• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Memahami Fungsi dan Bagian Tulang Tengkorak

Memahami Fungsi dan Bagian Tulang Tengkorak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Memahami Fungsi dan Bagian Tulang Tengkorak

“Tulang tengkorak punya fungsi yang sangat penting, yaitu melindungi otak dari benturan. Selain itu, berbagai jenis tulang yang jadi bagian dari tulang tengkorak juga punya fungsinya masing-masing, termasuk membentuk struktur wajah. Oleh karena itu, penting untuk melindungi tulang ini.”

Halodoc, Jakarta – Setiap tulang di dalam tubuh manusia punya fungsinya masing-masing. Tak terkecuali tulang tengkorak yang melindungi salah satu organ penting, yaitu otak, dari benturan. Namun, fungsi dari tulang tengkorak tak hanya sebatas itu. 

Salah satu fungsi lainnya adalah membentuk struktur wajah sedemikian rupa. Meski terlihat simpel, tulang tengkorak sebenarnya tersusun dari berbagai bagian, yang terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu tulang kepala (kranium) dan tulang wajah. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Ini 5 Fungsi Tulang Kering untuk Tubuh

Struktur Tulang Tengkorak yang Melindungi Otak (Kranium)

Di bagian kepala, tulang tengkorak terbagi menjadi delapan jenis. Bentuknya ada yang pipih, dan ada pula yang tidak beraturan sehingga disebut tulang ireguler. Lebih rincinya, berikut ini jenis-jenis tulang tengkorak yang bagian kepala atau kranium:

  1. Tulang Frontal (Tulang Dahi)

Berbentuk pipih, tulang frontal dikenal juga dengan sebutan tulang dahi. Fungsi utama dari tulang ini adalah untuk melindungi otak, sekaligus menopang struktur kepala, termasuk rongga hidung dan mata.

  1. Tulang Parietal (Tulang Ubun-Ubun)

Tulang ini berjumlah dua, letaknya di kedua sisi kepala, dan menyatu di tengah-tengah dan tepat di belakang tulang frontal. 

  1. Tulang Temporal (Tulang Pelipis)

Sama seperti tulang parietal, tulang temporal juga berjumlah dua, masing-masing di sebelah kiri dan kanan tulang tengkorak dan tepat di bawah tulang parietal. Tulang yang juga disebut dengan nama tulang pelipis ini termasuk ke dalam kategori ireguler.

Fungsi dari tulang temporal adalah membantu membentuk struktur tengkorak dan melindungi otak besar, serta membran di sekitarnya. Selain itu, tulang ini juga terhubung dengan banyak otot penting, termasuk otot yang mendukung gerakan mengunyah dan menelan.

Baca juga: Penyebab 3 Kelainan Tulang Belakang

  1. Tulang Oksipital (Tulang Kepala Belakang)

Bentuknya pipih, tulang oksipital terletak di bagian paling belakang dari tulang tengkorak. Tulang ini memiliki sebuah lubang tempat lewatnya saraf tulang belakang, agar bisa terhubung ke otak. 

Fungsi lainnya dari tulang oksipital untuk melindunga bagian otak yang memproses penglihatan. Tulang ini juga berperan dalam mengatur pergerakan dan keseimbangan tubuh.

  1. Tulang Sphenoid (Tulang Baji)

Tulang ini terletak di bawah tulang frontal. Fungsinya adalah sebagai dasar bagi tulang tengkorak. Sama seperti tulang pelipis, tulang sphenoid juga berbentuk ireguler. Fungsi dari tulang ini adalah melindungi struktur otak dan saraf.

  1. Tulang Etmoid (Tulang Tapis)

Letak tulang etmoid adalah di depan tulang sphenoid. Fungsinya adalah sebagai bagian dari kumpulan tulang yang membentuk struktur rongga hidung. Rongga sinus yang ada di dinding tulang ini juga berfungsi penting. Salah satunya adalah memproduksi lendir untuk menangkap alergen berbahaya.

Baca juga: Masalah pada Tulang Belakang, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Bagian-Bagian Tulang Wajah

Tulang wajah juga merupakan bagian dari tulang tengkorak kepala. Berikut ini bagian-bagiannya:

  • Tulang pipi. Berbentuk seperti persegi panjang dan terletak tepat di bawah kedua mata. Bagian depannya lebih tebal dan bergerigi, yang berfungsi untuk menyatukan tulang wajah dan melindungi arteri, saraf, vena, dan organ di bawahnya.
  • Tulang rahang atas. Terdiri dari dua tulang maksila berbentuk piramida yang menyatu di bagian tengah, dan memisahkan rongga hidung dengan mulut. Fungsinya adalah untuk menegaskan bentuk wajah, tempat tumbuhnya gigi atas, serta mendukung proses mengunyah dan berbicara.
  • Tulang lakrimal. Terletak di rongga mata dengan bentuk persegi panjang. Fungsinya adalah sebagai bagian dari sistem produksi air mata.
  • Tulang hidung. Terletak di bagian tengah atas wajah, tepat di antara tulang dahi dan tulang rahang atas. Fungsinya adalah mengikat tulang rawan yang membentuk kontur hidung.
  • Tulang rahang bawah. Terdiri dari dua bagian, yaitu yang melengkung secara horizontal dan vertikal yang terhubung pada kedua sisi tubuh. Fungsinya adalah membentuk bagian bawah tengkorak, struktur gigi bawah, serta membantu pergerakan mulut.
  • Tulang palatina. Berbentuk seperti huruf L, dan terletak di bagian bawah tengkorak. Tulang ini merupakan “rumah” bagi saraf palatine yang berfungsi sebagai pemberi sinyak rasa sakit di gigi dan mulut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi tulang tengkorak berdasarkan bagian-bagiannya. Dapat diketahui bahwa tulang ini tersusun dari banyak bagian yang kompleks, tetapi punya masing-masing fungsi yang saling mendukung. 

Karena fungsinya begitu penting, kamu perlu menjaga dan memberi perhatian lebih pada tulang tengkorak. Salah satunya adalah dengan cara menghindari cedera kepala sebisa mungkin. Bila kamu mengalami cedera kepala, gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter atau segera ke rumah sakit terdekat jika parah, ya.

Referensi:
KenHub. Diakses pada 2021. Skull.
KenHub. Diakses pada 2021. Lacrimal Bone.
Teach Me Anatomy. Diakses pada 2021. Bones of the Skull.
Healthline. Diakses pada 2021. Cranial Bones Overview.