Mata Terasa Kering saat Memakai Makeup, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mata Terasa Kering saat Memakai Makeup, Apa Penyebabnya?

Halodoc, Jakarta - Mata adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, mata juga menjadi faktor ketika seseorang ingin terlihat cantik. Berbagai produk kecantikan seperti eyeshadow, eyeliner, maskara, hingga bulu mata palsu dikenakan agar mata terlihat lebih cantik. Walau begitu, ternyata hal tersebut dapat menyebabkan mata kering saat memakai makeup.

Mata kering juga dapat disebabkan karena tidak membersihkan makeup hingga benar-benar bersih ketika akan tidur. Sisa dari makeup tersebut akan masuk ke dalam kelopak dan membuat matamu terasa kurang nyaman saat berkedip. Penyebab lainnya mata kering saat mengenakan makeup adalah tertutupnya kelenjar meibom yang menghasilkan minyak untuk melindungi lapisan terluar mata.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Mata Kering Akibat Lensa Kontak

Masalah yang Disebabkan oleh Makeup pada Mata

Terdapat beberapa masalah pada mata yang dapat disebabkan oleh pemakaian makeup, yaitu:

  1. Kornea yang Tergores

Salah satu cedera yang paling serius yang dapat disebabkan oleh makeup adalah kerusakan pada kornea. Kamu mempunyai kemungkinan untuk menggaruk kornea di saat merias wajah dengan aplikator maskara atau eyeliner. Jika kerusakan terjadi, hal tersebut dapat menyebabkan abrasi kornea, yang dapat terinfeksi secara serius.

  1. Konjungtivitis

Masalah mata lainnya paling umum yang terkait dengan makeup adalah konjungtivitis atau mata merah muda. Meskipun sebagian besar makeup mengandung bahan pengawet yang dapat mencegah pembentukan bakteri, tetapi kemungkinan bakteri untuk berkembang pada makeup kamu tetap ada. Umumnya, hal ini terjadi karena makeup yang digunakan sudah kedaluwarsa atau tidak disimpan dengan baik.

  1. Reaksi alergi

Sering kali, reaksi alergi terhadap jenis riasan mata tertentu dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, pembengkakan mata, atau infeksi. Penting untuk memeriksa label makeup sebelum kamu membelinya, dan jika kamu menemukan reaksi alergi, selalu pastikan kamu menggunakan produk yang lain.

Baca Juga: 5 Trik Atasi Masalah Mata Kering Akibat Laptop

Cara Mencegah Masalah Mata yang Disebabkan oleh Makeup

Setelah kamu tahu dampak yang dapat disebabkan oleh makeup, terdapat beberapa cara untuk mengenakan makeup dan dapat tetap melindungi mata kamu dari masalah mata yang potensial. Hal-hal berikut ini akan membantu kamu untuk mengurangi risiko masalah mata yang berhubungan dengan makeup, yaitu:

  • Jangan pernah berbagi pakai, karena riasan mata kamu harus senantiasa menjadi milik kamu dan tidak pernah digunakan untuk orang lain. Penting untuk tidak membagikan makeup kamu untuk menghindari penyebaran bakteri, bahkan meskipun orang yang ingin meminjam adalah teman baik kamu sekalipun.
  • Oleskan eyeliner di bagian luar garis bulu mata, dengan mengoleskan eyeliner ke bagian luar garis bulu mata akan mencegah goresan pada mata atau kelopak mata kamu.
  • Pertajam pensil eyeliner kamu, pensil eyeliner yang tajam akan membuat garis yang dibuat menjadi lebih tepat. Setiap saat, pastikan pensil eyeliner kamu selalu diasah, sehingga dapat menghindari goresan yang menyakitkan di mata kamu.
  • Ganti riasan mata setiap tiga hingga empat bulan, hal tersebut untuk menghindari infeksi bakteri. Pastikan juga untuk selalu mengganti riasan mata kamu setiap tiga hingga empat bulan, dan hindari produk yang kedaluwarsa. Kamu dapat menyadar sudah waktunya untuk mengubah maskara kamu ketika mulai berbau atau mulai membentuk jamur.
  • Ganti riasan mata setelah terjadi infeksi mata. Jika kamu mengalami infeksi mata, pastikan untuk mengganti semua produk makeup mata kamu segera untuk menghindari penyebaran bakteri lebih banyak.
  • Jangan sekali-kali menggunakan makeup dalam kendaraan yang bergerak, bahkan jika kamu tidak mengemudi. Karena dengan menggunakan riasan mata di kendaraan yang bergerak tidak pernah menjadi sebuah ide yang baik. Jaga kedua mata di jalan, dan oleskan semua riasan kamu sebelum menginjakkan kaki di kendaraan.
  • Hapus riasan mata sebelum tidur. Lakukan hal tersebut meskipun mungkin kamu perlu waktu untuk menghilangkan semua makeup yang ada dan pastikan untuk menghapus semua yang melekat di wajah. Mata kamu sangat sensitif, dan bahkan titik terkecil maskara, eyeliner, atau eyeshadow dapat meresap ke sudut mata kamu dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Mata Kering Bisa Sebabkan Mata Minus, Benarkah?

Berikut adalah penyebab mata kering saat mengenakan makeup. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!