Mengapa Goji Berry Dianggap Sebagai Buah Super?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Mengapa Goji Berry Dianggap Sebagai Buah Super?

Halodoc,  Jakarta - Goji berry, buah yang dianggap super karena dapat membantu mengatasi diabetes dan kanker ini mengandung tinggi antioksidan dan zat anti-inflamasi di dalamnya. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, berikut manfaat goji berry yang perlu kamu ketahui:

Baca juga: Buah-Buahan Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

  • Membantu Melawan Diabetes

Manfaat goji berry yang pertama yaitu mampu menurunkan kadar gula dalam darah, karena polisakarida yang terkandung di dalamnya. Goji berry mampu meningkatkan respons glukosa, sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang tengah mengidap  diabetes tipe 2.

  • Membantu Melawan Kanker

Goji berry mengandung physalin yang mampu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Saat dikonsumsi bersamaan dengan pengobatan yang dilakukan, tubuh akan memiliki respon yang baik terhadap pengobatan yang dilakukan. Bukan hanya itu, vitamin A dan C, serta antioksidan tinggi di dalamnya membuat buah ini mampu mencegah munculnya sel kanker.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Goji berry mengandung kaya nutrisi dan rendah kalori yang cocok dikonsumsi para peserta diet. Bukan hanya itu, buah ini memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, yang dapat menurunkan keinginanmu untuk mengonsumsi makanan manis, sehingga dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Goji berry juga kaya akan serat, sehingga ketika dikonsumsi, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut akan membuat kamu menghindari konsumsi makanan berlebihan.

  • Mengatur Tingkat Tekanan Darah

Goji berry mengandung polisakarida yang bersifat anti hipertensi yang dapat mengatur tingkat tekanan darah. Faktanya, kandungan polisakarida dalam goji berry mampu membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Benarkah Goji Berry Cegah Obesitas?

  • Meningkatkan Kesehatan

Manfaat goji berry selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata, karena kandungan zeaxanthin di dalamnya. Jika dikonsumsi secara rutin, buah ini mampu mencegah degenerasi penglihatan seiring dengan pertambahan usia. Bukan hanya itu, zeaxanthin dalam goji berry juga mampu melindungi mata dari paparan sinar UV, radikal bebas, dan berbagai bentuk stres oksidatif lain yang mampu menurunkan kesehatan mata.

  • Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Jika dikonsumsi setiap hari selama 30 hari penuh, goji berry mampu mengatasi peradangan pada organ paru-paru, serta peningkatan kinerja sel darah putih dalam melawan penyakit di dalamnya. Selain itu, goji berry dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta mampu membantu mengobati penyakit asma.

  • Meningkatkan Kesuburan

Jika dikonsumsi secara rutin, goji berry mampu meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria. Dengan meningkatnya kadar hormon testosteron, kesehatan seksual otomatis akan meningkat. Buah ini juga mampu mengatasi disfungsi ereksi dan membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

  • Mengatasi Depresi

Kandungan vitamin B, C, mangan, serta serat dalam goji berry mampu meningkatkan energi, mengatasi gangguan kecemasan, dan mencegah terpuruknya suasana hati. Jika dikonsumsi secara teratur, suasana hati yang baik akan mencegah seseorang dari rasa stres dan depresi.

  • Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Kandungan 18 asam amino dalam buah goji berry mampu meningkatkan pertumbuhan otot. Buah ini juga mampu membantu meningkatkan produksi glikogen pada otot dan hati, sehingga tubuh mampu melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama. Goji berry mengandung jumlah protein yang baik dalam meningkatkan pertumbuhan otot.

  •  Mengatasi Jerawat

Goji berry mampu mengatasi peradangan pada kulit, sehingga mampu mengatasi adanya jerawat pada kulit. Bukan hanya itu saja, goji berry juga mampu mengencangkan kulit dan mengurangi keriput pada wajah karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Baca juga: Buah Beri Baik untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Banyak sekali manfaat goji berry yang diambil ketika kamu rutin mengonsumsinya. Meski demikian, goji berry dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Ketika reaksi alergi muncul setelah mengonsumsinya, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk mencegah reaksi alergi semakin bertambah parah. Gejala yang muncul dapat berupa bersin-bersin, pilek, mata memerah dan gatal, ruam kulit, hingga sesak napas.

Referensi: 

Medline Plus. Diakses pada 2020. Goji.

Healthline. Diakses pada 2020. 8 Healthy Facts About the Goji Berry.

Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Health Benefits of Goji Berries?