Masuk Musim Penghujan, Ini Tips Agar Tubuh Tetap Fit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Masuk Musim Penghujan, Ini Tips Agar Tubuh Tetap Fit

Halodoc, Jakarta - Musim hujan telah tiba, konon katanya di musim ini tubuh lebih mudah terkena penyakit, salah satunya flu. Kok bisa? Banyak riset mengatakan, virus flu lebih cepat berkembang biak dan menyebar di suhu dingin. Nah, inilah alasan virus ini lebih mudah menular di musim hujan. 

Hal yang perlu diingat, bukan cuma flu saja permasalahan di musim hujan. Ada pula pilek, radang tenggorokan, tifus, hingga norovirus yang risikonya semakin meningkat di musim hujan.

Nah, pertanyaannya simpel, bagaimana mana sih tips agar tubuh tetap fit di musim hujan? Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya. 

Baca juga: Musim Hujan, Ketahui Penyebab Hidung Meler

  1. Jangan Asal, Mesti Asupan Bergizi Seimbang

Tips agar tubuh tetap fit di musim hujan, pertama-tama konsumsi makanan bergizi seimbang. Kira-kira kenapa harus bergizi seimbang? Jawabannya simpel. Apa yang kita makan akan mencerminkan kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Oleh sebab itu, terapkanlah gaya hidup sehat dengan memasukkan menu bergizi seimbang tiap harinya dalam menu harian. 

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Nah, untuk memperoleh gizi seimbang ini, kita perlu mengasup berbagai kelompok makanan yang berbeda. Apa saja? Idealnya makanan harus terdiri dari beragam jenis nutrisi, termasuk protein, lemak, serat, karbohidrat, mineral, dan vitamin. 

2. Pentingnya Olahraga

Tips agar tubuh tetap fit di musim hujan tak cukup hanya dengan asupan bergizi seimbang. Tiap makanan yang kita cerna mengandung kalori yang perlu dibakar, bukan hanya ditimbun. Nah, salah satu cara membakarnya tentu dengan olahraga. 

Awas, timbunan lemak yang berlebih justru hanya membuat berat badan bertambah. Mau tahu akibatnya? Ingat, obesitas berkaitan erat dengan berbagai penyakit. Mulai dari diabetes, kolesterol, hingga risiko penyakit jantung.

Manfaat olahraga tak cuma itu saja. Di musim hujan kita memerlukan antibodi yang prima. Nah, salah satu caranya bisa dengan berolahraga secara teratur. 

Ternyata olahraga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara. Kondisi Ini bisa mengurangi kemungkinan terkena flu ataupun penyakit lainnya.

Di samping itu, olahraga menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih. Sel darah putih ini pasukan dalam sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit. Dengan olahraga, antibodi atau sel darah putih ini bersirkulasi lebih cepat, sehingga mereka dapat mendeteksi penyakit lebih awal daripada sebelumnya. 

Nah, manfaat-manfaat olahraga di atas inilah yang bisa membuat tubuh tetap fit di musim hujan. 

Baca juga: Inilah 6 Olahraga Pilihan saat Musim Hujan

3. Sempurnakan dengan Isitrahat

Meski terakhir, tetapi tak kalah pentingnya. Istirahat yang cukup merupakan tips agar tubuh tetap fit di musim hujan yang bisa kita coba. Ingat, tidur yang cukup amat membantu sistem kekebalan tubuh. Mau bukti? Menurut ahli dari Universitas Tübingen, Jerman, tidur malam yang berkualitas bisa meningkatkan kinerja se-sel kekebalan tubuh yang dikenal dengan sel T. 

Sel T sendiri merupakan sel kekebalan tubuh yang melawan patogen intraseluler. Misalnya sel yang terinfeksi virus, seperti flu, HIV, herpes, dan sel kanker. Singkat kata, sel T memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari beragam penyakit. 

Awas, Flu Mengintai di Penghujan

Meski virus flu di negara kita bisa menyerang seseorang kapan saja dan di mana saja, tapi ada satu situasi yang mesti diwaspadai. Situasi tersebut tidak lain adalah musim pancaroba. Di masa ini, sistem imun tubuh terhadap penyakit atau virus menjadi berkurang. 

Salah satu faktornya karena perubahan cuaca dan temperatur yang akan memengaruhi daya tahan tubuh. Tak cuma itu, konon katanya di musim penghujan pun tubuh lebih gampang terserang penyakit, contohnya flu. 

Baca juga: Ini Alasan Badan Mudah Sakit saat Musim Hujan 

Lalu, bagaimana sih cara agar tubuh tetap fit dan terhindar dari flu di musim hujan? 

  1. Jaga kebersihan tangan, cucilah tangan secara teratur, apalagi setelah menggunakan fasilitas umum. Gunakan sabun, bila perlu  hand-sanitizer berbahan dasar alkohol. 

  2. Jangan sekali-kali menyentuh mata, hidung, atau mulut bila tangan dalam keadaan kotor atau belum mencuci tangan.

  3. Konsumsi makanan dan minuman yang meningkatkan sistem imun. Seperti brokoli, jahe, almond, bawang putih, jus jeruk atau jus tomat. 

  4. Bila diperlukan, konsumsi suplemen atau vitamin yang bisa memperkuat sistem imun. Misalnya, vitamin C.

  5. Vaksin influenza secara rutin sebanyak satu tahun sekali setiap tahun. 

  6. Gunakan masker saat bepergian, terutama di tempat-tempat umum atau bila beraktivitas bersama orang yang mengidap flu. 

  7. Kenakan masker bila mengidap flu untuk mencegah penularan ke orang lain.

  8. Jangan berbagi peralatan pribadi atau makanan dengan orang lain. Contohnya, gelas atau botol minum.

  9. Bersihkan secara teratur benda yang sering disentuh dengan cairan disinfektan. Contohnya, laptop atau handphone.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2019. Healthy Habits to Help Prevent Flu.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases and Conditions. Influenza (Flu).
MedlinePlus. Diakses pada 2019. Exercise and Immunity
AsiaOne.Diakses pada 2019. Ways to Stay Healthy and Flu-Free This Rainy Season