• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengapa Membeli Obat Antibiotik Harus dengan Resep Dokter?

Mengapa Membeli Obat Antibiotik Harus dengan Resep Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengapa Membeli Obat Antibiotik Harus dengan Resep Dokter?

“Menggunakan obat antibiotik harus dengan resep dokter. Ada beberapa bahaya yang bisa kamu rasakan ketika salah menggunakan obat antibiotik, seperti menurunnya efektivitas obat antibiotik pada tubuh, berisiko menyebabkan reaksi alergi, memicu resistensi obat, hingga menyebabkan gangguan pada bakteri baik dalam tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter jika kamu mengalami berbagai keluhan kesehatan. Melakukan diagnosis secara mandiri terhadap keluhan kesehatan yang kamu alami nyatanya dapat membahayakan kesehatan. Apalagi jika kamu mencoba mengonsumsi obat tanpa resep dokter, seperti obat antibiotik.

Baca juga: Begini Cara Kerja Antibiotik untuk Atasi Infeksi

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri. Jadi, tidak semua keluhan kesehatan dapat diatasi dengan penggunaan antibiotik. Untuk itu, penggunaan antibiotik juga harus sesuai saran dan anjuran dokter. Bukannya mengatasi keluhan, penggunaan antibiotik sembarangan dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri semakin memburuk.

Inilah Alasan Obat Antibiotik Harus dengan Resep Dokter

Antibiotik menjadi salah satu jenis obat yang tentunya sangat optimal untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri. Tidak hanya itu, penggunaan antibiotik juga dinilai sangat cepat dalam pemulihan suatu penyakit akibat bakteri yang meningkatkan risiko kematian atau kerusakan yang serius.

Namun, penggunaan obat antibiotik bukan tanpa risiko. Apalagi jika kamu mengonsumsi obat ini sembarangan. Penggunaan obat antibiotik harus dengan resep dokter agar hasilnya semakin optimal. 

Menurut Dr. Larissa Grigoryan, seorang asisten profesor kedokteran keluarga di Baylor College of Medicine di Houston, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan antibiotik tanpa resep dokter. Salah satunya dengan menggunakan resep dokter yang terdahulu untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan. Termasuk antibiotik. 

Kondisi ini menyebabkan banyak masyarakat yang akhirnya memilih tidak menemui dokter untuk mendapatkan resep dokter yang baru. Padahal, ada berbagai alasan mengapa obat antibiotik harus dengan resep dokter yang terbaru. 

  1. Penggunaan antibiotik dapat menjadi tidak sesuai dan obat tidak bekerja dengan optimal.
  2. Berisiko menyebabkan reaksi alergi pada penggunanya.
  3. Memicu interaksi dengan jenis obat lain yang berbahaya pada penggunanya. 
  4. Penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat memicu resistensi obat. 
  5. Memicu gangguan pada bakteri baik dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Penyakit yang Memerlukan Antibiotik

Itulah beberapa alasan mengapa obat antibiotik harus dengan resep dokter. Meskipun penggunaan antibiotik dinilai cukup efektif dapat mengatasi keluhan kesehatan, tetapi jangan pernah memaksa atau meminta dokter mengeluarkan antibiotik jika memang tidak diperlukan.

Cegah Penggunaan Antibiotik Secara Berlebihan

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan antibiotik sesuai dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik yang tepat dapat meningkatkan atau mempertahankan efektivitas penggunaan antibiotik selanjutnya. Selain itu, pengguna akan menghindari efek samping dari pengonsumsian antibiotik yang berlebihan.

Kamu juga bisa mencegah penggunaan antibiotik berlebihan pada tubuh. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Tidak membeli dan menggunakan antibiotik tanpa resep dokter.
  2. Tidak meminta secara pribadi obat antibiotik pada dokter, meskipun tidak diperlukan.
  3. Melakukan gaya hidup sehat, seperti mencuci tangan untuk menghindari infeksi bakteri.
  4. Melakukan vaksinasi bagi kamu dan anak-anak untuk mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan infeksi bakteri, seperti pertusis dan difteri.
  5. Hindari paparan bakteri dari makanan maupun minuman. Hindari mengonsumsi susu yang masih mentah, pastikan mengonsumsi air yang sudah matang, masak makanan dengan tingkat kematangan sempurna, dan gunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
  6. Konsumsi obat antibiotik yang sudah diresepkan oleh dokter sesuai dengan saran dan anjuran dokter.
  7. Jangan mengonsumsi antibiotik dari resep dokter yang sebelumnya. Dosisnya belum tentu sesuai untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami.
  8. Jangan menggunakan resep antibiotik orang lain, seperti keluarga maupun kerabat untuk digunakan secara pribadi.

Baca juga: Antibiotik dengan Injeksi Lebih Efektif dari Oral, Benarkah?

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai obat antibiotik. Segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami pada dokter. Dokter dapat memberikan resep untuk bisa kamu gunakan sebagai pengobatan. 

Untuk mempermudah pengobatan, kamu juga bisa gunakan layanan beli obat di Halodoc. Dengan begitu, kamu bisa menunggu obat diantarkan ke rumah. Praktiskan? Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2021. Many Taking Antibiotics Without a Prescription.

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Antibiotics: Are You Misusing Them?