Mata Juling Bisa Terjadi di Usia Dewasa?

mata juling, operasi mata juling

Halodoc, Jakarta - Istilah mata juling atau strabismus adalah kelainan pada mata yang menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kedudukan bola mata, sehingga kedua bola mata tidak mampu melihat ke satu arah objek secara bersamaan. Kondisi ini membuat salah satu mata tetap lurus sementara mata yang lain mengarah ke arah yang berbeda. Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika penderitanya sedang membawa kendaraan maka hal ini dapat menimbulkan bahaya.

 

Meski pada umumnya, mata juling pertama kali ditemui pada anak-anak, tapi pada beberapa kasus kondisi ini juga dapat ditemui pada orang dewasa. Faktor penyebabnya pun belum diketahui secara pasti, namun para peneliti berkeyakinan bahwa hal ini berkaitan dengan sistem saraf yang bertanggung jawab akan kontrol otot mata, tumor tertentu, benturan pada kepala atau penyakit mata yang lain. Apabila dibiarkan, mata juling dapat memicu penglihatan ganda, sakit kepala, dan bahkan kebutaan.

Baca juga: 4 Pertanyaan Seputar Mata Juling

 

Pengobatan Mata Juling

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengobati mata juling adalah dengan melakukan penguatan otot mata. Beberapa kasus, kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata atau penutup mata agar kerja sisi mata yang lemah akan lebih maksimal.

 

Apabila kedua cara tadi tidak memberikan perbaikan seperti yang diharapkan, prosedur operasi mata juling pun menjadi langkah yang tepat. Akan tetapi, sebelum menjalani prosedur ini, ada baiknya agar kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko yang mungkin dapat terjadi. Sebab secara umum, tindakan operasi apa pun akan memiliki risiko perdarahan dan infeksi. Khusus untuk operasi mata juling, risiko ini sebetulnya jarang sekali terjadi. Namun, yang mungkin terjadi yaitu penglihatan ganda atau kerusakan mata yang bersifat permanen.

 

Menurut pengakuan Dr James McDonnell, seorang ahli mata dari Loyola University Medical Center, pengobatan mata juling pada orang dewasa bukanlah hal yang mustahil. Selama ia menjalani pekerjaannya, ia telah melakukan banyak operasi mata juling pada pasien balita hingga orang dewasa. Ia juga mengaku bahwa setengah dari jumlah pasien yang ia bedah adalah orang dewasa.

 

Untuk membetulkan mata juling pada orang dewasa, Dr McDonnell pun mengaku menggunakan teknik yang berbeda dari yang diterapkan pada pasien anak. Namun pada intinya tetap sama, yakni bertujuan untuk membetulkan otot yang mengatur pergerakan bola mata. Selain itu, ternyata tidak semua pasien mata juling akan harus dilakukan pembedahan. Metode seperti suntik botox (botulinum toxin) yang akan melemahkan bagian otot yang terlalu kuat tertentu juga dapat menjadi cara yang tepat untuk mengembalikan keseimbangan mata.

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

 

Jika salah satu kerabat atau orang terdekat tiba-tiba mengalami kondisi mata juling, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar dapat diketahui cara tepat menyembuhkannya. Kini kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk menanyakan seputar mata juling. Dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video/Voice Call atau Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google play!