• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Memakai Makeup Mata Bisa Memicu Bintitan

Memakai Makeup Mata Bisa Memicu Bintitan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Makeup identik dengan wanita yang ingin terlihat lebih cantik dari biasanya. Berbagai macam alat kecantikan tersebut kebanyakan diaplikasikan ke wajah. Namun, tahukah kamu jika menggunakan makeup dapat memicu terjadinya bintitan? Gangguan tersebut dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman pada mata karena terjadi pembengkakan. Berikut pembahasan lebih jelasnya!

Makeup Dapat Menjadi Pemicu Bintitan

Bintitan atau disebut juga hordeolum, adalah terjadinya benjolan di tepi luar kelopak mata. Benjolan tersebut dapat berisi nanah dan sel-sel inflamasi yang diproduksi ketika kelenjar atau folikel mengalami sumbatan karena infeksi. Pembengkakan ini lembut saat disentuh, tetapi juga dapat menimbulkan rasa sakit. Gangguan ini dapat hilang dalam waktu 2 hingga 4 hari dan lebih cepat jika dilakukan pengobatan.

Bintitan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang kelenjar minyak atau folikel rambut di kelopak mata. Kelenjar dan folikel ini dapat mengalami sumbatan dengan sel kulit mati dan puing-puing lainnya. Terkadang, bakteri terperangkap di dalam dan menyebabkan infeksi yang akhirnya menimbulkan pembengkakan berupa benjolan dan nyeri yang akhirnya disebut dengan bintitan.

Baca juga: Jarang Disadari, Ini 5 Hal yang Bisa Bikin Mata Bintitan

Lalu, bagaimana cara makeup dapat menjadi pemicu bintitan?

Hal pertama yang dapat membuat makeup menjadi pemicu terjadinya bintitan adalah karena kurangnya menjaga kebersihan wajah setelah menggunakannya. Seseorang yang tidak mencuci wajah secara teratur, terutama setelah menggunakan alat rias dapat menyebabkan kelenjar minyak di kelopak mata tersumbat. Hal ini memungkinkan bakteri untuk tumbuh di dalam kelenjar yang tersumbat sehingga terjadi bintitan. Pastikan selalu menjaga kebersihan untuk mencegah terjadinya bintitan.

Selain itu, hal lainnya yang dapat menyebabkan makeup menjadi pemicu bintitan adalah riasan wajah yang telah terkontaminasi bakteri. Saat kamu mengaplikasikannya ke wajah, bakteri dapat langsung memberikan dampak buruk di kulit yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit mata. Penggunaan makeup yang sudah kedaluwarsa dan berbagi-guna pemakaian juga dapat menjadi pemicu bintitan.

Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu menyimpan makeup di tempat yang semestinya. Saat kamu menyimpan riasan wajah secara tidak benar, misalnya pada suhu yang tinggi atau terkena langsung oleh sinar matahari, risiko terjadinya infeksi mata seperti bintitan akan meningkat. Pastikan juga batas waktu pemakaian riasan wajah tersebut, jika sudah lewat waktunya langsung buang ke tempat sampah.

Baca juga: Kurang Menjaga Kebersihan Mata Bisa Sebabkan Bintitan

Selain makeup, penggunaan lensa kontak juga dapat menjadi pemicu terjadinya bintitan, lho.

Lensa kontak yang tidak terjaga kebersihannya atau terkena air mungkin saja sudah mengandung bakteri yang dapat menjadi pemicu bintitan. Bakteri tersebut juga dapat berkembang jika kamu tidur dengan menggunakan lensa kontak atau tidak mengganti wadahnya setiap 3 bulan seperti yang disarankan oleh dokter mata.

Cara Mencegah Terjadinya Bintitan

Untuk mencegah bintitan yang disebabkan oleh penggunaan makeup, beberapa hal dapat kamu lakukan, seperti:

  • Rutin Menjaga Kebersihan: Pastikan untuk rutin mencuci wajah dan area mata agar bakteri tidak masuk ke kelenjar minyak di kelopak mata sehingga terjadi bintitan. Hindari menyentuh area mata dengan tangan kotor dan pastikan menghapus semua makeup setiap sebelum tidur.
  • Rutin Mengganti Riasan Mata: Penggunaan riasan mata seperti maskara dapat menyebabkan bintitan karena alat tersebut dapat mengumpulkan bakteri jika tidak sering diganti. Maskara harus diganti setiap 2 hingga 4 bulan untuk mencegah jamur dan bakteri. Selain itu, pensil mata dan eyeshadow dapat bertahan 3 tahun sebelum perlu diganti.

Nah, itulah pembahasan mengenai makeup yang dapat menjadi pemicu terjadinya bintitan. Kamu benar-benar harus menjaga kebersihan wajah setelah penggunaan riasan wajah tersebut agar terhindar dari benjolan pada kelopak mata. Saat bintitan terjadi, kepercayaan diri kamu mungkin juga akan ikut menurun.

Baca juga: 7 Kesalahan yang sering Dilakukan saat Mengaplikasikan Makeup

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait makeup yang mampu menjadi pemicu bintitan pada mata. Dengan bertanya langsung pada ahlinya, kamu tidak perlu ragu lagi akan jawabannya karena mereka sudah berpengalaman di bidangnya. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Solve Health. Diakses pada 2020. Stye.
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes a Stye?