• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meditasi untuk Atasi Depresi, Ini 3 Faktanya

Meditasi untuk Atasi Depresi, Ini 3 Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Depresi adalah gangguan kesehatan mental umum yang bisa muncul dalam berbagai cara. Pengidap depresi kronis akan mengalami gejala, seperti suasana hati umumnya murung yang tidak dapat dihilangkan. Atau kamu mengalami episode depresi berat beberapa kali dalam setahun. 

Terkadang, pengobatan depresi dapat bekerja dengan cukup cepat. Kamu mungkin perlu menemukan terapis yang handal, sukses dengan pengobatan, dan membuat perubahan gaya hidup yang membantu meringankan gejala. Apakah meditasi ampuh atasi depresi? Setidaknya dengan meditasi dapat membuat depresi lebih mudah ditangani. 

Baca juga: Teknik Meditasi Paling Efektif Selama Hamil

Bagaimana Meditasi dapat Mengatasi Depresi?

Meditasi dapat membantu kamu bagaimana mengelola depresi dengan lebih efektif. Cara ini juga dapat memudahkan kamu untuk memperhatikan emosi yang muncul. Jadi, ketiga kamu mulai mengalami pola pikir negatif atau menyadari semakin mudah tersinggung, kelelahan, atau kurang berminat pada hal-hal yang biasanya kamu sukai, kamu mungkin memilih fokus pada perawatan diri agar keadaan tidak bertambah buruk. Inilah fakta yang perlu ketahui mengenai meditasi untuk atasi depresi. 

  • Membantu Mengubah Respons Pemikiran Negatif

Depresi dapat melibatkan banyak pikiran negatif. Kamu mungkin merasa putus asa, tidak berharga, atau marah pada diri sendiri. In dapat membuat meditasi tampak akan berlawanan dengan intuisi, karena ini melibatkan peningkatan kesadaran di sekitar pikiran dan pengalaman. 

  • Membantu Mengelola Depresi

Meditasi tidak menyingkirkan pikiran-pikiran negatif atau berpura-pura tidak memilikinya. Sebaliknya, kamu justru akan memperhatikan dan menerimanya, lalu melepaskannya. Dengan cara ini, meditasi dapat membantu menghentikan siklus pemikiran negatif. 

  • Meditasi Didukung oleh Penelitian

Terapi kognitif berbasis kesadaran dan pendekatan psikoterapi yang menggabungkan praktik meditasi kesadaran, dapat membantu menurunkan kemungkinan depresi kambuh. Praktik meditasi membantu memperbaiki gejala depresi saat kamu terus memasukkannya ke dalam hidup. Dengan kata lain, meditasi lebih banyak manfaat sebagai praktik lanjutan dibandingkan perbaikan sementara. 

Baca juga: Teknik Meditasi Paling Efektif Selama Hamil

Jenis-jenis Meditasi untuk Mengatasi Depresi

Berikut ini panduan untuk beberapa jenis meditasi yang bisa dipelajari dan bermanfaat bagi penderita depresi.

  1. Loving-kindness Meditation: Meditasi ini berfokus pada penciptaan sikap cinta dan kebaikan terhadap diri sendiri dan orang lain. Umumnya orang yang mempraktikkan jenis meditasi ini memiliki depresi yang lebih sedikit, pandangan yang lebih positif, emosi negatif yang lebih sedikit, dan welas asih yang lebih besar. 
  2. Mindfulness Meditation: Metode meditasi ini dianggap sebagai “ibu” dari semua jenis meditasi. Banyak jenis meditasi lain yang berasal dari kesadaran, dan mungkin memiliki bukti paling ilmiah yang mendukung. 
  3. Mindfulness-based cognitive therapy: Ini adalah bagian dari meditasi kesadaran yang memadukan meditasi dengan terapi perilaku kognitif. Meditasi ini salah satu bentuk terapi yang paling banyak digunakan untuk atasi depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Meditasi dilakukan dengan berfokus pada perubahan pola pikir dan perilaku yang merusak diri. 
  4. Breath awareness meditation: Meditasi ini berupa komponen fundamental dari berbagai bentuk meditasi, terutama mindfull meditation. Mindfull meditation menggunakan objek pernapasan sebagai fokus untuk membantu pelatihan pikiran. Meditasi ini berfokus pada menghirup dan menghembuskan napas untuk dapat menghasilkan suasana hati yang positif. Dengan melakukannya 15 menit sehari, kamu akan mendapatkan manfaat yang diinginkan. 

Tidak ada yang bisa menyembuhkan depresi. Namun ketika kamu melakukan praktik meditasi ke dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin akan lebih mudah untuk menghapus pikiran-pikiran yang tidak diinginkan. Dengan begitu kamu dapat mencegah diri terjebak dalam spiral pikiran negatif yang seringkali membuat depresi semakin parah. 

Baca juga: 5 Tips Meditasi untuk Pemula

Meditasi mungkin akan lebih bermanfaat jika dikombinasikan dengan terapi. Jadi jangan ragu untuk berdiskusi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan panduan tentang keterampilan mengatasi depresi dan perawatan lainnya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Meditation Won’t Cure Your Depression, but It Can Be a Big Help
Health. Diakses pada 2020. 11 Types of Meditation That Can Help Treat Depression