28 September 2018

Memakai Double Toning di Usia 20, Perlukah?

double toning, perawatan kulit, perawatan wajah,double toner

Halodoc, Jakarta – Merawat kesehatan dan kecantikan kulit adalah hal yang perlu dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, kulit menjadi salah satu aset penting yang dapat memengaruhi penampilan serta tingkat kepercayaan diri seseorang. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bisa dilakukan dengan rutin melakukan perawatan, terutama pada bagian wajah.

Belakangan ini, cara membersihkan wajah dengan metode double cleansing alias pembersihan ganda semakin banyak dilakukan. Metode pembersihan wajah yang satu ini sangat disarankan untuk orang-orang yang sering menggunakan riasan wajah alias make up. Double cleansing dipercaya sebagai cara terbaik untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan mengangkat sisa-sisa make up.

Sesuai namanya, double cleansing dilakukan dengan dua tahap pembersihan kulit. Dimulai dari dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak, lotion, balm, atau cairan pembersih khusus. Biasanya, pembersihan dilakukan dengan menggunakan kapas. Setelah selesai dengan tahap pertama, membersihkan wajah dilanjutkan dengan sabun pembersih dan dibilas dengan air.

Double cleansing disebut dapat membantu mengangkat sisa kotoran debu, make up, hingga tidak ada lagi kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Menyusul kesuksesan dan kepopuleran double cleansing, saat ini mulai dikenal istilah double toner atau double toning dalam perawatan kulit wajah. Apa itu?

Pada dasarnya, double toning hampir sama dengan double cleansing. Jika dalam double cleansing digunakan dua cara membersihkan wajah, dalam double toning, ada dua jenis toner atau toning yang dioleskan pada kulit. Toner adalah cairan yang berfungsi sebagai penyegar setelah mencuci wajah. Hanya saja, dalam metode double toning, kamu harus menggunakan dua jenis toner yang memiliki fungsi berbeda.

Double Toner di usia 20, Perlukah?

Salah satu metode dalam mengaplikasikan double toning adalah dengan menggunakan exfoliating toner dan hydrating toner. Kedua toner ini memiliki fungsi yang berbeda untuk kulit. Exfoliating toner memiliki kandungan khusus yang memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Alhasil, kulit menjadi terlihat lebih cerah, bersih, dan bebas dari bekas jerawat. Menjaga kebersihan kulit bisa membuat penyerapan skincare menjadi lebih baik sehingga perawatan kulit yang dilakukan menjadi maksimal.

Jenis toner ini digunakan untuk membantu proses pengelupasan dan pengangkatan sel kulit mati. Sebenarnya, kulit manusia memiliki kemampuan untuk melakukan proses ini secara alami. Namun seiring berjalannya waktu, proses tersebut biasanya berjalan lebih lambat sehingga penggunaan exfoliating toner bisa sangat membantu. Meski demikian, sebaiknya hindari terlalu sering menggunakan jenis toner yang satu ini, ya. Toner yang sifatnya mengelupas kulit tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Kamu bisa menggunakannya satu kali hingga dua kali saja dalam satu minggu, atau sesuai kebutuhan.

Biasanya, jenis toner ini tidak terlalu dibutuhkan kulit yang masih berusia 20 tahun. Sebab, umumnya kulit masih memiliki kemampuan membersihkan sel mati secara alami. Akan tetapi kembali lagi, sesuaikan penggunaan toner dengan kebutuhan. Rangkaian kedua yang biasanya digunakan dalam metode double toning adalah hydrating toner.

Hydrating toner yang dijual di pasaran memiliki nama lain, seperti calming toner, soothing toner, dan moisturizing toner. Kegunaannya adalah untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit setelah penggunaan exfoliating toner. Hasilnya, kulit akan terhindar dari kerusakan seperti kulit kering dan pecah-pecah. Jenis toner ini juga berperan dalam menyiapkan kulit untuk menerima skincare lain, seperti serum, face oil, hingga sleeping mask.

Perlu diingat, penggunaan dan pemilihan produk sebaiknya disesuaikan dengan usia dan kebutuhan kulit. Cari tahu lebih lanjut mengenai skincare yang dibutuhkan untuk kulit usia 20 tahun dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan kulit dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: