30 April 2018

Menangis Sambil Mendengarkan Lagu Bikin Lebih Sehat?

Menangis Sambil Mendengarkan Lagu Bikin Lebih Sehat

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, musik dianggap sebagai pembangkit mood apalagi di saat menghadapi hari-hari yang cukup berat. Mendengarkan lagu favorit terkadang menjadi salah satu cara untuk mengistirahatkan mental dan fisik kamu. Banyak sekali manfaat mendengarkan musik, yang pasti dengan mendengarkan musik kamu bisa merasa menjadi lebih baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Scientific Reports, mengungkapkan bahwa saat kamu menangis dan mendengarkan lagu, ternyata justru dapat meningkatkan perasaan bahagia dan suasana hati kamu. Ya, kamu bisa mengurangi rasa sedih atau rasa lelah yang kamu alami dengan mendengarkan musik. Para peneliti menemukan bahwa dengan mendengarkan lagu sedih saat menangis, para peserta penelitian akan merasakan beberapa perasaan seperti  perasaan yang dapat memicu tangis dan merinding. Setelah itu, peserta penelitian akan mengambil napas dalam-dalam dan menimbulkan perasaan tenang bagi para peserta penelitian.

Penelitian lain dari Frontiers in Neuroscience, mengatakan bahwa manusia mampu untuk memahami setiap perasaan yang tertuang pada sebuah lagu.

Manfaat Mendengarkan Musik Bisa Mengurangi Stres

Suara musik yang kita dengar berasal dari gelombang suara. Gelombang suara kemudian diteruskan ke dalam telinga dan ditangkap oleh sel-sel rambut yang terdapat di dalam telinga yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik juga sampai ke otak melalui serabut saraf telinga.

Di dalam otak, sinyal listrik menyebar ke berbagai bagian otak dalam waktu yang bersamaan. Kemudian, sinyal listrik sampai di bagian otak yang berfungsi untuk memproses kerja indra, memahami bahasa yang ada pada lantunan musik yang kita dengar, dan mengatur emosi kita terhadap lantunan lagu tersebut.

Saat merespon sinyal listrik yang masuk kedalam otak, otak yang merupakan salah satu memengaruhi hormon, langsung bekerja meningkatkan mood bahagia atau hormon dopamin. Inilah yang menyebabkan mendengarkan musik dapat membuat kamu lebih bahagia.

Perasaan bahagia berkaitan erat dengan kondisi kesahatan kamu. Sebab, kesehatan seseorang dengan emosi positif akan berkaitan. Ketika kamu merasa bahagia, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat menguatkan imun kamu, sehingga kamu akan merasa lebih sehat jika kamu melepas stres dengan cara mendengarkan musik.

(Baca juga: Mudah Stres? Begini Cara Mengatasinya)

Air Mata Sebagai Emotional Release

Ya, sebenarnya menangis tidak selalu identik dengan kesedihan. Keluarnya air mata adalah proses alami dari suatu emosi yang dirasakan sudah di batas ambangnya. Jadi, bukan saja saat sedih, saat bahagia pun tidak menutup kemungkinan kamu juga akan mengeluarkan air mata.

Selain mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik, dengan menangis kamu juga bisa gunakan sebagai cara untuk melepaskan perasaan emosi kamu baik emosi yang positif maupun emosi negatif. Kesedihan yang berlebihan atau kesenangan yang berlebihan juga dapat memompa air mata.

Jadi tentu, saat kamu mendengarkan lagu sambil menangis, tubuh kamu akan dibuat lebih rileks dan emosi-emosi yang ada pada tubuh kamu akan dilepaskan dengan sendirinya. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menangis sambil mendengarkan lagu.

Nah, jika kamu memiliki masalah dengan emosi kamu saat ini atau kamu merasakan kesedihan yang berlebihan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Salah satu caranya bisa melalui dokter-dokter ahli yang ada di Halodoc. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Video Call atau Voice Call kapan saja dan dimana saja dengan dokter kami. Yuk, download sekarang aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.