20 August 2017

Mau Langsing Tanpa Olahraga? Coba Trik Ini!

Mau Langsing Tanpa Olahraga, Coba Trik Ini!

Halodoc, Jakarta - Santapan khas lebaran seperti ketupat sayur, opor ayam, dan rendang memang sulit untuk ditolak. Belum lagi kue kering yang bisa kamu makan hampir setengah toples karena rasanya yang begitu lezat. Namun dibalik kelezatannya, makanan-makanan tersebut mengandung ribuan kalori yang sangat berpotensi mengacam berat badan kamu, lho!

Berat badan yang melonjak drastis ini jelas tak bisa dibiarkan. Sebab bukan hanya soal penampilan saja yang terancam, kesehatan tubuh pun demikian, bahkan dapat mengganggu ritme metabolime tubuh. Jika diet ketat terlalu berat untuk kamu, berikut ada tips jaga berat badan tanpa olahraga dan diet yang cukup mujarab. Yuk, sama-sama dicoba!

1.  Minum Banyak Air Putih
Menjaga berat badan terutama setelah lebaran ternyata semudah minum banyak air putih. Caranya, minum air putih sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas pada 30 menit sebelum makan. Peneliti asal Jerman membuktikan, konsumsi air putih seperti ini efektif membakar kalori hingga berat badan pun bisa turun lebih cepat. Pastikan kamu melakukannya minimal sehari sekali tanpa mengonsumsi minuman lain apalagi yang mengandung gula.

2.  Berjalan Kaki
Olahraga memang cukup memberatkan. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang sibuk setiap harinya. Opsi berjalan kaki bisa membuat kamu secara tidak langsung dapat menjadi tips jaga berat badan tanpa olahraga apalagi pergi ke tempat gym. Cobalah berjalan kaki ketika ingin pergi ke minimarket atau mencari makan siang di waktu istirahat. Lakukan tips ini secara bertahap untuk mencapai target 10 ribu langkah tiap hari. Kamu bisa gunakan pedometer atau alat penghitung langkah agar hitungan kamu lebih akurat.

3.  Tidur Lebih Cepat
Tidur yang nyenyak dan tepat waktu adalah salah satu kunci utama menjaga berat badan. Usahakan untuk tidur paling lambat pukul 11 malam. Sebab, terlambat tidur satu jam saja bisa membuat kamu menjadi lebih mudah lapar lalu cenderung tergoda untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Agar bisa tidur sesuai anjuran, biarkan cahaya dalam kamar redup, jauhi ponsel, dan pasanglah penyejuk ruangan. Cara tersebut dinilai akan sangat merelaksasi diri sehingga kamu pun cepat terlelap.

4.  Kunyah Makanan Secara Perlahan
Terdengar sepele, namun tips jaga berat badan tanpa olahraga ini patut dicoba karena terbukti secara ilmiah manfaatnya. Mengapa demikian? Dengan mengunyah makanan secara perlahan, proses makan menjadi lebih lama dan kamu akan merasa kenyang seketika. Kalau sudah begitu, otak pun refleks memerintahkan kamu untuk berhenti makan saat itu juga.

5.  Makan Sayur dan Buah
Selama menjaga berat badan, kamu bisa mengganti cemilan dengan banyak makan buah dan sayur. Menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi makanan sehari-hari, kenapa tidak? Dengan melakukan ini, pola makan kamu otomatis menjadi kaya akan vitamin, mineral, fitonutrisi, dan serat. Jadi tak ada lagi kesempatan bagi lemak untuk menimbun dalam tubuh.


Itulah kelima tips jaga berat badan tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Satu lagi hal penting yang juga patut kamu tanamkan dengan sungguh-sungguh adalah komitmen dan disiplin. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen dengan membelinya melalui smartphone dengan menggunakan fitur Apotik Antar dari Halodoc. Jika kamu mau tahu tips menjaga berat badan lainnya, tanyakan langsung pada dokter ahli gizi yang siap menjawab semua pertanyaan kamu selama 24/7 melalui aplikasi Halodoc. Jangan lewatkan kesempatan terbaik ini hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Google Play dan App Store!

BACA JUGA: Diet DASH Rahasia Langsing Setelah Lebaran