• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengalah Jadi Rahasia Hubungan Asmara Langgeng, Kok Bisa?

Mengalah Jadi Rahasia Hubungan Asmara Langgeng, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Dalam membina hubungan, permasalahan dan perdebatan tak lagi menjadi hal asing. Ibarat bumbu, beradu argumen dan pendapat membuat hubungan semakin berwarna, tak monoton, dan hambar. Bukan tanpa sebab, perselisihan dan pertengkaran yang terjadi pun bisa membuat kamu belajar dari kesalahan untuk dapat terus memperbaiki diri, tahu cara menyelesaikan masalah, dan mencari solusi.

Katanya, mengalah menjadi rahasia menjaga hubungan dengan pasangan yang paling utama agar tetap langgeng. Pasalnya, pertengkaran tak akan pernah selesai jika salah satu pihak tidak ada yang mau mengalah. Mempertahankan ego justru akan membuat hubungan kamu dan pasangan semakin berantakan. Untuk itulah mengalah sangat diperlukan. Meski demikian, mengalah bukan berarti kamu kalah. Hubungan yang sedang kamu bangun dan bina bukanlah suatu perlombaan yang menuntut adanya pemenang.

Mengalah Bukan Berarti Takut atau Tak Peduli

Katanya, pria akan lebih banyak mengalah ketimbang wanita saat menjalani atau membina sebuah hubungan, meskipun beberapa justru terjadi sebaliknya. Tidak salah kok, karena sekali lagi, mengalah bukan berarti kalah, takut dengan pasangan, tidak peduli, atau berakhirnya hubungan.

Jadi, jangan kecil hati atau minder saat orang lain mengomentari sikap mengalah yang kamu lakukan. Tentu, mereka tidak perlu tahu masalah yang sedang menerpa hubungan kamu, dan kamu juga tak perlu repot-repot menceritakannya pada semua orang.

Baca juga: Hati-Hati, Selingkuh Bisa Jadi Penyebab Stres

Mengalah Bukan Berarti Kehilangan Harga Diri

Saat sedang saling mendiamkan, kamu sebenarnya sangat ingin berdamai kembali dengan pasangan. Namun, tak jarang gengsi membuat kamu urung melakukannya. Padahal, mengalah tak berarti kamu akan kehilangan harga diri. Rahasia menjaga hubungan ini harus kamu lakukan tanpa pernah tertekan rasa gengsi, karena gengsi justru akan membuat hubungan kamu dan pasangan semakin rumit dan tidak karuan.

Hilangkan sikap gengsi dan minta maaflah pada pasangan. Bukan karena kamu melakukan kesalahan, melainkan agar kamu bisa kembali berdamai dan tak lagi saling membelakangi. Minta maaf tidak hanya harus dilakukan saat bersalah, kok. Terkadang ini diperlukan agar semuanya kembali normal lagi. Apabila kamu dan pasanganmu sudah mengesampingkan ego dan gengsi, hubungan pun akan semakin langgeng.

Mengalah Tanpa Memperpanjang Masalah

Kamu mengalah bukan karena perlu, melainkan karena itu memang harus dilakukan. Namun, jangan lupa untuk tetap beri pengertian pada pasangan. Sampaikan pada pasangan saat ia melakukan kesalahan, membuat kamu kecewa, atau ada yang mengganjal pikiran. Intinya, saling berkomunikasi dan terbuka satu sama lain.

Namun, banyak pasangan yang memilih mengalah hanya agar bisa lari dari masalah. Bukan tidak mungkin, kamu atau pasangan akan kembali mengungkitnya di kemudian hari—ini biasa terjadi pada pihak yang selalu mengalah. Padahal, mengalah bukan berarti memperpanjang masalah. Semua yang sudah berlalu tak seharusnya diungkit kembali. Mengalah adalah suatu langkah yang kamu pilih untuk menjaga keharmonisan hubungan kamu dan pasangan.

Baca juga: Intip Cara Tingkatkan Kehidupan Asmara dengan Si Dia

Berdebat Tidak Salah, tetapi Tak Harus Setiap Saat

Sebuah penelitian yang dilakukan di India menyebutkan bahwa pasangan yang sering beradu pendapat akan lebih bertahan lama. Perdebatan ini disinyalir mampu menjaga komunikasi dan keterbukaan antara kamu dan pasangan. Jika tidak bertengkar, mungkin kamu atau pasangan tidak tahu apa yang sebenarnya sedang kalian inginkan. Meski demikian, bukan berarti kamu harus bertengkar setiap saat ya,

 

Sekarang, kamu sudah tahu apa yang menjadi rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng dan harmonis. Jika kamu memiliki permasalahan dalam hubunganmu, jangan ragu untuk bertanya langsung pada pakarnya melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download dari Google Play Store atau App Store. Tak hanya berinteraksi dengan dokter dan menceritakan semua keluhan kesehatan atau hubunganmu, aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai untuk membeli obat atau vitamin langsung dari ponsel.