• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Memiliki Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa?

Memiliki Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Memiliki Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Persahabatan yang kamu miliki adalah salah satu hubungan paling berharga. Bersama sahabat, kamu bisa berbicara dengan percaya diri tentang hal-hal yang mungkin tak akan bisa didiskusikan dengan keluarga. Teman mungkin kerap mengacaukan rencana, akan tetapi mereka juga bisa membuat kamu terus maju.

Persahabatan juga merupakan elemen penting dalam melindungi kesehatan mental. Kamu bisa menceritakan masalah pribadimu dengan teman dan begitu juga sebaliknya. Teman-teman dapat membuat kita tetap tenang dan membantu memahami berbagai hal. Oleh karena itu, berusahalah untuk mempertahankan persahabatan dan jangan berhenti untuk mencari teman baru. 

Baca juga: Ini 6 Manfaat Memiliki Sahabat Dekat untuk Kesehatan Mental

Manfaat Persahabatan untuk Kesehatan Mental

Teman yang baik baik untuk kesehatan mentalmu. Teman dapat membantumu merayakan saat-saat indah dan memberikan dukungan selama masa-masa sulit. Selain mencegah kesepian, teman juga bisa bermanfaat untuk berbagai hal, seperti: 

  • Meningkatkan rasa memiliki dan tujuan hidup.
  • Meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri.
  • Membantu mengatasi trauma, seperti perceraian, penyakit serius, kehilangan pekerjaan, atau kematian orang yang dicintai.
  • Mendorong untuk mengubah atau menghindari kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, seperti minum alkohol berlebihan atau kurang olahraga.

Teman juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. Orang dewasa dengan dukungan sosial yang kuat memiliki penurunan risiko banyak masalah kesehatan yang signifikan, termasuk depresi, tekanan darah tinggi, dan indeks massa tubuh (BMI) yang tidak sehat. Studi bahkan menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan kehidupan sosial yang baik cenderung hidup lebih lama, daripada rekan-rekan mereka dengan teman yang lebih sedikit.

Persahabatan juga penting ketika seseorang sedang tidak sehat. Ketika seseorang memiliki masalah kesehatan mental atau sedang mengalami tekanan mental, penting untuk menjaga pertemanan tetap terjalin, meskipun orang dengan masalah kesehatan mental sering kali tidak ingin bertemu temannya lebih dari biasanya.

Persahabatan dapat memainkan peran kunci dalam membantu seseorang hidup dengan atau pulih dari masalah kesehatan mental dan mengatasi keterasingan yang sering menyertainya. Wajar untuk khawatir ketika seorang teman bermasalah dan kebanyakan dari kita tidak ingin menyerah pada teman yang sedang tertekan, betapapun sulitnya mendukung mereka. Banyak orang yang berhasil mempertahankan persahabatan mereka merasa bahwa sebagai hasilnya persahabatan itu lebih kuat.

Ingat, persahabatan bekerja dua arah, jadi selain kamu akan mendapatkan keuntungan saat mengalami masalah, kamu juga harus membantu temanmu yang memiliki masalah. 

Baca juga: Perlu atau Tidak bagi Anak untuk Memiliki Sahabat Dekat? 

Lantas, Mengapa Sulit Mempertahankan Persahabatan?

Banyak orang dewasa merasa sulit untuk mengembangkan persahabatan baru atau mempertahankan persahabatan yang sudah ada. Persahabatan mungkin berada pada prioritas lain, karena kamu mungkin harus mengutamakan pekerjaan, merawat rumah tangga, atau anak-anak. Kamu dan teman mungkin terpisah karena perubahan dalam hidup atau minat. Atau mungkin kamu telah pindah ke komunitas baru dan belum menemukan cara untuk bertemu orang.

Mengembangkan dan memelihara persahabatan yang baik membutuhkan upaya yang tidak sederhana. Kenikmatan dan kenyamanan yang bisa diberikan oleh persahabatan membuat investasi itu berharga. Namun, kamu perlu ingat bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas. Meskipun membangun jaringan teman dan kenalan yang beragam itu baik, tetapi kamu juga perlu membina hubungan dengan beberapa teman dekat yang akan selalu ada untuk melalui suka dan duka bersama.

Baca juga: Anak Sulit Berteman, Orangtua Harus Apa?

Namun, jika kamu merasa teman terdekatmu kurang memahamimu dan tidak memberikan solusi akan kondisi kesehatan mental yang kamu alami, kamu bisa menghubungi psikolog di Halodoc untuk mendapatkan bantuan. Psikolog di Halodoc akan berusaha menjadi teman dan mendengarkan, bahkan memberikan solusi untuk setiap masalah yang kamu miliki. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Friendships: Enrich Your Life and Improve Your Health.
Mental Health Foundation UK. Diakses pada 2020. Friendship and Mental Health.