• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengapa Anak Perlu Mendapatkan Imunisasi BCG?

Mengapa Anak Perlu Mendapatkan Imunisasi BCG?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Imunisasi BCG atau Bacillus Calmette-Guérin adalah imunisasi yang diberikan untuk melindungi tubuh dari tuberkulosis (TB), yaitu penyakit infeksi yang menyerang paru-paru. Imunisasi ini sangat penting untuk diberikan pada anak-anak, bahkan termasuk salah satu imunisasi wajib untuk bayi. Yuk, simak alasan mengapa imunisasi BCG penting untuk diberikan pada anak di bawah ini. 

Tuberkulosis (TB) adalah infeksi serius yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Infeksi ini tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi kadang-kadang juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya, seperti tulang, persendian, dan ginjal. Bahkan, TB juga bisa menyebabkan meningitis

Tuberkulosis juga merupakan penyakit menular. Kuman penyebab TB dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui percikan liur yang keluar saat pengidap TBC berbicara, batuk, atau bersin. Itulah mengapa penting untuk mendapatkan imunisasi BCG agar dapat terlindungi dari penyakit paru tersebut. 

Baca juga: Waspadai Komplikasi Akibat Tuberkulosis

Alasan Imunisasi BCG Penting untuk Anak

Meskipun merupakan penyakit menular, tetapi TB tidak menular dengan mudah seperti penyakit flu. Diperlukan kontak yang cukup dekat dan cukup lama dengan pengidap TB untuk dapat tertular penyakit tersebut. Jadi, kamu tidak akan tertular TB bila hanya sekadar berjabat tangan dengan pengidap TB. Meski begitu, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan tertular penyakit paru tersebut. Salah satunya adalah anak-anak. 

Anak-anak masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga belum mampu untuk menangkal kuman penyebab tuberkulosis. Selain itu, anak-anak juga berisiko tinggi tertular TB bila:

  • Tinggal di rumah atau keluarga dengan orang yang mengidap TB atau memiliki riwayat penyakit TB sebelumnya.
  • Tinggal selama tiga bulan atau lebih (berlaku untuk balita) di negara dengan tingkat TB yang tinggi.
  • Memiliki satu atau kedua orangtua atau anggota keluarga lain yang telah hidup selama enam bulan atau lebih di negara dengan tingkat TB yang tinggi.

Selain itu, imunisasi BCG juga dapat bekerja lebih efektif bila diberikan pada bayi segera setelah ia lahir sampai berusia dua bulan. Imunisasi ini dapat memberikan perlindungan yang efektif 70–80 persen terhadap bentuk TB yang paling parah, seperti meningitis TB pada anak.

Itulah tiga alasan mengapa imunisasi BCG sangat penting untuk diberikan pada anak. Imunisasi BCG adalah cara terbaik dan paling efektif untuk melindungi anak dari kuman tuberkulosis yang berbahaya serta mencegahnya mengalami bentuk penyakit TB yang serius.

Baca juga: Jenis Imunisasi yang Harus Didapatkan Anak Sejak Lahir

Aturan Pemberian Imunisasi BCG pada Anak

Waktu terbaik untuk memberikan imunisasi BCG pada anak adalah segera setelah ia lahir sampai usia enam bulan, tetapi anak bisa mendapatkan imunisasi kapan saja hingga usia 5 tahun.

Namun, bila orangtua baru ingin memberikan imunisasi BCG setelah bayi berusia 3 bulan lebih, maka Si Kecil perlu menjalani tes tuberkulin terlebih dahulu. Tes tuberkulin (tes Mantoux) dilakukan dengan cara menyuntikkan protein kuman TB (antigen) pada lapisan kulit lengan atas. Bila bayi sudah pernah terpapar kuman TB, kulitnya akan bereaksi terhadap antigen. Reaksi yang terjadi pada kulit biasanya berupa benjolan merah di area penyuntikan.

Imunisasi BCG hanya perlu diberikan satu kali seumur hidup, melalui suntikan yang dilakukan oleh dokter atau petugas medis. Di dalam vaksin tersebut, terdapat sejumlah kecil bakteri TB yang sudah dilemahkan yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh anak untuk melawan bakteri TB nantinya.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Anak Imunisasi BCG

Bila ibu ingin bertanya lebih lanjut tentang pemberian imunisasi BCG untuk anak, coba tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter ahli dan terpercaya mengenai kesehatan Si Kecil kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. BCG tuberculosis (TB) vaccine overview.