Komitmen Halodoc Terkait Data Pengguna

04 Agustus 2020

Halodoc, Jakarta - Di era digital, penggunaan ponsel dan internet yang kian masif perlu dibarengi dengan kesadaran akan pentingnya menjaga data pribadi.

 

Mengutip laman Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, melindungi data pribadi sangat penting untuk mencegah penipuan, perundungan daring, pencemaran nama baik, dan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, data pribadi juga merupakan aset bernilai tinggi di era big data dan ekonomi digital.

 

Hati-Hati Penipuan yang Mengatasnamakan Halodoc

Semua platform digital, termasuk yang di-install di ponsel, meminta beberapa data pribadi sederhana, seperti nomor ponsel, alamat surel, atau tanggal lahir, sebagai syarat untuk mendaftar atau membuat akun. Meski tujuannya untuk verifikasi data, kamu tetap perlu berhati-hati jika memberikan data pribadi lebih dari yang tersebut di atas, ya. 

 

Apalagi jika ada aplikasi maupun pihak yang sampai meminta nomor identitas, nomor rekening, kode OTP (One-Time Password), atau nama ibu kandung. Hal ini tentu saja untuk menghindari risiko penyalahgunaan data dan penipuan yang kian marak terjadi. 

 

Mengerti akan pentingnya keamanan data pribadi pengguna, Halodoc sebagai platform digital yang bergerak pada bidang kesehatan berkomitmen untuk selalu menjaga keamanan data pribadi pengguna. Halodoc juga tidak pernah bekerja sama dengan pihak yang tidak bertanggung jawab. 

 

Karena banyaknya modus penipuan melalui panggilan telepon yang mengatasnamakan Halodoc, dalam kesempatan ini, kami sampaikan bahwa:

  • Halodoc hingga saat ini TIDAK memiliki program penawaran asuransi DBD atau COVID-19 dengan biaya premi Rp29.000/bulan.
  • Halodoc TIDAK PERNAH meminta data pribadi pengguna berupa nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk), nomor rekening, kode verifikasi dan OTP, untuk kepentingan apapun. 

 

Jadi, harap waspada dan jangan pernah berikan data pribadi tersebut di atas pada pihak yang mengatasnamakan Halodoc.

 

Jika butuh bantuan terkait layanan Halodoc, nomor telepon resmi Halodoc adalah 021 3110 6999 atau +6285574677403. Lebih lanjut, kamu juga bisa menghubungi Halodoc lewat surel help@halodoc.com yang juga tertera di aplikasi Halodoc. Kami mengimbau para pengguna untuk dapat kembali meneliti nomor telepon yang digunakan jika ada tawaran asuransi atas nama Halodoc, jika perlu gunakan aplikasi identifikasi penelepon tambahan.

 

Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi

Seperti sudah dijelaskan tadi, menjaga keamanan data pribadi sangatlah penting, untuk menghindari penipuan dan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Perlu diketahui bahwa digital yang tepercaya biasanya tidak akan meminta data pribadi yang sifatnya sensitif, seperti data dan nomor KTP, NPWP, nomor rekening, atau nama ibu kandung.

 

Lalu, untuk menjaga keamanan data pribadi, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Jika dihubungi oleh pihak tidak dikenal, jangan sembarangan memberi data pribadi, seperti nomor KTP, nomor rekening, dan lainnya.
  • Jangan pernah memberikan kode OTP pada siapa pun. Ingatlah bahwa OTP adalah kata sandi atau kode rahasia, layaknya nomor PIN ATM kamu.
  • Bekali diri dengan banyak membaca berita tentang modus penipuan yang sedang marak. 
  • Jika perlu, unduh aplikasi pihak ketiga yang dapat mengidentifikasi nomor telepon sehingga kamu dapat mengetahui identitas penelpon.

 

Halodoc senantiasa berkomitmen untuk menjaga data pribadi penggunanya sesuai dengan Peraturan Kominfo Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi.