• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meditasi Bisa Jadi Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental

Meditasi Bisa Jadi Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Siapa saja bisa merasakan sedih dan putus asa. Kondisi ini merupakan hal yang wajar apabila ada penyebab kesedihan atau kekecewaan yang begitu mendalam. Namun, kondisi ini dapat menghilang beberapa hari dan tidak mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Berbeda dengan kesedihan dan putus asa yang disebabkan oleh adanya gangguan pada kesehatan mental. Kondisi ini dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama dan juga mengganggu aktivitas pengidapnya sehari-hari.

Baca juga: Cara Mudah untuk Mengelola Stres

Tidak hanya itu, gangguan pada kesehatan mental juga dapat berdampak pada gangguan fisik atau kondisi kesehatan mental yang semakin memburuk. Sama seperti gangguan pada fisik, gangguan pada mental pun dapat diatasi dan dilakukan pengobatan secara tepat. Mulai dari pengobatan secara medis hingga melakukan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan mental, salah satunya adalah meditasi. Tidak ada salahnya ketahui lebih banyak manfaat meditasi bagi kesehatan mental di sini.

Meditasi dan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental menjadi salah satu kondisi penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari lansia, orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Berbagai faktor dapat meningkatkan risiko seseorang alami gangguan pada kesehatan mental, seperti faktor ekonomi, mengalami kejadian traumatis, tekanan pekerjaan maupun pendidikan di sekolah, hingga adanya gangguan pada fungsi sel saraf otak.

Tidak ada salahnya menghindari gangguan pada kesehatan mental dengan melakukan berbagai pencegahan, seperti rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan istirahat, dan juga melakukan meditasi. Ya, kegiatan meditasi dinilai cukup efektif untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang ada dalam pikiran. Hal ini dapat membantu kamu untuk mencegah gangguan kesehatan mental.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Melansir Everyday Health, meditasi merupakan suatu kegiatan dimana seseorang akan menggunakan pikiran secara mendalam untuk berkonsentrasi. Meskipun ada banyak jenis meditasi yang bisa kamu lakukan, tetapi tujuan dari meditasi untuk membuat perasaan menjadi lebih tenang, memenuhi kedamaian batin, dan juga meningkatkan kesehatan mental.

Dengan melakukan meditasi, kamu akan lebih mudah untuk mengatur emosi sehingga dapat terhindar dari kondisi stres. Pada sebuah penelitian yang diterbitkan April 2018 pada jurnal Psychiatry Research mengatakan bahwa seseorang yang mengikuti kegiatan meditasi dapat mengelola stres dengan lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengikuti meditasi.

Lakukan Ini untuk Memulai Meditasi

Untuk melakukan meditasi, kamu tidak memerlukan peralatan seperti kamu melakukan yoga maupun olahraga lainnya. Berikut ini persiapan yang perlu kamu lakukan untuk memulai meditasi:

1.Tetapkan Waktu Terbaik untuk Meditasi

Sebaiknya tetapkan waktu terbaik dan tenang yang bisa kamu gunakan untuk melakukan meditasi. Lakukan meditasi dengan pikiran yang tenang dan tidak terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2.Lakukan dengan Nyaman

Saat akan melakukan meditasi, sebaiknya carilah posisi yang nyaman untuk kamu bermeditasi. Menggunakan pakaian yang nyaman juga menjadi hal yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan meditasi.

3.Fokus pada Pernapasan

Saat melakukan meditasi, sebaiknya fokus pada pernapasan. Nikmati setiap hembusan napas yang kamu keluarkan. Semakin kamu menikmati meditasi yang kamu lakukan, tentunya pikiran pun akan semakin tenang dan kamu dapat mengelola kesehatan mental dengan baik.

Baca juga: Ketahui Tips Hidup Bahagia Demi Kesehatan Jiwa

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk memulai meditasi. Jika meditasi dinilai tidak cukup efektif untuk membantu kamu mengelola stres maupun menjaga kesehatan mental, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog sebagai langkah penanganan awal terhadap gejala gangguan kesehatan mental. Penanganan lebih dini akan memudahkan pengobatan dan pemulihan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Is Mental Health?
Very Well Mind. Diakses pada 2020. What Is Mindfulness Meditation?
Everyday Health. Diakses pada 2020. How Meditation Can Improve Your Mental Health.