• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengalami Nyeri Haid, Apakah Aman untuk Berolahraga?

Mengalami Nyeri Haid, Apakah Aman untuk Berolahraga?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Mengalami nyeri haid saat menstruasi terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Umumnya, nyeri haid atau dalam istilah medis dismenore merupakan kondisi wajar yang dialami oleh wanita saat menjelang atau menjalani masa menstruasi. Hal ini terjadi akibat kontraksi pada otot dinding rahim yang menguat saat menjelang menstruasi. Proses ini terjadi sebagai cara peluruhan dinding rahim saat menstruasi.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Penyakit yang Sebabkan Nyeri Haid

Ketika nyeri haid menyerang, mungkin ada keinginan untuk berdiam diri saja. Padahal sebaiknya, kamu tetap melakukan aktivitas yang terbilang ringan. Lantas, apakah aman melakukan olahraga ketika sedang mengalami nyeri haid? Olahraga yang dilakukan secara ringan dapat membantu untuk mengatasi rasa nyeri haid yang kamu alami. 

Aman Dilakukan, Olahraga dapat Redakan Nyeri Haid

Dilansir dari Health, semakin aktif saat kamu mengalami gejala menstruasi, seperti nyeri haid, tentu akan membuat nyeri haid yang kamu rasakan sedikit mereda. Ketika kamu berolahraga, maka tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Tidak hanya itu, endorfin yang dihasilkan juga membuat tubuh merasa lebih rileks dan santai sehingga ketegangan yang terjadi pada otot rahim sedikit berkurang. Untuk itu, luangkan waktu untuk berolahraga meskipun sedang menstruasi. Olahraga berjenis aerobik menjadi jenis olahraga terbaik yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid. 

Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi, Bolehkah?

Nah, jadi mulai sekarang jangan ragu untuk melakukan olahraga ketika kamu menjalani masa menstruasi. Jenis olahraga yang bisa dipilih, yaitu:

1. Jalan Santai

Sebaiknya hindari berdiam diri saat kamu mengalami nyeri haid yang tidak tertahankan. Lakukan gerakan ringan, seperti jalan santai mengelilingi lingkungan rumah. Selain dapat meredakan nyeri haid, hormon endorfin yang dilepaskan oleh tubuh dapat membuat tubuh menjadi rileks. Kondisi ini juga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

2. Lari

Dilansir dari Women Health, menjalani menstruasi adalah saat yang terbaik bagi tubuh kamu untuk melakukan latihan ringan, seperti lari. Kamu bisa berlari santai di sekitar lingkungan rumah, arena olahraga, atau memilih berlari di atas treadmill. Sebaiknya lakukan olahraga lari selama 20-25 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal dan dapat lebih nyaman menjalani hari saat menstruasi.

3. Yoga

Terkadang saat menjalani masa menstruasi, nyeri haid yang dialami membuat kamu merasa tidak berenergi. Kondisi ini yang membuat wanita akhirnya memilih untuk berdiam diri. Dilansir dari Nationwide Children’s, melakukan olahraga yoga dapat membantu untuk mengurangi nyeri haid. Namun, hindari melakukan posisi yang membuat kepala kamu berada di bawah, seperti sikap lilin atau plow pose. Posisi ini dapat menekan dan memicu penyumbatan aliran darah dalam rahim.

Baca juga: Mengapa Olahraga Baik Dilakukan saat Menstruasi?

Selain berolahraga, kamu dapat mengatasi nyeri haid dengan beberapa cara sederhana, seperti mengompres area perut bawah dengan air hangat, Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan istirahat dan juga makanan sehat. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang setiap harinya.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 10 Ways to Relieve Period Cramps
Women’s Health. Diakses pada 2020. How to Relieve Period Pain with Running If Your Cramps Are On Fire
Nationwide Children's. Diakses pada 2020. Yoga Exercise and Menstrual Cramps
Health. Diakses pada 2020. 5 Things to Know About Exercising During Your Period