• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meditasi hingga Olahraga, Ini Cara Terhindar dari Stres Kerja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meditasi hingga Olahraga, Ini Cara Terhindar dari Stres Kerja

Meditasi hingga Olahraga, Ini Cara Terhindar dari Stres Kerja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Tekanan yang intens dalam pekerjaan menjadi penyebab utama seseorang mengalami stres kerja. Tak hanya menghindari multitasking, stres kerja bisa dihindari dengan melakukan meditasi dan olahraga.”

Meditasi hingga Olahraga, Ini Cara Terhindar dari Stres KerjaMeditasi hingga Olahraga, Ini Cara Terhindar dari Stres Kerja

Halodoc, Jakarta – Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stres kerja. Misalnya, tekanan pekerjaan, lingkungan kerja yang tidak kondusif, atasan yang tidak mendukung, hingga kerap melakukan lembur. Sayangnya, tak banyak pekerja yang menyadari bahwa kondisi ini bisa membuat hidup menjadi tidak sehat. 

Cara Terhindar dari Stres Kerja

Efek stres kerja bisa sangat beragam seperti halnya pemicunya. Contohnya, kamu menjadi lebih banyak makan untuk membuang stres yang kamu rasakan, mengonsumsi minuman tinggi gula atau mengandung alkohol, kurang tidur karena mengalami kecemasan berlebihan, kerap melewatkan jam makan, dan munculnya kebiasaan buruk seperti merokok. 

Pastinya, kondisi ini akan semakin berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu, coba lakukan cara berikut supaya terhindar dari stres kerja:

  1. Meditasi

Meditasi tidak hanya menyehatkan untuk fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Melalui meditasi, kamu bisa menjadi lebih rileks, tenang, dan merasa damai. Selama melakukan meditasi, kamu bisa berfokus pada bagaimana cara menenangkan pikiran dan membuang semua hal tidak penting yang membuat stres dan kepala terasa penuh. 

  1. Olahraga

Selain meditasi, stres kerja juga bisa dihindari dengan meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari. Ini akan membuat hidupmu lebih seimbang antara pekerjaan dan kesehatan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan setiap pagi sebelum bekerja selama 30 menit atau pergi ke pusat kebugaran setelah bekerja. 

  1. Berlibur

Cara lain yang banyak dilakukan pekerja saat mulai menunjukkan tanda stres kerja adalah mengajukan cuti dan pergi berlibur. Tidak harus bepergian ke tempat yang jauh, kamu bisa memanfaatkan waktu cuti untuk melakukan hobi, membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film serial favorit. 

  1. Kenali kemampuan diri

Tidak ada salahnya menunjukkan kepiawaian ketika bekerja, tetapi pastikan kamu tahu batas kemampuan diri sendiri. Menanggung beban kerja lebih banyak tidak apa jika dilakukan sesekali, tetapi apabila hal tersebut kerap kamu alami, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami stres kerja. 

Mengenali batas kemampuan diri sendiri dapat membantu kamu lebih mudah mengatur prioritas dan manajemen waktu. Jadi, kamu bisa memperkirakan berapa waktu yang kamu perlukan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab kerja setiap harinya. 

  1. Sebaiknya tidak multitasking

Melakukan banyak hal secara bersamaan atau multitasking juga menjadi penyebab terbanyak pekerja mengalami stres kerja. Pasalnya, melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Justru, hal ini akan membuat kamu sulit mendapatkan fokus dan lebih mudah mengalami distraksi, bahkan oleh hal kecil sekalipun. 

Supaya hal ini tidak terjadi, kamu bisa memulai bekerja dengan berfokus pada satu pekerjaan. Kerjakan secara teliti dan tidak terburu-buru. Jadi, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi terjadinya kesalahan ketika bekerja. 

Sesekali, tak ada salahnya melakukan tanya jawab dengan psikolog untuk membantu mengurangi stres kerja yang kamu alami. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara rutin, kamu bisa memanfaatkan Layanan Janji Medis yang ada di aplikasi Halodoc. Cek App Store atau Play Store untuk download aplikasi Halodoc di ponselmu. 

Referensi:
Verywell Mind. Diakses pada 2022. 9 Simple Ways to Deal With Stress at Work.
American Psychological Association APA. Diakses pada 2022. Coping with Stress at Work.
HelpGuide. Diakses pada 2022. Stress at Work.