Mendidik Anak Down Syndrome Berperilaku Baik

Mendidik Anak Down Syndrome Berperilaku Baik
IBU & ANAK 20 April 2018

Halodoc, Jakarta — Berperilaku baik terkadang bisa menjadi perhatian sebuah keluarga. Dalam merawat anak down syndrome, perlu diingat bahwa tidak ada masalah perilaku yang unik pada mereka dan sebagian besar anak dengan down syndrome mampu berperilaku sesuai dengan usianya.

Berikut ini beberapa kiat praktis untuk membantu kamu merawat anak down syndrome dan mendukung si kecil berperilaku baik:

  • Miliki harapan yang tinggi terhadap si kecil, yakinlah mereka bisa berperilaku baik.
  • Tetapkan batasan sejak dini. Beri si kecil rutinitas yang jelas, misalnya mengatur waktu tidur dan waktu makan untuk membantu mereka memahami apa yang diharapkan.
  • Jadilah teladan yang baik dan berikan teladan perilaku yang kamu harapkan dari si kecil.
  • Identifikasi apa yang sedang terjadi dan apa yang menyebabkannya. Saat anak berperilaku tidak seperti yang kamu harapkan, bisa jadi ada penyebab mendasar yang memicunya. Misalnya, situasi yang tidak biasa, ketika anak merasa cemas, atau frustrasi.
  • Buatlah ‘buku harian perilaku’ untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang terjadi terhadap anak.
  • Pertimbangkan apa yang si kecil ingin sampaikan kepada orang tuanya melalui perilaku mereka. Ajari mereka cara berkomunikasi yang lebih baik, misalnya lewat kata, isyarat atau tanda, dan gambar. Selain itu, ajari juga mereka untuk tidak terlalu agresif saat menunjukkan kemarahan.
  • Pikirkan tentang cara orang-orang di sekitar anak bertindak dan merasa. Anak-anak dengan down syndrome bisa sangat sensitif terhadap perasaan orang lain. Jika orang-orang di sekitar mereka merasa marah atau cemas, mereka mungkin akan menangkap perasaan ini.
  • Pujilah anak setiap kali mereka berperilaku baik dan abaikan perilaku yang tidak diharapkan. Dorongan positif yang konsisten dapat membantu anak belajar berperilaku baik.

Sering kali anak-anak dengan down syndrome kesulitan memahami perbedaan antara perilaku di tempat publik dan pribadi. Anak-anak dengan down syndrome perlu secara eksplisit diajarkan perbedaan antara keduanya. Mulailah sejak dini memberi tahu anak secara persis tentang jenis perilaku dan bagian tubuh yang bersifat pribadi. Buat beberapa aturan privasi, misalnya menutup pintu ketika menggunakan toilet dan mengetuk pintu kamar tidur sebelum masuk.

Jika kamu ingin tau lebih banyak tentang membangun perilaku anak dan merawat anak down syndrome, kamu bisa bertanya kepada para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.


Rekomendasi Artikel

SEKS

21 August 2018

Suami istri tidak bisa sebebas dulu berhubungan intim ketika ibu dalam keadaan hamil karena banyak yang dipert...

Selengkapnya

KECANTIKAN

21 August 2018

Anak krakatau telah meletus 576 kali dalam sehari. Cari tahu fakta letusan gunung berapi ini....

Selengkapnya

OLAHRAGA

21 August 2018

Ada banyak jenis olahraga atletik yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 yang seru buat dicoba di rumah....

Selengkapnya