• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengalami Hari Buruk karena Pekerjaan, Ini Cara Mengatasinya

Mengalami Hari Buruk karena Pekerjaan, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengalami Hari Buruk karena Pekerjaan, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Pekerjaan yang bertumpuk ditambah terus mendapat caci maki dari atasan tentu dapat membuat hari menjadi buruk. Di sisi lain tidak ada rekan kerja yang bisa membantu beban pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Tentu hal ini dapat memberikan dampak buruk, baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasi hari buruk disebabkan pekerjaan.

Cara Tepat Atasi Hari Buruk Disebabkan Pekerjaan

Hari buruk dapat terjadi tanpa bisa dihindari, baik karena harus lembur maupun dimarahi oleh bos. Merasa hari itu tidak ada yang sesuai dengan rencana dan perlu mencari cara untuk bangkit kembali. Jangan sampai dampak buruk yang terjadi dalam satu hari memengaruhi waktu kerja selama seminggu. Kamu membutuhkan cara yang ampuh untuk melakukan perawatan diri dalam waktu singkat agar siap beraktivitas kembali.

Baca juga: Dampak Kebiasaan Menunda Pekerjaan Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi hari yang buruk di kantor:

1. Jangan Jadikan Masalah Pribadi

Salah satu cara untuk atasi hari yang buruk karena pekerjaan adalah tidak menganggap segala hal sebagai masalah pribadi. Kamu mungkin dimarahi karena ada yang salah pada pekerjaan yang dilakukan, maka dari itu cobalah untuk membuat momentum agar menjadi lebih baik. Penting untuk membedakan masalah terkait personal dan pekerjaan. Meski begitu, kamu juga perlu mengomunikasikan perasaan pada rekan kerja agar lingkungan pekerjaan menjadi lebih baik.

2. Hilangkan Rasa Kesal Sebelum Pulang ke Rumah

Saat hal-hal yang buruk terjadi di tempat kerja, cobalah untuk tidak membawa perasaan kesal dan marah itu ke rumah. Usahakan untuk mencari kegiatan yang dapat membuat suasana hati kembali bahagia agar orang-orang yang ada di rumah tidak terkena imbasnya. Pastikan juga untuk membebaskan diri dari pekerjaan saat jam kantor sudah lewat dan memasuki akhir pekan. Lupakan pekerjaan sejenak saat sudah tiba di rumah.

Baca juga: Tidak Bahagia dengan Pekerjaan, Coba Atasi dengan Cara Ini

3. Lakukan Sesuatu yang Membuat Bersemangat

Atasi hari buruk terkait pekerjaan dengan melakukan segala hal yang dapat membuat kamu kembali percaya diri dan bahagia. Salah satu yang dapat dilakukan adalah melakukan yoga setiap pulang bekerja. Kamu juga dapat memanjakan diri dengan membaca buku atau sekedar memandangi langit malam. Lakukan segala hal positif yang dapat membuat kamu mendapatkan kembali energi agar tubuh kembali bersemangat.

4. Evaluasi yang Sedang Terjadi

Diperlukan juga untuk mengevaluasi semua hal yang telah terjadi agar dapat atasi hari buruk terkait pekerjaan. Namun sebelum tu, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan sesuatu yang tidak berjalan dengan baik. Jika kamu menemukan sesuatu yang salah, kamu dapat lebih memahami cara untuk menghindari masalah yang sama di masa depan. Dengan begitu, kamu dapat menjadi proaktif sehingga kemungkinan terjadi masalah pekerjaan menjadi lebih sedikit.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk atasi hari buruk terkait pekerjaan. Penting juga untuk tetap melakukan peran secara profesional. Jika memang masalah yang terjadi karena kesalahan kamu, selesaikanlah semuanya. Pastikan selesaikan masalahnya dan lakukan sesuatu yang membuat senang agar pikiran kembali fokus untuk hari esok.

Baca juga: Masalah Pekerjaan Bisa Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Jika perasaan stres yang timbul sudah semakin parah, ada baiknya untuk berdiskusi dengan psikolog dari Halodoc agar membuatnya lebih baik. Caranya mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan hanya dengan penggunaan gadget. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Huff Post. Diakses pada 2021. 5 Ways to Bounce Back From a Bad Day at Work.
Wiki How. Diakses pada 2021. How to Cope with Having a Bad Day at Work.