakukan Kegiatan Sosial

Apabila kamu adalah tipe orang yang aktif dan sangat suka bersosialisasi, bersantai-santai saja selama liburan kadang-kadang bisa terasa membosankan. Karena itu, cobalah ajak teman-teman kamu untuk mengadakan bakti sosial, misalnya membuat kegiatan sosial lainnya, seperti pergi berkunjung ke panti asuhan, membagi-bagikan makanan secara gratis kepada orang yang tidak mampu, dan lain-lain.

5. Mengatur Kotak Masuk Email

Kegiatan ini mungkin terdengar kurang menyenangkan, tapi mengorganisir kotak masuk e-mail juga bisa mengurangi stres, lho. Selain itu, hal ini juga akan membuat kotak masuk menjadi lebih rapi, sehingga memudahkan pekerjaan kamu di kemudian hari. Selain mengorganisir kotak masuk email, kamu juga bisa mengorganisir foto-foto di smartphone-mu.

6. Mengatur Ulang Jadwal Rutin

Walaupun tidak sama menyenangkan dengan membuat rencana liburan, tapi mengatur ulang jadwal rutin akan berguna untuk kegiatan kamu ke depannya, lho. Nah, kamu bisa mengatur kembali jadwal kunjungan ke dokter, melakukan perawatan kulit, dan lain-lain.

Baca juga: Keasyikan Liburan, Hati-Hati Post Holiday Blues

Nah, itulah beberapa ide kegiatan liburan yang bermanfaat dan seru untuk libur lebaran. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama lebaran. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.