• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Memiliki Rasa yang Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya

Memiliki Rasa yang Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Buah pepaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi konstipasi alias susah buang air besar. Selain itu, dalam satu buah pepaya juga terkandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan serta kecantikan. Namun jangan salah, selain buahnya, ternyata daun pepaya juga memiliki kandungan yang tidak kalah. 

Meski memiliki rasa yang pahit dan tidak banyak dikonsumsi, daun pepaya nyatanya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi daun pepaya, misalnya direbus atau dijadikan jus, disebut bisa membantu menurunkan risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, anti malaria, serta menghambat pertumbuhan bakteri. 

Baca juga: Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Rutin Konsumsi Daun Pepaya 

Daun pepaya dikenal memiliki rasa yang pahit, sehingga jarang ada yang mau mengonsumsinya. Namun jangan salah, dibalik rasa pahit tersebut ternyata ada banyak nutrisi yang bisa didapat. Kandungan nutrisi dalam daun pepaya bisa membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan membuat tubuh tetap bugar. Berikut ini beberapa manfaat sehat dari konsumsi daun pepaya:

  • Menurunkan Risiko Kanker 

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi daun pepaya adalah tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah risiko kanker. Pasalnya, daun pepaya memiliki kandungan sifat anti-kanker yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Konsumsi daun pepaya juga disebut bisa membantu membuang racun dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. 

  • Anti Malaria 

Selain kanker, daun pepaya ternyata juga bisa berperan sebagai anti malaria. Konsumsi daun pepaya bisa membantu mencegah dan mengobati malaria. Untuk mendapat manfaat ini, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus daun pepaya satu kali sehari. Biar khasiatnya maksimal, hindari menambahkan gula atau zat lain pada jus daun pepaya. 

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

  • Anti Bakteri 

Daun pepaya bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di tubuh. Daun pepaya disebut memiliki kandungan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, bakteri, parasit, dan jenis bakteri lainnya. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan tanin yang bisa menghilangkan cacing yang bisa merusak dinding usus. 

  • Mencegah Demam Berdarah 

Konsumsi jus daun pepaya juga bisa membantu mencegah penyakit demam berdarah. Penyakit ini terjadi karena infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan bisa berakibat fatal. Nah, rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu tubuh dalam mengatasi serangan virus penyebab penyakit ini. 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Buah pepaya dikenal bisa melancarkan sistem pencernaan, tetapi daunnya ternyata tidak kalah berkhasiat. Rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat dalam mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Selain itu, daun pepaya juga bisa membantu meregenerasi sel-sel darah putih secara alami. 

Baca juga: Sehat di Usia Lanjut Ala Harrison Ford, Ini Caranya

Meski kaya akan manfaat, konsumsi buah dan daun pepaya tetap harus diimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu konsumsi makanan sehat dan berolahraga. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa bugar dan kuat dalam melawan penyakit. 

Kalau kamu sakit dan butuh saran ahli, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Papaya Leaf Tea. Diakses pada 2020. Treat Yourself to Tropical Healing.
NDTV Food. Diakses pada 2020. 9 Incredible Benefits of Papaya Leaf Juice.