20 April 2018

Melatih Anak Down Syndrome Menggunakan Toilet

Melatih Anak Down Syndrome Menggunakan Toilet

Halodoc, Jakarta — Merawat anak down syndrome tentu memerlukan tindakan yang berbeda dibandingkan dengan anak lainnya. Melatih anak down syndrome menggunakan toilet juga menjadi tantangan tersendiri. Orang tua harus memiliki kesabaran serta meyakini bahwa setiap anak berbeda dan akan bisa menggunakan toilet ketika mereka sudah siap. Namun, pelatihan berikut ini bisa membantu Ibu merawat anak down syndrome, terutama dalam menggunakan toilet.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membantu anak merasa nyaman duduk di toilet. Cobalah ajak anak melakukan rutinitas yang konsisten dengan duduk di toilet atau pispot pada waktu tertentu (misalnya setelah waktu makan). Ibu juga mungkin perlu membuat catatan kapan si anak biasanya perlu ke toilet selama seminggu atau lebih. Ini bisa membantu Ibu mengantisipasi saat-saat anak memerlukan toilet, sehingga Ibu bisa melatih mereka terbiasa menggunakan toilet pada waktu-waktu tersebut.

Jangan paksa anak melakukan buang hajat saat duduk di toliet. Namun, dorong mereka melakukannya. Agar tidak menjadi tekanan bagi anak, buatlah kegiatan ini menjadi menyenangkan. Misalnya, sambil bernyanyi atau membacakan cerita.

Setelah anak senang duduk di toilet, sekarang saatnya membantu mereka membuat koneksi antara kebutuhan pergi ke toilet dan duduk di toilet. Jika mereka berhasil pergi ke toilet saat ingin membuang hajat, pujilah mereka. Namun, cobalah untuk tidak menunjukkan kekecewaan jika mereka tidak melakukannya.

Melatih anak down syndrome menggunakan toilet tidak akan bisa terwujud dalam waktu semalam. Jadi penting agar ibu selalu bersabar. Merawat anak down syndrome dan melatih mereka sangat penting dilakukan agar bisa memiliki kehidupan mandiri di masa yang akan datang.

Jika kamu mengalami kesulitan merawat anak down syndrome, aplikasi Halodoc bisa menjadi sahabatmu. Para dokter terpercaya akan membantumu memberikan masukan. Kamu bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan voice/video call atau chat ya. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.