Menembak dan Memanah, Mana yang Paling Tepat untuk Otot Tangan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
olahraga, olahraga menembak, olahraga memanah

Halodoc, Jakarta - Ada banyak sekali cabang olahraga yang bisa kamu lakukan. Jika awalnya kamu hanya mengetahui sebatas lari, jalan kaki, bersepeda, senam, renang, dan berbagai olahraga permainan dengan bola seperti sepak bola, basket, voli, bulu tangkis, tenis, dan pingpong, sekarang kamu perlu tahu lebih jauh tentang menembak dan memanah.

Ya, menembak ternyata bisa disebut dengan olahraga, karena melakukan hal satu ini butuh keterampilan dan latihan yang intens. Menembak dan memanah pun menjadi cabang olahraga yang turut ada di perhelatan Asian Games 2018 yang sedang berlangsung di Jakarta dan Palembang ini. Lalu, mana di antara keduanya yang lebih baik untuk melatih kekuatan otot tangan?

Menembak dan Manfaatnya

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa menembak menjadi salah satu jenis olahraga yang berbahaya, melihat dari tingginya angka kriminalitas dengan penggunaan senjata. Pun, anggapan mengenai emosional orang yang ikut latihan menembak juga amat tinggi dan mudah sekali mengancam dengan keahliannya satu ini.

Padahal, tidak demikian adanya. Olahraga menembak akan memberikan banyak manfaat ketika dilakukan dengan tepat alias tidak disalahgunakan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Melatih Kekuatan Otot Tangan

Jika dilihat sekilas, memegang pistol dan menembakkannya adalah dua hal yang sangat mudah dilakukan. Nyatanya, tidak demikian. Kamu harus mengetahui cara menggenggam dan membidik serta menembak dengan benar dan tepat sasaran. Selain itu, ketika menekan pelatuk, tangan bagian depan kamu akan terdorong ke belakang dan perlu keseimbangan yang baik untuk bisa menahannya. Jika dilakukan secara rutin, otot tangan kamu akan lebih fleksibel dan kuat.

Baca juga: Serunya Asian Games, Ini Manfaat Berkuda untuk Kesehatan

2. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Agar tembakan yang kamu lepaskan bisa tepat sasaran, kamu perlu konsentrasi dan fokus. Jika perhatian kamu mudah teralih, jangan harap kamu bisa menguasai olahraga ini dengan mudah. Aktivitas ini tak hanya bagus di zona latihan, tetapi juga akan bermanfaat ketika kamu bekerja atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Memanah dan Manfaatnya

Hampir sama dengan menembak, olahraga memanah mungkin lebih familiar di telinga, karena telah banyak atlet yang berhasil mengharumkan nama bangsa melalui cabang olahraga satu ini. Jenis olahraga yang menggunakan busur dan anak panah sebagai medianya ini pun memiliki berbagai manfaat yang tak jauh berbeda dengan menembak, seperti:

1. Menguatkan Otot Tangan

Ketika menarik busur panah hingga meregang secara maksimal, diperlukan tenaga dari tangan yang cukup besar. Secara tidak langsung, kamu telah melatih kekuatan otot tangan ketika menarik busur tersebut.

2. Membuat Konsentrasi dan Fokus Menjadi Lebih Baik

Sama dengan menembak, ketika kamu mengarahkan busur dan anak panah ke sasaran, kamu perlu fokus dan konsentrasi yang tinggi. Belum lagi dengan beban busur yang terbilang berat, kamu perlu keseimbangan yang bagus agar bisa mempertahankan posisi busur panah.

Baik memanah maupun menembak sama-sama baik untuk melatih kekuatan otot lengan. Namun, jika dilihat dari cara melakukannya, memanah mungkin akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Meski begitu, agar hasil yang didapatkan dari olahraga ini lebih maksimal, kamu pun perlu berlatih secara disiplin.

Baca juga: Tanpa Alat, Ini 4 Cabang Olahraga Atletik di Asian Games yang Perlu Dicoba

Selain itu, pastikan juga kamu sudah bertanya pada dokter sebelum memulai latihan memanah maupun menembak, terlebih jika kamu memiliki riwayat kesehatan tertentu. Pakai aplikasi Halodoc agar komunikasi kamu dengan dokter ahli semakin mudah. Halodoc bisa kamu download di ponsel kamu melalui App Store atau Play Store.