• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mata Sering Sakit saat Berkedip, Ini Cara Mengatasinya

Mata Sering Sakit saat Berkedip, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mata Sering Sakit saat Berkedip, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang menyebabkan mata terasa sakit saat berkedip. Mata terasa sakit saat berkedip dapat terjadi di seluruh mata atau di daerah tertentu saja, seperti sudut mata atau di kelopak mata. Umumnya, mata sakit saat berkedip jarang disebabkan oleh kondisi serius dan dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan pengobatan sederhana. 

Namun, kamu tetap harus waspada bila sakit mata yang kamu alami disertai dengan gejala lain. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius dan memerlukan perhatian medis darurat.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mengatasi Mata Sakit saat Berkedip

Perawatan sakit mata saat berkedip bisa berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Berikut cara mengatasi sakit mata saat berkedip sesuai penyebabnya, yaitu: 

1. Cedera Mata

Kotoran yang masuk ke mata dapat melukai mata atau rongga mata sehingga menimbulkan nyeri saat berkedip. Goresan pada permukaan mata (kornea) akibat menggosok atau menyentuh mata juga sering menjadi penyebab cedera mata. Cedera mata bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet berlebihan dari matahari atau kontak zat tertentu. 

Biasanya cedera mata ringan mudah diatasi dengan tetes mata untuk meredakan ketidaknyamanan dan mencegah infeksi. Penggunaan obat tetes juga bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, atau mengendurkan otot mata.

Dalam kasus luka bakar kimiawi, mata yang terkena harus segera dibilas dengan air dingin yang steril. Luka bakar yang serius memerlukan perawatan medis dan mungkin memerlukan pembedahan. Maka dari itu, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit terdekat

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah masalah mata yang cukup umum dan dapat membuat mata kamu sakit saat berkedip. Namun, masalah mata yang satu ini mudah diatasi dengan perawatan rumahan seperti menggunakan kompres dingin untuk meredakan iritasi, menggunakan tetes mata, dan menjaga kebersihan mata, serta menghindari alergen yang dapat memperburuk konjungtivitis. 

3. Bintitan

Mata bintitan menimbulkan sedikit nyeri saat kamu berkedip. Namun, kamu tidak usah terlalu khawatir, bintitan mudah diobati dengan menggunakan kompres hangat beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan. Hindari menggunakan riasan di sekitar mata yang bintitan atau menggunakan lensa kontak sampai bintitan hilang sepenuhnya. 

4. Infeksi Saluran Air Mata

Infeksi saluran air mata biasanya diobati dengan antibiotik. Dokter biasanya juga meresepkan obat tetes mata untuk membantu mengurangi gejala. Pada kasus yang jarang terjadi, pembedahan mungkin diperlukan.

Baca juga: 7 Penyakit Tak Biasa Pada Mata

5. Blepharitis

Blepharitis adalah suatu kondisi dimana tepi kelopak mata atas atau bawah mengalami peradangan. Kondisi ini membuat kelopak mata bisa menjadi perih dan menyebabkan nyeri saat berkedip. Blepharitis tidak mungkin disembuhkan, tetapi gejalanya bisa diredakan dengan menjaga kebersihan kelopak mata, kompres hangat selama 5-10 menit dan memijat kelopak mata dengan lembut untuk membantu sekresi minyak.

6. Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah munculnya luka pada kornea akibat infeksi virus, jamur atau bakteri. Tergantung penyebabnya, ulkus kornea biasanya diobati dengan obat antibiotik, antijamur, atau antivirus. Menggunakan kompres dingin dan menghindari menggosok atau menyentuh mata akan membantu mengurangi gejala. 

7. Neuritis Optik

Neuritis optik terjadi ketika saraf optik meradang dan mengganggu transmisi informasi visual antara mata dan otak. Banyak kasus neuritis optik tidak memerlukan perawatan medis dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kasus yang persisten dapat diobati dengan steroid untuk mengurangi peradangan. Steroid bisa diberikan dalam bentuk suntikan maupun tablet.

8. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering biasanya dapat diobati dengan obat tetes mata dan anti radang yang dijual bebas. Beberapa perubahan gaya hidup juga membantu, seperti mengurangi menatap layar, banyak minum air putih, dan membatasi konsumsi kafein.

9. Keratitis

Kasus keratitis ringan diobati dengan obat tetes mata antibakteri. Kasus yang lebih parah mungkin memerlukan obat antibiotik untuk melawan infeksi. 

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Menyimpan Obat Tetes Mata

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mata kamu sakit saat berkedip. Sebelum mencoba perawatan tertentu, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Kamu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Eye Pain When Blinking: Causes, Treatments, and More.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Eleven causes of pain when blinking.